Hilangkan Flek Hitam dengan Air Bekas Cucian Beras

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
cara menghilangkan flek hitam, Air bekas cucian beras,

Halodoc, Jakarta - Flek pada wajah sudah pasti akan membuat percaya diri kamu berkurang, bukan? Kulit wajah yang cantik dan sehat merupakan idaman setiap orang. Lalu, bagaimana cara menghilangkan flek wajah secara alami? Nah, kamu bisa menggunakan air cucian beras. Beras mengandung zat oryzanol yang bisa menangkal sinar ultraviolet masuk ke dalam kulit, sehingga membantu merawat kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Berikut ini beberapa cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam dengan air cucian beras!

Baca juga: Kenali Pemicu Munculnya Flek Hitam pada Wajah

  • Mencuci Muka dengan Air Cucian Beras

Jika kamu akan memasak nasi, jangan buang air rendaman beras yang pertama, ya! Karena air rendaman beras ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kulit. Kamu bisa menggunakan air cucian beras ini dengan cara langsung menyiramkan ke seluruh wajah dan biarkan kering dengan sendirinya. Kamu dapat melakukan ini pada pagi dan malam hari untuk hasil yang lebih maksimal.

  • Campur Air Cucian Beras dengan Sari Lemon

Selain untuk menghilangkan flek pada wajah, air cucian beras yang dicampur dengan lemon ini juga ampuh untuk membuat kulit wajah cerah dan bercahaya. Caranya mudah, kamu hanya menambahkan sari lemon pada air cucian beras kamu. Cuci muka dengan air ini dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Campur Air Cucian Beras dengan Oatmeal

Proses menghilangkan flek hitam pada wajah akan lebih cepat jika sel kulit mati pada wajah juga terangkat. Nah, kamu dapat mencampur air cucian beras dengan oatmeal untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah kamu. Oatmeal mengandung zat eksfolian alami yang mampu mengangkat sel kulit mati dengan cepat.

Baca juga: 4 Bahan Alami untuk Mengatasi Flek Hitam

  • Campur Air Cucian Beras dengan Putih Telur

Campuran air cucian beras juga dapat membuat wajah bersih tanpa flek hitam bekas jerawat. Putih telur dapat menjadi solusi ampuh untuk mengatasi wajah yang berminyak. Wajah yang berminyak dapat memicu timbulnya jerawat. Nah, dengan campuran air cucian beras dan putih telur akan membuat wajah bersih tanpa flek hitam bekas jerawat, lho!

  • Campur Air Cucian Beras dengan Madu dan Baby Oil

Kamu bisa menambahkan 1 sendok makan dan 5 tetes baby oil ke dalam air bekas cucian beras kamu. Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakannya sebagai air pencuci muka, dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  • Campur Air Cucian Beras dengan Bubuk Bengkoang

Bubuk bengkoang mempunyai manfaat seperti beras yang sangat ampuh untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Caranya dengan mencampur bubuk bengkoang dengan air beras, lalu gunakan bahan ini sebagai masker untuk wajah. Gunakan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Khasiat air bekas cucian beras ini memang sudah terkenal sejak dulu kala. Selain mengandung zat oryzanol yang bisa menangkal sinar ultraviolet masuk ke dalam kulit, beras juga mengandung banyak nutrisi baik, seperti vitamin B1, E, dan C, serta mineral yang mampu mengecilkan pori-pori, mencerahkan, mengencangkan, sekaligus melembutkan kulit wajah.

Baca juga: Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Kamu ingin tahu tips-tips kecantikan dan kesehatan lainnya? Kamu bisa mendapatkan lebih banyak tips-tips kecantikan maupun kesehatan dengan aplikasi Halodoc.  Selain itu, kamu juga bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli terkait dengan masalah kesehatan kamu via Chat atau Voice/Video Call. Dengan aplikasi Halodoc, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan dan pesanan kamu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!