Ketahui Manfaat Mengajarkan Anak Bilingual

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Ketahui Manfaat Mengajarkan Anak Bilingual

Halodoc, Jakarta - Di era globalisasi ini secara tidak sadar dunia terasa semakin kecil dan saling terhubung dengan sangat mudah. Hal ini menjadi tantangan baru bagi para orangtua, supaya buah hati mereka saat tumbuh dewasa juga siap dengan kondisi tersebut. Salah satu cara untuk mempersiapkan anak siap menghadapi globalisasi dan modernisasi adalah mengajarkan anak bilingual, yakni bahasa internasional di samping dengan bahasa ibu. 

Orang-orang Eropa telah lama dipuji para ahli karena kemampuan mereka berbicara lebih dari satu bahasa. Lebih dari setengah orang Eropa dalam survei dari Komisi Eropa juga mengatakan mereka berbicara setidaknya satu bahasa lain selain dari bahasa ibu mereka. Meskipun tidak semua orang bisa melakukannya, mereka meyakini bahwa menguasai bahasa asing berguna untuk masa depan anak-anak mereka. Melansir Expatica, berikut ini manfaat membesarkan anak-anak bilingual sebagai upaya membantu membentuk masa depan mereka.

Baca juga: Mendidik Anak Dwi Bahasa, Orangtua Perhatikan Ini 

Manfaat Anak Belajar Bilingual dari Segi Sosial

Banyak orangtua ingin anak-anak mereka multibahasa sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan orang-orang dari negara lain. Hal ini dipercaya mampu meningkatkan prospek pekerjaan mereka di masa depan. Nah, manfaat dari segi sosial dari pembelajaran bilingual, yaitu: 

  • Membuat Komunikasi Lebih Efektif

Mempelajari lebih dari satu bahasa dapat benar-benar memengaruhi kemampuan anak-anak dalam berkomunikasi secara efektif. Mereka akan lebih mengerti maksud dari pembicaraan orang lain. Anak-anak di lingkungan multibahasa juga dihadapkan pada lebih banyak situasi di mana mereka harus menganalisis lingkungan mereka dan memilih bahasa mana yang akan dibicarakan sehingga melatih komunikasi mereka agar berjalan lebih efektif.

  • Lebih Banyak Kesadaran Budaya

Membesarkan anak-anak di negara asing dan memastikan mereka belajar bahasa tidak hanya membantu mereka memahami perbedaan budaya antara negara asal mereka dan negara baru mereka. Hal ini dapat memungkinkan mereka untuk lebih menghargai budaya di seluruh dunia. Di dalam satu penelitian tertentu, mereka yang sering menggunakan berbagai bahasa menunjukkan tingkat empati kognitif yang lebih tinggi, atau kemampuan untuk memahami emosi orang lain.

Baca juga: Pintar Omong, Ini Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa Anak

Manfaat Anak Belajar Bilingual untuk Otak

Sementara itu, manfaat anak dibesarkan dengan lingkungan bilingual untuk otaknya, yaitu:

  • Menjadi Multitasker yang Lebih Baik

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang belajar dua bahasa lebih baik dalam memfokuskan pada informasi penting dan mengabaikan hal-hal yang tidak penting. Ini merupakan suatu keterampilan yang dapat ditingkatkan dengan berpindah-pindah antar bahasa yang mengarah pada peningkatan kemampuan dalam menyelesaikan berbagai tugas.

  • Mencegah Demensia

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bilingualisme yang dipertahankan seumur hidup dapat menunda timbulnya demensia. Bilingualisme dapat melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif ini. Sebaliknya, mereka yang belajar bahasa kedua ketika dewasa tidak mendapatkan manfaat yang serupa. 

Mempersiapkan Anak-Anak untuk Masa Depan

Di dalam dunia global, bilingualisme dan yang lebih baik lagi, kemampuan multi bahasa memiliki manfaat yang besar. Perusahaan-perusahaan internasional lebih menyukai mereka yang dapat berbicara berbagai bahasa, dan karyawan multibahasa lebih sering mendapat lebih banyak keuntungan.

Ketika dunia menjadi lebih terhubung, ada peningkatan jumlah pekerjaan yang menuntut bilingualisme, membuat dunia kerja kelak semakin kompetitif. Anak-anak yang dididik dengan dua atau lebih bahasa tidak hanya dapat berkomunikasi dengan teman sebaya mereka dengan baik tetapi bisa meningkatkan kesehatan otak dan memperkaya pengalaman. 

Baca juga: Awas, Inilah 4 Gangguan Bicara yang Bisa Dialami Anak

Butuh tips parenting lainnya untuk membentuk pola asuh anak lebih baik lagi? Solusinya mudah, cukup chat saja dokter spesialis anak di Halodoc. Dokter di Halodoc selalu siaga memberikan tips bermanfaat untuk kesehatan anak.

Referensi:
Expatica. Diakses pada 2019. The Benefits of Raising a Bilingual Child.
Michigan State University. Diakses pada 2019. Advantages of a Bilingual Brain.