Jadi Orang Ekstrovert di Kantor, Harus Perhatikan 4 Hal Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jadi Orang Ekstrovert di Kantor, Harus Perhatikan 4 Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Jika dibandingkan dengan tipe kepribadian introvert yang tertutup, mereka yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert umumnya dikenal sebagai pribadi yang lebih terbuka  dan supel dalam berinteraksi dengan orang-orang yang ia kenal. Kelihaian ekstrovert di kantor untuk beradaptasi dan menyuarakan pendapat pun nyatanya bisa membuat mereka berada di puncak tertinggi kesuksesan.

Beberapa pekerjaan yang cocok dengan jenis kepribadian mereka yang ramah, pandai menyuarakan pendapat, dan bekerja dalam tim adalah event planner, guru, tim penjualan dan pemasaran, psikolog ataupun aktor. Meski banyak yang memprediksi bahwa ekstrovert di kantor akan sukses, bukan berarti mereka bisa melakukan hal apapun yang ia suka. Nah, supaya bisa menjadi seorang ekstrovert yang disukai banyak orang terutama di lingkungan kerja, kamu wajib memperhatikan beberapa hal berikut:

Baca Juga: Jangan Salah Paham dengan Ekstrovert, Ini Faktanya

  • Jangan Batasi Diri

Untuk kamu yang merasa ekstrovert, jangan pernah batasi dirimu dengan lingkungan yang ada sekarang. Kamu bisa melakukan ekspansi dan eksplorasi juga kepada lingkungan yang belum pernah kamu datangi. Misalnya kamu dapat mencoba berinteraksi juga dengan orang-orang dari divisi lain, agar komunikasi efektif yang kamu sedang bangun bisa semakin terlatih. Dengan demikian, kamu bisa mendapat lebih banyak jaringan dan potensi untuk pekerjaanmu di masa mendatang.

  • Berhenti Memotong Pembicaraan Orang

Pemilik kepribadian ekstrovert di kantor dikenal sebagai orang yang suka bicara dan mengemukakan pendapat, juga senang diperhatikan orang banyak ya. Meskipun begitu, kamu tetap harus hati-hati. Jangan sampai kegemaranmu mengemukakan pendapat ini malah dinilai negatif oleh rekan kerja yang lain. Selain itu, kamu juga secara tidak sadar seringkali memotong omongan orang lain. Jika hal ini benar, maka kamu harus segera memperbaikinya. Sebab seperti yang kita tahu bahwa tidak ada orang yang senang dipotong omongannya. Biarkan orang lain berbicara sampai selesai terlebih dahulu, sekalipun kamu tidak setuju dengan apa yang ia kemukakan. Setelah itu, barulah kamu bergantian untuk mengemukakan pendapatmu, termasuk ketidaksetujuanmu. Ingat, dengan memotong atau menghalangi orang lain berpendapat, kamu menghalangi ide-ide potensial juga.

Baca Juga:  Inilah Kepribadian Menurut Golongan Darah

  • Belajar Mendengarkan

Kamu yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert juga wajib mendengarkan orang lain. Bukan sekadar menunggu orang lain selesai berbicara, tapi juga belajar mendengar apa yang orang lain coba sampaikan. Dengan berbicara, kamu hanya mengulang apa yang sudah kamu ketahui. Tapi dengan mendengar, kamu akan mendapat lebih banyak informasi dari apa yang kamu ketahui sebelumnya. Selain mendengarkan, coba belajar juga tanyakan pendapat orang lain, untuk melihat bagaimana persepsi mereka saat kamu bekerja.

  • Buat Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Ekstrovert di kantor dikenal  senang berinteraksi dan berada bersama orang banyak. Namun saat ia harus bekerja di tempat yang sunyi, diam, dan monoton bisa jadi hal ini membosankan kan membuat produktifitas kerja menurun. Coba atasi hal ini dengan membuat lingkungan kerja yang menyenangkan seperti, mendengarkan musik, atau mengobrol di saat sebelum dan sesudah bekerja. Namun jika hal tersebut cukup mengganggu, coba untuk tidak berisik dan dengarkanlah musik dengan headset. Dengan menciptakan lingkungan yang nyaman, maka perasaanmu pun akan lebih baik.

Baca Juga: Introvert itu Pendiam, Masa sih? Ini Faktanya

Untuk menjaga kesehatan selama bekerja, kamu juga wajib mengonsumsi vitamin tambahan agar tubuh sehat selalu. Sebab, salah satu kunci untuk terhindar dari stres bekerja adalah tubuh yang sehat. Nah, kamu bisa membeli vitamin dan suplemen atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan Apotik Antar dari Halodoc, pesanan kamu akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!