11 October 2018

Ini 4 Produk Kecantikan yang Aman untuk Remaja

Produk kecantikan yang aman, make up, make up untuk remaja

Halodoc, Jakarta - Apakah orang-orang terdekat kamu adalah seorang remaja yang sedang ingin mempercantik diri? Masa remaja menjadi penting bagi perempuan untuk mulai mempercantik diri. Hal ini bisa dilakukan dengan memoles beberapa make up yang sederhana pada wajah.

Bagi remaja yang sedang memulai untuk mempercantik diri, gunakanlah makeup yang sesuai dengan usia dan jenis kulit. Bersihkanlah wajah secara rutin dan gunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah, supaya dapat menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Berikut ini adalah ciri-ciri kulit pada remaja:

  1. Level hormon androgen lebih tinggi, kulit jadi berminyak. Hal ini dapat memungkinkan terjadinya kulit berminyak, pori-pori membesar, serta munculnya komedo dan jerawat. Kulit terlihat kusam dan terasa kotor.
  2. Kondisi kolagen atau dermis lebih baik dari kulit orang dewasa, dengan elastisitas yang lebih baik pula.
  3. Perputaran kulit (skin turnover) lebih dengan ke normal dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Namun, kondisi ini dapat terganggu dengan mudah, hal ini dikarenakan level hormon androgen yang tinggi.
  4. Minyak (sebum) pada kulit remaja berbeda dari minyak biasa, karena struktur minyaknya lebih keras. Maka dari itu, minyak pada kulit remaja tidak mengalir lancar keluar pori-pori. Akibatnya, pengendapan di dalam kulit yang menyebabkan komedo dan jerawat.

Akibat dari jenis kulit yang istimewa pada remaja, mereka sudah tidak cocok lagi menggunakan produk untuk bayi. Namun, mereka belum pantas untuk menggunakan produk orang dewasa. Dalam hal makeup, penampilan yang cocok untuk remaja adalah dengan penampilang yang segar, bersih, ceria, dan berenergik.

Makeup ringan dan natural di bawah ini mungkin akan lebih menunjang kecantikan dan kesegaran alamiah dari para remaja. Perlu diingat, pemilihan dengan bahan-bahan yang baik dan alami perlu dilakukan. Agar tidak merusak kulit dan membuat penampilan menjadi tidak percaya diri.

Moisturizer

Moisturizer merupakan pelembap alami kulit yang mampu mengembalikan protein keratin. Protein ini dibutuhkan untuk melembapkan kulit dan membantu dalam menaikkan pH pada kulit. Moisturizer juga mengandung bahan-bahan organik yang menutrisi kulit wajah dan memberikan efek cerah pada wajah.

Pilihlah pelembap yang ringan dan mengandung lebih banyak air dibanding dengan minyak. Pastikan produk yang dipakai tidak menimbulkan alergi, tidak menyumbat pori-pori, dan tidak menimbulkan jerawat.

Bedak

Sebaiknya gunakan bedak tabur (loose powder), karena dapat menyerap minyak berlebih yang cenderung banyak terdapat pada kulit remaja. Minyak berlebih inilah yang akan menimbulkan jerawat. Hindari pemakaian bedak padat bila kulit cenderung berminyak di daerah dahi, hidung, dan dagu.

Lip Balm

Lip balm mengandung jojoba oil dan vitamin E yang berfungsi untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Penggunaan lip balm pada malam hari dipercaya dapat menghindarkan bibir pecah-pecah pada pagi hari. Penggunaan lip balm cocok untuk remaja, karena dapat memberikan kesan warna yang natural pada bibir remaja.

Blush On

Pilih blush on dengan warna yang menyerupai warna pipi saat wajah sedang merona. Untuk kulit yang terang, pilih warna merah muda pucat atau sand pink. Untuk kulit yang lebih gelap, gunakan warna tawny atau soft pink. Blush on ini yang memberikan efek ceria dan segar untuk seorang remaja.

Itulah tips-tips makeup untuk remaja. Jika kamu ingin membaca tips-tips kecantikan atau kesehatan lainnya, kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play. Selain itu, Halodoc juga menyediakan sarana untuk berdiskusi langsung dengan dokter ahli di Chat, Voice/Video Call. Kamu juga bisa membeli obat dengan layanan Apotek Antar.

Baca juga: