12 March 2019

Begini 5 Tips Simpel Mencegah Cantengan

Begini 5 Tips Simpel Mencegah Cantengan

Halodoc, Jakarta - Cantengan adalah kondisi ketika kuku tumbuh ke dalam dan menusuk daging pada area sekitarnya. Akibatnya, akan muncul rasa sakit yang teramat sangat. Apalagi jika sampai berlanjut menjadi infeksi, kuku yang terkena cantengan dapat menjadi bengkak dan kemerahan. Jika sudah begini, proses penyembuhan bisa cukup lama. Oleh karena itu, yuk ketahui cara mencegah cantengan berikut ini!

1. Rendam Kaki Setiap Sebelum Memotong Kuku

Merendam kaki sebelum memotong kuku bisa menjadi salah satu cara agar kuku menjadi lebih lunak. Dengan begitu, kamu bisa mengguntingnya dengan mudah tanpa perlu kesulitan. Risiko hasil potongan kuku tidak rapi atau menusuk kulit pun menjadi lebih minim, sehingga kamu dapat terhindar dari cantengan.

Baca juga: Kuku Anak Cantengan? Segera Atasi dengan 4 Cara Ini

2. Potong Kuku dengan Benar

Penting, usahakan untuk tidak asal saat memotong kuku. Hindari memotong kuku terlalu pendek dengan potongan yang tidak rata di sudut-sudutnya, seperti membentuk lengkungan. Potong kuku dengan lurus menggunakan gunting kuku. Hindari juga memotong kuku dengan gunting, karena rentan mengalami cedera. Memotong kuku dengan gunting akan lebih sulit terutama di bagian ujung-ujungnya.

3. Hindari Trauma di Area Jari Kaki

Seperti yang kita ketahui, cantengan sangat rentan terjadi pada jari kaki, terutama jempol. Untuk itu, usahakan untuk tidak menekan area jari-jari kaki terlalu berlebihan dalam waktu yang lama. Misalnya, saat bermain sepakbola, berlari, atau melakukan olahraga lain yang banyak menekan jari kaki. Jika hal itu terjadi, cobalah untuk melepaskan alas kaki selama satu atau dua jam setelahnya, agar kaki dapat bernapas dengan lega.

Baca juga: Kenapa Jempol Kaki Bisa Cantengan?

4. Kenakan Sepatu dan Kaus Kaki dengan Benar

Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi sepatu yang terlalu kencang, kaus kaki atau stocking yang terlalu ketat, hingga sepatu hak tinggi memberikan tekanan berlebih pada jari-jari kaki, dapat memicu cantengan. Karena terlalu sering ditekan kuku bisa tumbuh ke dalam dan menusuk kulit. Untuk itu, selalu gunakan sepatu dengan ukuran yang pas dan kaus kaki yang tidak terlalu ketat. Bagaimana mengetahuinya? Jika jari-jari kaki masih bisa digerakkan saat menggunakan kaos kaki, tandanya itu sudah cukup longgar sehingga tidak akan menyakiti kuku kaki.

5. Jaga Kebersihan Kuku

Tidak hanya tubuh yang perlu diperhatikan kebersihannya, kuku juga. Terutama pada bagian bawah kuku yang kerap menjadi sarang kotoran. Bersihkan kuku dengan cara rutin memotongnya dan mengeluarkan kotoran-kotoran membandel yang menempel di bawah kuku. Ketika mencuci kaki, jangan lupa untuk mencuci kuku dan area sekitarnya dengan sabun di bawah air mengalir.

Baca juga: Malas Merawat Kuku Kaki Sebabkan Cantengan, Kok Bisa?

Itulah sedikit penjelasan tentang cantengan dan hal-hal mudah yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!