17 October 2018

Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulitmu

Awas, 6 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kulitmu

Halodoc, Jakarta - Siapa yang enggak mau punya kulit cerah, tampak segar, dan merona setiap saat? Semua orang tentu menginginkannya, terlebih wanita. Meski begitu, tidak semua orang memiliki hormon kulit yang baik. Beberapa dari kamu rentan terserang jerawat, kulit berminyak, berkomedo, flek hitam, atau masalah kulit lainnya. Ternyata ada beberapa kebiasaan sering kamu lakukan tanpa disadari dapat merusak kulit. Beberapa kebiasaan yang dapat merusak kulit, sebagai berikut:

Terlalu Sering Membersihkan Muka

Membersihkan muka diharuskan supaya menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Namun, bukan berarti kamu bisa membersihkannya sesering mungkin, karena hal tersebut dapat merusak kulit. Terlalu sering mencuci muka dengan produk pembersih membuat produksi minyak alami pada wajah terhambat, sehingga kulit menjadi lebih sensitif dan kering. Oleh karena itu, cucilah muka dua kali dalam sehari.

Memencet Jerawat

Jerawat di muka memang mengganggu. Bentol kecil berwarna kuning, merah, hingga keunguan dengan ukuran yang beragam, membuat muka lebih sering berminyak dan tidak bersih. Namun, jangan asal memencet jerawat, karena dapat merusak kulitmu. Memencet jerawat yang sudah matang memicu terjadinya infeksi pada kulit wajah. Solusinya, kamu bisa mengoleskan krim antijerawat dan membiarkannya mengempis sendiri.

Memakai Bermacam Produk Perawatan Kulit

Produk perawatan kulit atau skincare diperlukan untuk tercapainya kulit yang sehat dan halus. Namun, penggunaan skincare yang terlalu banyak berisiko merusak kulit. Pengaplikasian berbagai macam produk kecantikan dapat menyebabkan kulit menjadi mudah iritasi dan alergi. Sebaiknya, gunakan produk yang benar-benar kamu butuhkan.

Tidur dengan Muka Masih Berlapis Make up

Jangan malas mencuci muka, apalagi kalau kamu gemar berdandan dan sering beraktivitas di luar ruangan. Kamu tidak menyadarinya, tetapi debu dan kotoran serta produk kecantikan yang menempel di kulit mukamu memicu munculnya jerawat karena tertutupnya pori-pori kulit. Sah-sah saja menggunakan make up untuk memaksimalkan penampilan, tapi jangan lupa untuk membersihkannya, terutama sebelum kamu pergi tidur.

Tidak Memakai Tabir Surya

Ketika keluar rumah, usahakan untuk selalu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Kebiasaan lupa memakai tabir surya ternyata dapat merusak kulit. Sinar matahari mengandung UV A dan UV B yang membuat kulit mudah berkerut dan menimbulkan flek hitam. Kalau kamu tidak ingin kulit mengalami penuaan dini, jangan lupa pakai tabir surya setiap beraktivitas di luar rumah.

Kurang Tidur

Kebiasaan yang dapat merusak kulit selanjutnya adalah kurang tidur atau sering begadang. Kebiasaan ini mempercepat terjadinya penuaan dini pada kulit, seperti munculnya garis halus di area sekitar mata. Kalau kamu susah tidur, jangan menonton televisi atau bermain gawai. Sebaiknya konsumsi minuman hangat seperti teh hijau atau cokelat panas untuk membantu kamu mengantuk.

Hindari kebiasaan yang dapat merusak kulit kalau kamu ingin kulitmu tetap sehat setiap saat. Kalau kamu mendapati gejala aneh pada kulit, segera tanyakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan. Supaya lebih mudah, pakai aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: