Jenis Terapi untuk Atasi Kondisi Tendinitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Jenis Terapi untuk Atasi Kondisi Tendinitis

Halodoc, Jakarta – Tendinitis adalah kondisi peradangan atau iritasi pada bagian tendon. Tendon sendiri merupakan jaringan yang menghubungkan bagian otot dengan tulang. Sehingga, jika tendon mengalami pembengkakan tentu kondisi ini akan menyebabkan rasa nyeri ketika otot digerakan.

Baca juga: Semakin Tua, Risiko Tendinitis Semakin Meningkat

Kondisi tendinitis bisa terjadi pada bagian otot manapun. Namun biasanya kondisi tendinitis paling sering terjadi pada bagian bahu, siku, lutut, pergelangan kaki serta tumit. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pembengkakan pada bagian tendon, salah satunya adalah gerakan yang berulang dalam waktu yang cukup panjang. Gerakan berulang memberikan tekanan pada tendon yang menyebabkan iritasi atau pembengkakan.

Selain kondisi tersebut, ada beberapa faktor yang meningkatkan seseorang mengalami risiko tendinitis seperti faktor usia. Semakin tua usia seseorang, kondisi kelenturan otot juga semakin berkurang. Tidak hanya usia, penggunaan antibiotik dapat menyebabkan seseorang mengalami tendinitis.

Kenali Jenis Tendinitis

Tendinitis dikenal dengan beberapa jenis berdasarkan lokasi peradangan otot pada bagian tubuh kamu. Ketahui jenis-jenis tendinitis agar mendapatkan penanganan yang sesuai, yaitu:

1. Lateral Epicondylitis

Tendinitis ini terjadi pada bagian tendon siku bagian luar. Kondisi ini disebabkan karena aktivitas yang melibatkan putaran pada pergelangan tangan.

2. Medial Epicondylitis

Kondisi ini terjadi pada bagian tendon siku bagian dalam.

3. Achilles Tendinitis

Peradangan terjadi pada tendon bagian belakang pergelangan kaki.

4. Rotator Cuff Tendinitis

Peradangan terjadi pada otot yang mengendalikan putaran bahu. Kondisi ini biasanya terjadi pada atlet renang yang sering membuat gerakan mengangkat lengan.

5. De Quervain Tendinitis

Pembengkakan otot terjadi pada bagian pergelangan tangan tepatnya pada bagian pangkal ibu jari.

6. Knee Tendinitis

Tendinitis terjadi pada bagian tendon patella yang terletak pada bagian bawah lutut atau tendon quadriceps yang berada di atas lutut.

Baca juga: Suka Olahraga Tanpa Pemanasan? Hati-Hati dengan Efek Cedera Tendinitis

Ketahui Terapi untuk Atasi Tendonitis

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalah tendonitis pada bagian tubuh, seperti:

1. Dry Needling

Pembuatan lubang kecil pada tendon untuk merangsang faktor untuk memperbaiki tendon. Proses ini juga bisa dilakukan dengan menyuntikan dextrose konstetasi tinggi untuk merangsang tumbuhnya tendon baru.

2. Ultrasound

Penggunaan gelombang ultrasonic untuk membuang jaringan parut pada bagian tendon.

3. Bedah

Pembedahan dilakukan jika kondisi tendinitis sudah cukup parah.

Sebaiknya ketahui juga jenis terapi fisik yang dapat kamu lakukan dirumah untuk meringankan gejala maupun mengurangi kondisi tendinitis. Sebaiknya, jangan terlalu panik berlebihan jika mengalami kondisi tendinitis, lakukan terapi berikut agar kondisi tendinitis tidak semakin parah.

Gunakan terapi fisik dengan prinsip RICE. Metode RICE merupakan kepanjangan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevation.

  • Rest. Ketika ada bagian tendon mengalami pembengkakan, berikan waktu istirahat untuk bagian tendon yang mengalami pembengkakan.

  • Ice. Jangan lupa lakukan pengompresan bagian tendon yang mengalami iritasi atau pembengkakan dengan es yang dibalut dengan handuk lembut. Lakukan pengompresan selama 20 menit perharinya.

  • Compression. Sebaiknya balut bagian tubuh yang mengalami tendinitis. Gunakan perban elastis atau perban kompresi untuk membalut bagian yang mengalami tendinitis.

  • Elevation. Angkat tendon atau sendi yang sakit hingga lebih tinggi dari jantung. Cara ini sangat bermanfaat untuk mengatasi tendinitis bagian lutut.

Untuk mengatasi masalah tendinitis, kamu juga bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai penanganan masalah pembengkakan bagian tendon. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Ketahui Terapi Fisik untuk Menangani Tendinitis