Biar Puasa Lancar, Ini 5 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Biar Puasa Lancar, Ini 5 Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Halodoc, Jakarta - Ketika berpuasa, imunitas tubuh mengalami penurunan karena perubahan pola makan dan pola hidup. Artinya, tubuh mudah terinfeksi virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit, salah satunya adalah radang tenggorokan. Tentu saja, gangguan tenggorokan ini akan mengurangi kenyamanan kamu ketika berpuasa.

Memang, radang tenggorokan tidak termasuk masalah kesehatan serius yang perlu kamu khawatirkan, karena bisa membaik dalam waktu 4 hingga 7 hari. Tetapi, gangguan kesehatan ini bisa berubah menjadi masalah serius dan membutuhkan perawatan khusus. Terlebih, jika kamu memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti misalnya kanker atau HIV.

Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Lalu, bagaimana caranya supaya puasa tetap lancar meski sedang mengalami sakit tenggorokan? Yuk, coba tipsnya berikut ini!

  • Selalu Gunakan Masker dan Jangan Terlalu Banyak Bicara

Kamu pasti menyadari bahwa terlalu banyak berbicara ketika berpuasa akan membuat kamu mudah haus. Mengapa demikian? Tentu saja, karena tenggorokan akan terasa kering, terlebih kamu tidak minum lebih dari 10 jam. Artinya, semakin banyak kamu berbicara, tenggorokan semakin sakit. Jadi, sebaiknya kurangi bicara ketika sedang radang tenggorokan dan puasa.

Baca juga: 7 Kiat Menjalani Puasa Saat Mengidap Radang Tenggorokan

Sementara itu, debu dan kotoran membawa masuk kuman penyebab penyakit, yang tentu saja dapat membuat sakit tenggorokan. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa menggunakan masker selama beraktivitas di luar ruangan.

  • Kumur dengan Saline

Saline atau larutan air garam dipercaya mampu mengurangi peradangan yang terjadi di tenggorokan. Namun, kamu tidak bisa berkumur setiap saat karena sedang puasa. Tidak masalah, kamu tetap bisa merasakan manfaatnya dengan berkumur kala berbuka, selepas makan sahur, dan sebelum tidur. Perlu kamu perhatikan untuk tidak menelan air garam ini, cukup berkumur hingga saline terasa menyentuh tenggorokan.

  • Hindari Menghabiskan Banyak Waktu di Ruangan dengan Udara Kering

Cuaca panas dan kering akan membuat tubuh lebih sedikit memproduksi saliva atau ludah, begitu pula dengan ruangan tempat kamu bekerja. Kondisi ini mengakibatkan memburuknya peradangan di tenggorokan. Kamu bisa mengatasinya dengan memasang humidifier atau pelembap. Jika ruangan menggunakan AC, pastikan suhunya tidak terlalu dingin dan anginnya tidak langsung berhembus di tubuh.

Baca juga: Tenggorokan Bengkak, Atasi dengan 9 Cara Ini

  • Perbanyak Istirahat

Berpuasa ketika sedang sakit tenggorokan membuat kamu selalu ingin beristirahat. Tidak hanya untuk mengurangi aktivitas, istirahat juga dibutuhkan agar tubuh mampu melawan segala infeksi. Nah, puasa membuat jam istirahat kamu berubah, tetapi pastikan kamu tetap tidur malam minimal 7 jam.

  • Perbanyak Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Makanan dan minuman yang berkuah dan hangat dipercaya mampu membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa nyeri karena sakit tenggorokan yang kamu alami. Ini merupakan obat tenggorokan alami yang masih saja dipercaya hingga kini. Kapan saja kamu mengalami sakit di tenggorokan, hindari konsumsi makanan atau minuman dingin ketika berbuka puasa. Lalu, sebisa mungkin pilih makanan untuk sahur dan berbuka yang mudah ditelan untuk membuat tenggorokan tidak bekerja terlalu keras.

Baca juga: Mudah Menular, Ini 5 Penyebab Radang Tenggorokan

Jika memang dibutuhkan, konsumsi vitamin C saat sahur atau berbuka, supaya daya tahan tubuh tetap terjaga. Kamu tidak perlu lagi repot berkunjung ke apotek, karena beli obat dan vitamin lebih mudah melalui aplikasi Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc di ponsel kamu dan masukkan jenis vitamin yang ingin kamu beli.