24 October 2018

Hidung Sakit Hirup Udara Pagi, Bisa Jadi Kena Sinusitis?

Hidung Sakit Hirup Udara Pagi, Bisa Jadi Kena Sinusitis?

Halodoc, Jakarta – Rasa sakit pada sinus yang sering terjadi saat menghirup udara terjadi karena adanya infeksi yang menyebabkan selaput lendir dalam hidung dan sinus meradang. Jika selaput ini mengalami peradangan, maka bisa memicu terjadinya gangguan dan rasa nyeri pada bagian tersebut. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.

Selaput lendir yang membengkak karena peradangan bisa menghalangi pembuangan cairan dari sinus ke hidung dan tenggorokan. Selain itu, peradangan yang terjadi juga bisa menyebabkan mikroorganisme berkembang di sinus, kondisi ini disebut dengan sinusitis. Sinusitis biasa disebut inflamasi atau peradangan dinding sinus yang disebabkan oleh infeksi virus.   

Beberapa pengidap kondisi ini umumnya tidak perlu memeriksakan diri ke dokter, sebab gejala mungkin akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun, jika gejala yang muncul ternyata malah semakin parah, maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan pengobatan yang paling tepat.

Penanganan Sinusitis di Rumah

Jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan, maka pengobatan ke rumah sakit biasanya tidak terlalu diperlukan. Namun, kamu bisa melakukan beberapa perawatan sendiri di rumah untuk meredakan gejala sinusitis. Apa saja?

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi gejala sinusitis adalah dengan memperbanyak minum air putih atau jus buah-buahan. Sebab, asupan cairan dapat membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya.

Meskipun demikian, sebaiknya hindari konsumsi minuman yang banyak mengandung kafein. Pasalnya, minuman berkafein atau minuman yang mengandung alkohol bisa memicu kekurangan cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Selain itu, minuman beralkohol juga bisa memperparah pembengkakan pada sinusitis.

2. Pencucian Hidung

Meredakan gejala sinusitis juga bisa dilakukan dengan pencucian hidung alias irigasi nasal. Tujuannya adalah untuk menjaga sinus tetap bersih. Lakukanlah dengan melarutkan satu sendok teh garam dengan satu liter air hangat.

Kemudian, masukkan larutan ini ke dalam neti pot atau wadah khusus yang bisa dibeli di apotek. Bisa juga memanfaatkan teko kecil di rumah, tetapi pastikan wadah bersih sebelum digunakan. Setelah itu, berdirilah dengan posisi bersandar dan miringkan kepala. Tuangkan larutan garam ke salah satu lubang hidung dan biarkanlah larutan itu mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya. Selama melakukan cara ini, bernapaslah melalui mulut.

3. Hirup Udara Lembap

Gejala sinusitis bisa menjadi lebih parah jika menghirup udara yang terlalu kering atau berdebu. Karena itu, pastikanlah untuk selalu menjaga kelembapan ruangan atau tempat di mana kamu sering menghabiskan waktu. Menghirup udara yang lembap dapat membantu mengurangi kondisi hidung dan membuat pernapasan menjadi lebih baik.

4. Mengompres Hidung

Melancarkan pernapasan yang terganggu karena sinusitis juga bisa dilakukan dengan mengompres hidung. Kamu bisa menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam air hangat, lalu letakkan di sekitar hidung hingga kening. Selama melakukan cara ini, bernapaslah dengan normal.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan terapi uap sendiri untuk meredakan sinusitis. Caranya adalah dengan menghirup uap air hangat dari mangkuk yang berisi air panas. Namun ingat, hindari menghirup uap ketika air masih dimasak di atas kompor.

Jika kamu ragu dan butuh saran dokter dalam menangani gejala sinusitis, pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips mengatasi gejala sinusitis atau keluhan kesehatan lain. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: