• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Waktu Paling Baik Mengonsumsi Infused Water

Waktu Paling Baik Mengonsumsi Infused Water

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sejak beberapa tahun silam, tren minum infused water sudah dijadikan rutinitas untuk sebagian orang. Infused water atau air detoks adalah air yang telah diresapi dengan rasa buah-buahan segar, sayuran atau rempah-rempah. Minuman sehat ini dipercaya mampu detoksifikasi berkat kandungan nutrisi buah atau sayur yang ada di dalamnya. 

Dibuat dengan merendam buah-buahan sehat, air detoks memiliki lebih sedikit kalori dibandingkan dengan jus buah. Oleh karena itu, infused water direkomendasikan untuk dikonsumsi mereka yang tengah berencana menurunkan berat badan

Baca juga: Perut Rata dengan Infused Water Lemon, Benarkah?

Waktu Terbaik Minum Infused Water

Sayangnya, belum ada penelitian yang menyebutkan kapan sebaiknya infused water diminum. Namun, bagi mereka yang memiliki gangguan lambung, infused water yang terbuat dari buah-buahan yang asam seperti lemon tidak disarankan untuk diminum saat pagi hari. Rasa asam buah dapat memicu kenaikan tingkat asam lambung dan menyebabkan gejala yang kurang nyaman.

Selain itu, untuk mereka yang tengah berencana menurunkan berat badan juga direkomendasikan untuk memenuhi jumlah asupan air, seperti dari infused water. Melansir Healthline, orang dewasa yang kelebihan berat badan yang minum sekitar setengah liter air sebelum makan akan kehilangan 40 persen lebih banyak berat badan daripada mereka yang tidak. 

Air akan menaikkan metabolisme dan menekan nafsu makan seseorang. Jadi, apabila kamu minum air sebelum makan, seperti misalnya infused water, kamu akan lebih sedikit makan. 

Baca juga: 5 Buah untuk Detoks Infused Water yang Mudah Ditemui

Manfaat Utama Infused Water

Selain rasanya enak dan tidak mengandung kalori, detoksifikasi air memiliki banyak manfaat kesehatan tambahan, termasuk:

  • Memperbaiki suasana hati;

  • Menghilangkan racun dari sistem tubuh;

  • Membuat kamu kenyang sehingga kamu tidak banyak makan; 

  • Secara alami membantu tubuh melepaskan sel-sel lemak untuk menurunkan berat air;

  • Membantu pencernaan; 

  • Menjaga agar organ tetap sehat; 

  • Mengurangi kelelahan otot saat berolahraga;

  • Membantu seseorang pulih lebih cepat usia olahraga; 

  • Membuat seseorang tidak merasa pusing di sore hari;

  • Meningkatkan sistem imun;

  • Meningkatkan energi.

Manfaat infused water akan bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan. Namun, banyak klaim kesehatan bahwa manfaatnya dikaitkan dengan air itu sendiri ketimbang isiannya. Itu karena kamu tidak mendapatkan banyak nutrisi dari bahan-bahan dalam air detoks ketimbang memakannya dalam bentuk utuh.

Jika kamu ingin tahu buah-buahan apa saja yang cocok untuk dijadikan infused water, kamu bisa bertanya dokter melalui chat di Halodoc. Dokter spesialis gizi memberikan saran untuk meningkatkan kesehatan melalui makanan.

Baca juga: Rutin Minum Air Rebusan Jahe, Ini Manfaatnya

Mitos Tentang Infused Water

Ada juga banyak mitos seputar air detoksifikasi. Beberapa di antaranya karena belum ada riset yang lebih dalam, tetapi beberapa mitos ini benar-benar terbukti salah.

  • Mitos 1: Mendetoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi adalah klaim populer untuk banyak diet, pembersihan dan produk nutrisi seperti air detoksifikasi. Produk-produk detox sering mengklaim memfasilitasi kesehatan dan kesejahteraan dengan menghilangkan racun dari tubuh dan membantu penurunan berat badan. Namun, baik "racun" dan "detoksifikasi" adalah istilah yang tidak jelas yang tidak benar-benar menentukan apa yang dihilangkan atau bagaimana hal itu terjadi.

Tubuh memiliki jalur detoks yang dirancang dengan baik yang menghilangkan racun dari tubuh. Saat ini tidak ada bukti bahwa produk atau diet apa pun mempercepatnya atau membuatnya lebih efisien. 

  • Mitos 2: Ini Menyeimbangkan pH

Makanan dan minuman "alkali" juga merupakan tren diet yang populer saat ini. Mereka dikatakan mampu meningkatkan unsur basa dalam tubuh. Menurut teori penyakit asam-basa, ini bisa meningkatkan kesehatan. Namun, teori ini tidak didukung oleh sains, karena tidak mungkin mengubah pH darah atau sel bisa dilakukan melalui makanan. 

  • Mitos 3: Ini Membersihkan Kulit

Beberapa orang mengklaim bahwa air detoks mampu membersihkan racun dari kulit dan memperbaiki penampilannya. Namun, hanya ada sedikit bukti untuk mendukung klaim ini. Air minum mampu meningkatkan hidrasi kulit jika kamu mengalami dehidrasi. Namun, itu tidak mengubah penampilan kulit kecuali kamu mengalami dehidrasi parah. 

Itulah yang perlu diketahui tentang infused water. Tentunya kamu harus menyeimbangkan nutrisi lainnya seperti makanan bergizi untuk mendukung kesehatan tubuh secara mendalam.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Detox Water Health Benefits and Myths.
Lose Weight By Eating. Diakses pada 2020. Infused Water: The Ultimate Weight Loss Secret.