• Home
  • /
  • Ini Cara Hilangkan Rasa Insecure karena Pernah Diselingkuhi

Ini Cara Hilangkan Rasa Insecure karena Pernah Diselingkuhi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ini Cara Hilangkan Rasa Insecure karena Pernah Diselingkuhi

Halodoc, Jakarta – Menjalani hubungan asmara bukan perkara mudah, apalagi jika hubungan tersebut sudah diikat oleh janji suci pernikahan. Butuh banyak pengorbanan untuk tetap memiliki hubungan yang harmonis. Paling sering, keretakan rumah tangga terjadi karena salah satu pasangan tidak setia, atau berselingkuh. Apa pun jalan keluarnya, baik itu memutuskan bercerai atau kembali rujuk tetap saja memberikan efek samping kepada pihak yang diselingkuhi. 

Hampir semua orang setuju bahwa perselingkuhan adalah peristiwa paling traumatis dalam suatu hubungan. Rasa insecure muncul sebagai reaksi dari takut kehilangan pasangan atau takut hal buruk kembali terjadi. Ketakutan ini adalah akar penyebab kegelisahan dan mengakibatkan berbagai jenis tindakan, sebab pasangan yang terluka berusaha untuk memastikan hubungan tersebut aman.

Baca juga: Pasangan Selingkuh, Tinggalkan atau Perbaiki Hubungan?

Mengapa Kecemasan Terjadi Usai Diselingkuhi?

Kecemasan setelah perselingkuhan sangat umum terjadi karena hubungan emosional yang kuat terjadi ketika pasangan jatuh cinta. Seseorang tertarik pada pasangan mereka baik secara fisik maupun emosional dan ikatan yang kuat tercipta. Ikatan manusia sudah berkembang sejak awal waktu. Di masa primitif, ikatan antar manusia terbentuk untuk menjaga kelompok lebih aman dari predator. Kemudian, manusia menjadi terikat juga dengan satu individu yang istimewa.

Kadang-kadang, pasangan yang terluka itu tidak mengetahui mengapa kecemasan itu terus berlanjut. Pasangan yang terluka mungkin sedang berusaha untuk pulih dari perselingkuhan, namun mereka masih memiliki dorongan kuat untuk mencari tanda-tanda "bahaya" bagi hubungan tersebut. Maka dari itu, ketakutan berlebihan ini yang menyebabkan kecemasan berlebihan.

Penting untuk diketahui, kecemasan dari pihak yang terluka menghambat pemulihan akibat sering terjadinya pertengkaran, atau satu pasangan merasa terkendali dan terus-menerus ditanyai. Pasangan yang terluka kemudian mungkin merasa pasangannya defensif dan tidak tulus dan respons itu memicu ketakutan bahwa ada sesuatu yang disembunyikan.

Jika seperti ini, pasangan harus berjuang untuk mengatasi kecemasan yang terjadi. Sebab bagaimanapun, kecemasan itu tidak menyenangkan dan sering disalahpahami. Oleh karena itu, akan membantu untuk memahami lebih banyak tentang sifat kecemasan itu sendiri sehingga kamu dan pasangan dapat bekerja sama dalam mengatasi hal ini dan bukan saling bertengkar. 

Baca juga: Ini Alasan Pria Selingkuh Menurut Sains

Langkah Mengatasi Rasa Insecure Usai Perselingkuhan 

Reaksi kecemasan bervariasi dengan individu. Ada yang mengalami gejala ringan hingga yang sangat ekstrem. Dari mulai peningkatan detak jantung, pernapasan cepat, pikiran yang kacau hingga sulit fokus, sulit tidur, ketidaknyamanan lambung, nyeri dada, kelelahan, hingga perasaan gelisah. Bagi sebagian orang, kecemasan juga bisa menyebabkan serangan panik. 

Ada beberapa cara perawatan diri untuk membantu mengatasi kecemasan, antara lain: 

  • Makan sehat, hindari kelebihan gula, kafein dan alkohol, yang memicu kecemasan; 

  • Pelajari latihan pernapasan untuk membantu tubuh mendapatkan rasa aman (yang pada gilirannya, akan membantu otak belajar untuk rileks);

  • Olahraga bermanfaat bagi banyak orang untuk mengurangi kecemasan;

  • Berusaha untuk mendapatkan tidur yang cukup, meskipun ini mungkin lebih sulit setelah perselingkuhan;

Pada beberapa kasus, konseling dan/atau pengobatan merupakan komponen penting dalam mengatasi kecemasan setelah perselingkuhan. Apalagi jika kecemasan telah mengganggu kesehatan dan kegiatan sehari-hari.

Kamu bisa diskusikan masalah ini dengan psikolog di Halodoc untuk mendapatkan bantuan pertama. Jika kecemasan semakin sulit dikendalikan, alangkah lebih baik untuk segera buat janji dengan psikolog atau psikiater di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang sesuai. 

Baca juga: 4 Aktivitas yang Bisa Mengurangi Rasa Cemas Berlebihan

Namun, tetap ingat bahwa kecemasan ini akan hilang jika pasangan saling bekerja sama untuk memperbaiki keadaan. Jadi, pastikan kamu dan pasangan sudah saling terbuka sehingga bisa saling membantu.

Referensi:
A Peaceful Life Counseling Services. Diakses pada 2020. Dealing with Anxiety After an Affair: When Will it Get Better?
Marriage.com. Diakses pada 2020. How To Cope With Anxiety After Husband’s Affair.