• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Penyebab Perut Cepat Merasa Kenyang saat Buka Puasa

Penyebab Perut Cepat Merasa Kenyang saat Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Mendekati waktu berbuka puasa, berbagai persiapan dilakukan, salah satunya menyiapkan menu untuk berbuka. Menu makan sehat dan minuman segar biasanya menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Namun, baru beberapa saat berbuka, terkadang perut sudah terasa kenyang dan kehilangan nafsu makan. 

Baca juga: 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Cara untuk mengembalikan energi dan menjaga kesehatan, tentunya porsi makan yang sehat dan seimbang sangat diperlukan. Tapi, mengapa saat berbuka perut lebih terasa cepat kenyang? Yuk, berikut ini alasannya agar kamu dapat menjalankan waktu berbuka puasa dengan baik.

Penyebab Perut Cepat Kenyang saat Berbuka

Perut yang cepat kenyang saat berbuka puasa menjadi hal yang normal dialami oleh orang-orang yang menjalankan ibadah puasa. Hal ini disebabkan perubahan pola makan sehingga menyebabkan tubuh harus beradaptasi dengan pola makan yang dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya, seperti:

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Gula

Tentunya banyak makanan untuk berbuka yang disajikan dengan rasa manis. Rasa manis yang dihasilkan dari makanan tersebut mempercepat tubuh dalam memperoleh energi baru. Melansir Canadian Sugar Institute, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gula nyatanya dapat menekan hormon dan saraf pada tubuh untuk menginginkan makanan sehingga kamu merasa lebih cepat kenyang.

2. Adaptasi Tubuh

Perubahan pola makan menyebabkan tubuh melakukan adaptasi terhadap pola makan yang baru. Hal ini yang menyebabkan proses pencernaan menjadi lebih lambat sehingga menyebabkan kamu merasa kenyang lebih lama. 

3. Hindari Makan dalam Porsi Besar

Saat berbuka puasa, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar. Tidak ada salahnya mengonsumsi kurma dan air putih untuk berbuka puasa. Setelah itu, konsumsi makanan secara perlahan agar tubuh tidak “kaget” ketika kembali mendapatkan asupan makanan.

Baca juga: Porsi yang Tepat saat Berbuka Puasa

Itulah penyebab yang membuat kamu merasa cepat kenyang saat waktu berbuka puasa. Tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa cara yang bisa dilakukan saat berbuka puasa untuk menghindari gangguan kesehatan.

Lakukan Ini saat Berbuka Puasa agar Tidak Cepat Kenyang

Memasuki waktu berbuka puasa, sebaiknya jangan tunda waktu berbuka. Jangan lupa untuk segera mengonsumsi air putih agar tubuh kamu kembali terhidrasi dengan baik. Ada beberapa dampak kesehatan jika kamu mengalami dehidrasi.

Melansir Medical News Today, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kelelahan, serta tubuh yang lemas. Itulah sebabnya kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan selama menjalani ibadah puasa.

Setelah berbuka dengan air putih, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami agar energi kamu cepat mengembalikan energi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi buah kurma yang mengandung beragam nutrisi dan gizi agar tubuh segera pulih menjadi lebih sehat.

Namun, jika kamu mengalami keluhan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar keluhan kesehatan yang kamu alami dapat segera diatasi.

Baca juga: Puasa Bermanfaat bagi Kesehatan, Ini Buktinya

Setelah berbuka tunggu beberapa saat untuk mengonsumsi makanan utama. Jangan lupa untuk penuhi asupan karbohidrat agar energi kamu dapat segera kembali. Selain itu, penuhi vitamin dan mineral lainnya dari asupan sayuran maupun buah yang dikonsumsi saat berbuka. Tidak perlu sekaligus dikonsumsi, makan secara perlahan agar tubuh tidak langsung menerima makanan dalam porsi banyak setelah hampir 14 jam kosong.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What You Should Know About Dehydration
Canadian Sugar Institute. Diakses pada 2020. Appetite and Food Intake