Kehujanan Bisa Sebabkan Flu, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Kehujanan Bisa Sebabkan Flu, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Banyak orang menganggap apabila kehujanan dapat menyebabkan flu pada seseorang. Cuaca yang sering berubah-ubah, seperti dari terang lalu tiba-tiba hujan, dapat memberi dampak buruk pada tubuh. Lalu, apakah alasan jika seseorang kehujanan dapat dengan mudah mengidap flu?

Hal tersebut dikarenakan suhu dingin yang mendadak menyerang tubuh ketika kehujanan dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi turun. Selain itu, seseorang juga dapat mengalami penyempitan pada pembuluh darah karena kehujanan. Beberapa jenis virus juga dapat lebih efektif memberi dampak ketika hujan.

Dikarenakan dampak cuaca tersebut, tubuh seseorang akan menjadi lebih dingin. Lalu, bagian pertama yang terkena jika kehujanan adalah kepala, yang dapat dengan cepat memberi dampak pada tubuh. Di samping itu, untuk mengurangi cuaca dingin, tubuh akan mengeluarkan energi lebih besar sehingga imunitas menjadi menurun.

Virus flu pun dapat meningkat karena ketika musim hujan kebanyakan orang akan berdiam di rumah saja. Hal tersebut membuat orang-orang menjadi lebih dekat satu dengan yang lainnya. Sehingga, jika ada salah satu orang yang terserang oleh flu, maka penyebarannya akan mudah dilakukan. Maka dari itu, flu menjadi rentan terjadi.

Maka dari itu, agar terhindar dari kehujanan yang dapat menyebabkan flu, sebaiknya kamu menggunakan pakaian yang cukup tebal. Pastikan juga selalu menggunakan jas hujan ketika rintik-rintik air dari langit sudah mulai turun untuk mengurangi kemungkinan terserang oleh flu. Mengonsumsi suplemen ketika cuaca tidak menentu juga wajib hukumnya supaya terhindar flu.

Baca Juga : Kenapa Kehujanan Bisa Bikin Pilek?

Hal yang Harus Dilakukan setelah Kehujanan

Terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika kamu mengalami kehujanan agar terhindar dari flu dan penyakit lainnya yang mungkin terjadi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Segera Ganti Baju

Salah satu yang dapat kamu lakukan setelah kehujanan yang dapat menyebabkan flu adalah segera ganti baju kamu yang basah. Walaupun kamu berpikir apabila baju yang kamu kenakan tidak terlalu basah, ada baiknya untuk diganti saja untuk menghindari terserang flu. Setelah itu, lebih baik kamu segera mandi dengan air hangat.

  1. Segera Keringkan Kepala

Hal yang pertama akan terkena air dari bagian tubuh adalah kepala. Jadi, cara untuk menghindari flu yang disebabkan oleh kehujanan adalah dengan segera mengeringkan kepala yang basah karena hujan. Kepala yang basah dapat membuat kamu pusing, meriang, dan flu. Pastikan kamu melakukan hal tersebut dengan segera.

Baca Juga : Benarkah Kehujanan ada Penyebab Flu?

  1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Setelah kamu mandi dengan air hangat, cara untuk menghindari kehujanan yang dapat menyebabkan flu adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang hangat. Cobalah untuk meminum teh atau susu yang panas untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang ketika kehujanan. Minuman tersebut juga dapat dicampur dengan madu agar lebih ampuh.

  1. Lakukan Peregangan Ringan

Hal terakhir yang dapat dilakukan jika kamu kehujanan agar dapat terhindar dari flu adalah dengan melakukan peregangan ringan. Hal ini dapat membuat tubuh kamu menjadi lebih hangat. Selain itu, melakukan peregangan juga dapat memperlancar aliran darah kamu.

Baca Juga : Kehujanan Bikin Kepala Pusing, Ini Alasannya

Itulah pembahasan tentang kehujanan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami flu. Selain itu, jika kamu mengalami flu yang parah dan butuh perawatan intensif, kamu dapat melihat daftar rumah sakit terbaik yang bekerja sama dengan Halodoc. Juga, jika kamu ingin mendapatkan berita terkini tentang dunia kesehatan, download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!