18 October 2018

Begini Cara Mengatasi Kulit Kendur Pasca Turun Berat Badan

Begini Cara Mengatasi Kulit Kendur Pasca Turun Berat Badan

Halodoc, Jakarta - Mendapati berat badan yang turun setelah melakukan diet atau sekadar memperbaiki pola dan jenis asupan makanan adalah hal yang menyenangkan. Namun, bukan berarti kamu terbebas dari masalah. Beberapa efek yang kamu dapatkan setelah berhasil menurunkan berat badan adalah munculnya kulit kendur di beberapa area tubuh.

Mengapa Kulit Bisa Mengalami Kendur?

Sebenarnya, kulit kendur tidak hanya dialami oleh mereka yang berhasil diet, tapi bisa dialami oleh wanita yang telah melakukan persalinan. Hal ini terjadi karena kulit memiliki sifat yang elastis. Kamu dapat membayangkan kulit adalah balon yang dapat mengembang namun tetap kencang saat diisi udara, tapi jika balon kempis, ia tidak bisa kembali ke ukuran semula. Begitu pula sifat kulit manusia yang mampu mengakomodasi setiap pertambahan berat badan, tetapi seiring berjalannya waktu elastisitas kulit berkurang karena terus dipaksa meregang. Saat lemak tubuh berhasil disingkirkan, maka kulit tidak mampu merapat seperti semula. Semakin lama kulit meregang, maka semakin kecil kemungkinannya untuk kembali seperti semula.

Adakah Cara Mengatasi Kulit Kendur?

Sebetulnya kemampuan kulit untuk meregang dan mengencang kembali setelah kehilangan berat badan dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor tersebut antara lain kadar kolagen dalam tubuh, usia, genetik, seberapa banyak bobot tubuh yang berhasil dihilangkan, dan kebiasaan merokok. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kendur:

  • Latihan Angkat Beban

Selain ampuh menurunkan berat badan, latihan angkat beban mampu mengatasi masalah kulit kendur. Kamu dapat melakukan latihan angkat beban sebanyak 3 hingga 4 kali dalam satu pekan untuk menjaga agar otot dan kulit senantiasa kencang. Jika kulit kamu kencang, maka kamu lebih percaya diri dengan penampilanmu.

  • Senam

Kamu bisa melakukan senam untuk mengencangkan kembali kulitmu. Lakukan beberapa gerakan seperti push-ups, jumping jacks, windmills, squat, atau crunch minimal 10 menit setiap harinya.

  • Oleskan Minyak Almond atau Minyak Kelapa

Minyak alami seperti minyak almond dan minyak kelapa adalah solusi membuat kulit kembali kencang dan mengatasi kulit kendur. Kedua jenis minyak tersebut dapat melembapkan kulit, menyingkirkan stretch mark, dan menjadikan kulit kembali kencang. Kamu bisa menggosokkan sedikit minyak ke area kulit yang terlihat kendur seperti paha dan perut beberapa saat sebelum tidur. Tidak hanya membuat kulit kencang, cara ini dapat melembutkan kulit.

  • Menggunakan Firming Body Lotion

Meski tidak secara cepat mengembalikan kekencangan kulit, kamu wajib mengoleskan firming body lotion setiap hari setelah mandi. Meski begitu, penggunaan body lotion ini hanya sebagai pelengkap. Kamu tetap wajib melakukan beberapa kegiatan untuk mengatasi kulit kendur.

  • Yoga

Tidak hanya baik untuk melawan stres dan depresi, gerakan-gerakan yoga ternyata ampuh membuat kulit kendur menjadi kembali kencang dan kembali elastis.

  • Gunakan Krim Kolagen

Krim kolagen merupakan senjata ampuh untuk menyingkirkan kulit kendur. Oleskan krim kolagen pada bagian yang dibutuhkan, tetapi meski sudah kembali kencang ada baiknya penggunaan krim kolagen ini dilanjutkan untuk menjaga bagian tubuh yang lain tetap kencang.

Selain dengan melakukan hal-hal di atas, kamu wajib mengonsumsi buah dan sayur serta menghindari junk food. Hal ini dilakukan agar berat badan tetap terjaga sehingga kulit tidak kembali bermasalah. Jangan lupa mengonsumsi air putih yang cukup agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi. Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan kulit lainnya, kamu bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play sekarang juga!

Baca juga: