Intip Metode Diet Terbaik yang Bisa Dicoba di 2019

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Intip Metode Diet Terbaik yang Bisa Dicoba di 2019

Halodoc, Jakarta – Menurunkan berat badan untuk mendapat bentuk tubuh ideal bisa jadi masuk dalam resolusi tahun baru bagi beberapa orang. Meski demikian, sebenarnya menurunkan berat badan bisa jadi adalah hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Selain tergantung pada kondisi tubuh dan sistem metabolisme, metode diet yang diterapkan juga bisa menjadi penentu berhasil atau tidaknya seseorang menurunkan berat badan.

Nyatanya, saat ini semakin banyak dan beragam metode diet yang dikenal. Situs web US News and Report, mengevaluasi dan menyusun peringkat metode diet terbaik yang bisa diterapkan pada awal tahun 2019. Peringkat diet terbaik ini disusun berdasarkan beberapa aspek, mulai dari tingkat kemudahan untuk diterapkan, keseimbangan nutrisi, tingkat keamanan, hingga seberapa efektif dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: Kunci Menjalani Diet Sehat yang Perlu Diketahui

Agar lebih jelas, yuk cari tahu apa saja metode diet terbaik versi US News, yang bisa diterapkan di tahun 2019!

  • Diet Mediterania

Jenis diet yang satu ini menjadi metode diet yang berada di puncak peringkat yang disusun U.S News. Artinya, jenis diet ini menjadi yang paling dianjurkan untuk dilakukan dalam upaya menurunkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Diet mediterania merupakan metode yang dilakukan dengan menggabungkan kebiasaan hidup sehat tradisional orang yang hidup di negara perbatasan dengan Laut Mediterania. Prinsip dalam metode diet ini adalah mengonsumsi jenis makanan yang sehat, kaya akan kandungan sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Tak hanya itu, metode diet ini juga menganjurkan untuk mengonsumsi sedikit ayam, daging merah, serta lemak tak jenuh dari minyak zaitun dan kacang-kacangan.

  • Diet DASH

Peringkat kedua ditempati oleh metode diet DASH. Cara diet yang satu ini dirancang untuk mencegah terjadinya lonjakan tekanan darah, dan sangat dianjurkan untuk pengidap hipertensi. Jika dijalankan dengan disiplin dan sesuai aturan, metode diet ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, bahkan hanya dalam hitungan minggu.

  • Flexitarian

Metode diet yang masuk dalam jenis pola makan vegetarian ini masuk dalam lima peringkat teratas cara diet yang dianjurkan. Semi vegetarian alias flexitarian merupakan pola makan yang mengharuskan seseorang mengonsumsi makanan dari tumbuhan. Meski demikian, konsumsi daging, produk susu, telur, unggas, dan ikan masih diperbolehkan sesekali. Hanya saja, jenis-jenis makanan selain tumbuhan harus dikonsumsi dalam jumlah sedikit dan tidak terlalu sering.

Baca juga: Tips Menu Diet Vegetarian

  • Diet MIND

Diet MIND merupakan gabungan antara dua jenis diet, yaitu diet mediterania dan DASH. Jenis diet yang satu ini tidak hanya ampuh menurunkan berat badan, tapi juga disebut bisa membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer menyerang.

Dalam diet MIND, terdapat prinsip pengelompokan jenis makanan. Pengelompokan yang dilakukan berdasarkan jenis makanan yang dianggap sehat dan bermanfaat untuk tubuh maupun otak. Ada juga pengelompokan makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat merusak fungsi otak.

  • Weight Watchers Diet

Jika selama ini diet identik dengan hal yang menyiksa karena harus menahan lapar, diet Weight Watchers justru memperbolehkan seseorang mengonsumsi makanan apapun yang disukai. Meski demikian, metode diet ini tetap efektif turunkan berat badan.

Dalam metode diet ini, prinsip yang diterapkan bukan semata-mata jumlah kalori. Diet Weight Watchers memandang bahwa tidak semua kalori diciptakan setara. Misalnya, mengonsumsi 200 kalori ayam rendah lemak tidak sama dengan mengonsumsi 200 kalori permen gummy bear.

Baca juga: Kenalan dengan Diet Weight Watchers untuk Turunkan Berat Badan

Walaupun jumlah kalorinya sama, tapi kandungan nutrisi dalam kedua makanan tersebut berbeda. Dibanding menghitung kalori, Weight Watchers menggunakan sistem menghitung poin bernama Smart Points, di mana setiap makanan diberi nilai poin berdasarkan pada 4 kategori, yaitu kalori, lemak jenuh, gula, dan protein.

Cari tahu lebih lanjut seputar metode diet yang dianjurkan dengan bertanya kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips diet sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!