19 September 2018

Ini 7 Cara Cegah Kaki Lecet Saat Pakai Sepatu Baru

cegah kaki lecet, cara mencegah kaki lecet

Halodoc, Jakarta – Lecet saat menggunakan sepatu baru adalah masalah umum yang biasa dihadapi. Biasanya, seiring dengan berjalannya waktu dan kaki sudah membiasakan diri dengan kondisi sepatu baru maka kaki tidak akan menjadi lecet lagi.

Ketimbang menunggu jangka waktu tertentu, kamu bisa cegah kaki lecet dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

  1. Membeli Sepatu yang Tepat

Sebelum keadaan semakin buruk, kamu bisa mencegah kaki lecet dengan membeli sepatu yang tepat. Beberapa pertimbangan yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli sepatu yang pas tidak hanya bagus di modelnya saja, tetapi juga nyaman saat dikenakan.

Cobalah sepatu tersebut di kedua kaki dan bawa berjalan untuk mengecek kestabilannya di kaki. Jangan membeli sepatu yang ukurannya terlalu pas di kaki, tetapi belilah sepatu dengan bagian ujung masih menyisakan tempat setidaknya 1 centimeter.

  1. Menggunakan Kaus Kaki Tipis

Mengenakan kaus kaki tipis bisa jadi salah satu cara cegah kaki lecet. Selain itu, penggunaan kaus kaki tipis juga membuat pori-pori kakimu tidak terlalu lembap sehingga menyebabkan kaki cepat bau. Perhatikan bahan kaus kaki dan gunakan yang senyaman mungkin supaya kakimu bisa lebih nyaman saat mengenakan sepatu baru.

  1. Menggunakan Plester

Menempelkan plester kek jari-jari kaki dan tumit bisa memperkecil kemungkinan kaki menjadi lecet. Biasanya karena bahan sepatu masih kaku dan keras di bagian ujung depan dan belakang sehingga bisa membuatnya bergesekan dan menimbulkan lecet.

  1. Menaburkan Bedak

Bedak sangat bisa cegah kaki lecet saat pakai sepatu baru. Supaya tidak kelihatan berantakan, kamu bisa menaburkannya secara perlahan dan mengusapkan ke seluruh bagian kaki mulai dari telapak hingga sela-sela jari kaki.

  1. Mengaplikasikan Pelembap

Bahan pelembap yang lembut dan licin bisa jadi cara mencegah kaki lecet saat mengenakan sepatu baru. Akan lebih bermanfaat bila kamu menggunakan bahan pelembap yang memang benar-benar melembutkan kulit, seperti berbahan lidah buaya dan mengandung Vitamin E. Kombinasi lidah buaya dan Vitamin E bisa melembapkan kulit dan membuat kulit tidak gampang teriritasi.

  1. Menyimpan Sepatu ke dalam Freezer

Cara lain untuk cegah kaki lecet adalah dengan menyimpan sepatu ke dalam freezer. Cara lengkapnya adalah kamu mengisi air ke dua kantung plastik, lalu selipkan ke lubang sepatu. Masukkan sepatu ke dalam freezer dan diamkan selama beberapa jam sampai plastik berisi air di dalam sepatu membeku. Ketika sudah membeku, keluarkan plastik tersebut perlahan. Cara ini bisa membuat ukuran sepatu mengembang sehingga tidak akan membuat kakimu sakit lagi.

  1. Panaskan dengan Hair Dryer

Kamu bisa melebarkan ukuran sepatu dengan cara memanaskan bagian dalam sepatu menggunakan hair dryer. Lakukan gerakan berputar saat mengarahkan suhu panas ke dalam sepatu, setelah sepatu agak memuai barulah kamu mengira-ngira untuk melebarkan ukuran sepatu supaya kakimu nyaman saat mengenakannya. Ketika dirasa sudah pas, diamkan sampai sepatu tidak lagi lemas dan mengeras.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai tips mencegah kaki lecet saat mengenakan sepatu baru ataupun informasi menarik seputar hidup sehat, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: