Bagaimanakah Katarak Bisa Dicegah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Bagaimanakah Katarak Bisa Dicegah?

Halodoc, Jakarta - Siapa yang tak mengenal katarak? Penyakit yang satu ini terjadi ketika kamu merasakan adanya perubahan pada lensa mata. Pengidap katarak akan merasakan lensa mata yang keruh dan pandangan menjadi kabur. Kebutaan menjadi komplikasi yang paling parah pada pengidap katarak. Untuk mencegah katarak menjadi semakin parah, kenali gejalanya berikut ini:

  • Mata sensitif terhadap cahaya.

  • Penglihatan kabur dan buram.

  • Mata terasa selalu silau.

Jangan khawatir, karena katarak yang dapat berujung pada kebutaan masih bisa dicegah jika kamu menangani gejalanya dengan tetap. Berikut beberapa cara mencegah katarak yang dapat kamu lakukan.

Baca juga: Ingin Mencegah Katarak? Lakukan 5 Hal Ini

1. Melindungi Mata dari Paparan Sinar Matahari

Ketika paparan langsung sinar matahari pada mata sering terjadi, hal ini akan memicu terjadinya katarak pada mata karena rusaknya protein pada lensa mata. Untuk menghindarinya, kamu dapat menggunakan kacamata, topi atau payung saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

2. Periksakan Mata Secara Rutin

Memeriksakan kesehatan mata secara rutin dapat menghindarkan kamu dari penyakit mata berbahaya. Pasalnya, ketika adanya penyakit mata seperti katarak, dokter akan langsung menentukan pengobatan apa yang tepat dilakukan. Katarak yang didiagnosis pada tahap awal kemunculannya akan lebih mudah ditangani.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Risiko mengidap katarak dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan dan vitamin A. Selain menyehatkan mata, kedua kandungan tersebut dapat menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal. Dalam hal ini kamu dapat mengonsumsi bayam, paprika, brokoli, dan kacang-kacangan.

Selain itu, vitamin C juga dapat kamu konsumsi untuk mencegah terjadinya katarak. Kandungan vitamin C dapat menghentikan oksidasi pada lensa mata. Dalam hal ini, kamu dapat mengonsumsi jeruk, stroberi, tomat, melon, kiwi, dan brokoli.

Baca juga: Masih Muda Sudah Kena Katarak? Ini Penyebabnya

4. Menjaga Kesehatan Tubuh

Jangan salah, tak hanya paparan sinar matahari langsung yang dapat merusak kesehatan mata. Namun, adanya penyakit dalam tubuh juga dapat memicu timbulnya katarak. Penyakit tersebut adalah diabetes. Selain itu, trauma pada mata akibat operasi mata yang pernah dilakukan juga memicu timbulnya katarak di kemudian hari.

5. Berhenti Merokok

Merokok akan menimbulkan radikal bebas pada mata karena paparan asapnya. Berhenti merokok merupakan langkah paling tepat untuk mencegah terjadinya katarak. Jika kamu merasa sangat sulit untuk melakukannya, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk membantu menghilangkan kebiasaan buruk yang satu ini.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Pengidap obesitas akan memiliki risiko tinggi mengidap diabetes. Untuk menghindarinya, jaga berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang diimbangi dengan berolahraga. Dalam hal ini, kamu dapat melakukan beberapa olahraga ringan, seperti lari, berenang, atau berjalan cepat.

Baca juga: Katarak Mengincar, Mulai Jaga Kesehatan Mata

Katarak tidak akan mengganggu penglihatan pada awal kemunculannya. Bahkan, kondisi ini biasanya disadari ketika katarak sudah melebar dan mengganggu jarak pandang pengidapnya. Jika kamu tidak menginginkan hal ini terjadi, kamu bisa melakukan beberapa langkah tersebut untuk mengupayakan pencegahan pada katarak. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan mata secara rutin, ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. What Are Cataracts?
WebMD. Diakses pada 2019. How Can I Prevent Cataracts?