Jangan Salah, Ini Bedanya Penyakit Kronis dan Akut

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Penyakit kronis, penyakit kanker, penyakit ginjal

Halodoc, Jakarta - Kronis dan akut merupakan istilah yang merujuk pada kondisi suatu penyakit. Meski terlihat sama, ternyata keduanya merupakan kondisi yang berbeda, bahkan tidak semua orang mengerti perbedaan maksud dari kedua istilah tersebut. Jadi, jangan sampai salah, ya! Yuk, ketahui perbedaan dari kronis dan akut di sini.

Baca juga: Inilah Perbedaan Penyakit Kronis dan Akut

Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Penyakit Kronis dan Akut

Penyakit kronis mengacu pada kondisi medis yang berlangsung dalam kurun waktu lama atau terjadi secara perlahan-lahan. Penyakit kronis juga berpotensi menjadi penyakit serius yang berbahaya jika tidak ditangani dengan segera. Penyakit kronis juga dapat diartikan dengan penyakit yang bisa saja timbul sewaktu-waktu, secara berulang, dalam waktu yang lama, dan dapat bertambah parah dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan penyakit akut mengacu pada kondisi medis yang berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, tetapi ketika muncul menimbulkan serangan dalam waktu cepat dan berbahaya. Penyakit akut juga dapat diartikan dengan penyakit yang terjadi secara mendadak, dalam waktu singkat, dan biasanya merupakan indikasi penyakit yang serius. 

Penyakit yang Tergolong dalam Penyakit Kronis

Selain dari durasi waktunya, penyakit kronis menyebabkan adanya penurunan kondisi pengidapnya secara bertahap. Karena penyakit kronis merupakan indikasi penyakit yang berbahaya, seseorang dengan penyakit kronis bisa saja kehilangan nyawa. Beberapa penyakit yang tergolong dalam penyakit kronis, antara lain:

  • Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini kemudian akan merusak sel normal di area sekitarnya. Penyakit kanker menjadi penyakit berbahaya yang menyebabkan kehilangan nyawa, karena pada awal perkembangannya penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun sampai mencapai stadium lanjut.

  • Penyakit Gagal Jantung

Gagal jantung merupakan salah satu penyakit yang tergolong kronis yang memengaruhi kemampuan otot jantung dalam memompa darah. Penyakit ini disebabkan oleh adanya penumpukan cairan yang menghambat kerja otot jantung, sehingga tidak dapat memompa darah secara maksimal.

Baca juga: Puasa Meringankan Penyakit Kronis, Apa Saja?

Penyakit yang Tergolong dalam Penyakit Akut

Penyakit akut merupakan penyakit yang timbul secara mendadak, cepat mengalami perkembangan, dan membutuhkan penanganan dengan segera. Beberapa penyakit yang tergolong dalam penyakit akut, antara lain:

  • Penyakit Asma

Serangan asma bisa terjadi kapan saja dan berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Tanda-tanda dari serangan asma meliputi sulit bernapas, batuk terus-menerus, napas pendek, napas berbunyi atau mengi, otot leher dan dada yang mengencang, wajah pucat, berkeringat, perasaan cemas, serta panik. Selama serangan asma terjadi, lapisan saluran pernapasan akan mengalami pembengkakan, meradang, dan produksi lendir berlebih.

  • Penyakit Demam Berdarah

Demam berdarah merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh virus dengue. Pengidap demam berdarah akan ditandai dengan gejala demam yang disertai dengan nyeri sendi dan otot yang parah, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, lemas dan munculnya ruam kemerahan. Jika mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter, ya! Karena jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, penyakit ini bisa saja mengancam nyawa pengidapnya.

Baca juga: Waspada, 4 Penyakit Kronis Ini Dapat Tertular MERS

Sangat penting untuk memahami perbedaan dari penyakit kronis dan akut pada suatu penyakit, karena perbedaan keduanya yang akan menentukan jenis penanganan yang diberikan. Untuk itu, jika gejala-gejala ringan muncul, segera periksakan diri ke dokter. Jangan menunggu sampai gejala serius muncul dan membahayakan nyawamu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa berdiskusi langsung dengan membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Yuk,  download aplikasinya segera!