Ingin Tangan Lebih Lembut? Lakukan Perawatan Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ingin Tangan Lebih Lembut? Lakukan Perawatan Ini

Halodoc, Jakarta - Kulit telapak tangan terasa kasar dan tidak nyaman disentuh? Pasti menyebalkan, ya! Sering terjadi, kulit telapak tangan yang kasar terjadi bersamaan dengan masalah kulit kering. Pastinya, ketika kamu menyentuh benda apa saja, ada sensasi rasa tidak nyaman. Apalagi jika harus bersalaman dengan orang lain. Membayangkan bagaimana respon mereka ketika menyentuh telapak tanganmu saja sudah tidak sanggup, ya!

Kondisi ini memang cukup mengganggu, terlebih bagi wanita yang memperhatikan kecantikan kulit tubuh. Namun, jangan khawatir, ada cara perawatan yang mudah untuk mengembalikan kehalusan kulit tangan, bahkan bisa terasa lembut seperti kulit bayi. Bagaimana caranya?

  • Hindari Mencuci Tangan dengan Sabun Berlebihan

Memang benar, mencuci tangan adalah kewajiban dan menjadi bagian dari pola hidup sehat. Meski begitu, tidak baik juga jika setiap saat kamu harus terus mencuci tangan. Cara mencuci tangan yang benar dan direkomendasikan adalah menggunakan air hangat dan sabun. Namun, hal ini bisa membuat kulit telapak tangan menjadi kering dan kasar. 

Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

Bukan tanpa alasan, suhu air panas dan paparan bahan kimia membuat kelembapan kulit berkurang. Lalu, bagaimana jika memang aktivitas ini menjadi suatu keharusan? Jangan khawatir, cucilah tangan sebagaimana mestinya, tetapi jangan berlebihan. Ketika mencuci tangan, hindari menggosok terlalu keras. Sebaliknya, lakukan perlahan dengan pijatan lembut hingga ke sela jari. 

  • Gunakan Produk Pencuci Tangan yang Tepat

Selain kebiasaan mencuci tangan berlebihan, ternyata salah menggunakan produk pembersih juga dapat mengakibatkan kulit telapak tangan menjadi kasar dan kering. Tentu saja, solusi untuk masalah satu ini adalah mengganti produk pembersih yang tidak terlalu keras dan lebih aman untuk kulit telapak tangan. Pilihlah produk sabun cuci tangan yang bebas kandungan alkohol, pewarna, dan pewangi. Khusus untuk kulit sensitif, pilih produk sabun cuci tangan yang memiliki label hypoallergenic

Baca juga: 8 Tips Cantik Merawat Kulit Kering

  • Menggunakan Pelembap

Kulit tangan yang kasar sering terjadi karena kelembapan kulit yang berkurang. Jadi, kembalikan kelembapan kulit seperti semula dengan memilih pelembap kulit yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulitmu. Agar hasilnya lebih maksimal, gunakan pelembap tangan ini tidak hanya seusai mandi. Oleskan setiap kali merasa kulit tangan kasar dan tidak nyaman dipegang. 

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kurangnya cairan tubuh ternyata sangat berpengaruh pada kelembapan kulit. Selain dehidrasi, kurang minum juga dapat bikin kulit tangan kering. Mulai sekarang, cobalah lebih disiplin dengan minum air putih setidaknya 8 hingga 10 gelas sehari. Selain menyehatkan, banyak minum air putih bisa kembalikan kelembapan kulit, lho!

  • Konsumsi Makanan Sehat

Tidak hanya diberikan asupan nutrisi dari luar untuk menunjang kecantikannya, kulit juga butuh asupan nutrisi alami dari dalam tubuh. Caranya, tentu saja dengan membiasakan pola makan yang sehat. Kurangi asupan makanan berlemak jahat dan gantilah dengan sayuran serta buah-buahan. Tidak hanya itu, menjaga pola makan sehat juga bagus untuk kesehatan tubuh lho!

Baca juga: Kulit Sehat ala Wanita Korea, Ini Perawatannya

Lalu, bagaimana jika sudah melakukan cara di atas dan kulit tangan masih saja kering dan kasar? Kalau begitu, coba tanyakan pada dokter, mungkin ada cara pengobatan yang lebih efektif lagi untuk mengatasi permasalahan kulit tangan kering ini. Pakai saja aplikasi Halodoc, jadi tanya jawab dengan dokter lebih mudah. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Dry Skin.
Health. Diakses pada 2020. The Best Tricks for Getting Baby-Soft Skin, Even in Winter.
Reader’s Digest. Diakses pada 2020. 8 Secrets of Women with Touchably Soft Skin.