Kelenjar Getah Bening Buat Orang Susah Diet?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Kelenjar Getah Bening Buat Orang Susah Diet?

Halodoc, Jakarta – Kelenjar getah bening adalah salah satu organ pada tubuh yang memiliki peran untuk menjaga daya tahan tubuh manusia. Tidak hanya satu, di dalam tubuh terdapat ratusan kelenjar getah bening yang dapat kamu temukan dari kepala hingga bagian kaki. Umumnya, kelenjar getah bening dapat melawan infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau kondisi lainnya yang mengganggu kesehatan tubuh. 

Baca juga: Ini Cara Memeriksa Kelenjar Getah Bening

Ada beberapa tanda pada kelenjar getah bening ketika tubuh tengah mengalami infeksi, salah satu kelenjar getah bening akan mengalami pembengkakan. Namun, jika infeksi sudah diatasi, umumnya kelenjar getah bening dapat mengecil dengan sendirinya. Namun, apakah benar kelenjar getah bening membuat seseorang sulit menjalankan program diet? 

Benarkah Kelenjar Getah Bening Buat Orang Susah Diet?

Kelenjar getah bening cukup banyak terdapat pada bagian tubuh manusia. Umumnya, gejala pembengkakan kelenjar getah bening hanya terdapat pada beberapa bagian saja, seperti area ketiak, leher, di bawah dagu, dan di sekitar paha. Namun, apakah kelenjar getah bening sulit membuat orang melakukan program diet?

Cara untuk menjaga kelenjar getah bening dapat berfungsi dengan maksimal, sehingga kamu memerlukan nutrisi yang optimal. Jika kamu menjalani program diet, tidak ada salahnya bertanya langsung pada dokter mengenai program diet yang baik untuk kesehatan kamu.

Selain menjalani diet sehat, lakukan olahraga secara rutin agar memiliki kesehatan yang optimal. Sebaiknya kurangi minum kopi, kadar alkohol, dan pemanis buatan dalam makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kelenjar getah bening.

Baca juga: Kelenjar Getah Bening di Ketiak Bengkak, Apa Bahayanya?

Selain itu, kamu masih bisa menjalani program diet untuk menjaga kelenjar getah bening kamu tetap berfungsi secara optimal. Dilansir dari Whangarei Head Yoga Retreat Accommodation, sebaiknya kamu lakukan diet dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jahat karena dapat menurunkan fungsi kelenjar getah bening. Tidak ada salahnya untuk perbanyak mengonsumsi sayuran hijau agar kesehatan tubuh dan kelenjar getah bening dapat berfungsi dengan baik serta terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Gejala Gangguan pada Kelenjar Getah Bening

Selain adanya pembengkakan pada beberapa bagian kelenjar getah bening dalam tubuh, ada gejala lain yang menjadi tanda gangguan pada kelenjar getah bening.  Pembengkakan kelenjar getah bening umumnya disertai dengan gejala seperti kelenjar getah bening yang terasa keras saat ditekan.

Pengidapnya juga akan merasa tubuh lemas, demam yang tidak kunjung mereda, mengeluarkan keringat berlebihan pada malam hari, dan mengalami sakit tenggorokan yang membuat kesulitan menelan.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Atasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kondisi tersebut dapat sebabkan pengidap pembengkakan kelenjar getah bening mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba dalam jumlah yang cukup drastis. Jadi tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika kamu mengalami kondisi ini. Hindari melakukan program diet tanpa anjuran dokter maupun pihak medis yang mengetahui kondisi medis kamu.

Referensi:
Whangarei Head Yoga Retreat Accommodation. Diakses pada 2020. The Lymph System and The Role Diet
Web MD. Diakses pada 2020. Why Are My Glands Swollen
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why Are My Lymph Nodes Swollen?