12 September 2018

Kopi Bisa Memperpanjang Usia, Benarkah?

Kopi memperpanjang usia, kopi memperpanjang umur

Halodoc, Jakarta - Kabar gembira bagi kalian yang gemar menyeruput kopi. Menurut para ahli, selain rasanya yang amat menggoda selera, keistimewaan kopi bagi kesehatan juga bisa memperpanjang usia, lo. Enggak percaya? Nah, berikut fakta mengenai kopi memperpanjang usia.

1. Menurunkan Risiko Penyakit kronis

Minum kopi di pagi hari atau di sela-sela bekerja, rasanya sudah menjadi kebiasaan bagi mereka pecinta kopi. Alasannya berbagai macam, mulai dari rasanya yang bikin lidah ketagihan, meningkatkan fokus, atau sekadar mengusir rasa kantuk. Ternyata, manfaat kopi sebenarnya lebih dari itu. Menurut para ahli, kopi hitam ternyata bisa membuat awet muda dan juga katanya kopi memperpanjang umur. Lho kok bisa? Kandungan antioksidan dalam biji kopi ini bisa membantu melawan radikal bebas dan mencegah penyakit kronis, seperti kanker dan jantung. Enggak percaya?

Menurut para ahli dalam Journal of American Medical Association, kopi dapat membantu tubuh untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga baik untuk kesehatan jantung. Enggak cuma itu, menurut penelitian dari National Institutes of Health, rutin mengonsumsi kopi hitam dua hingga tiga cangkir per hari juga dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kronis sebesar 10 persen.

Namun, efek di atas enggak datang dengan sendirinya, alias ada catatannya. Kata ahli efek kopi yang menyehatkan bagi tubuh hanya di dapat dari kopi hitam pahit, tanpa tambahan gula, krimer, atau pemanis lainnya. Porsinya juga enggak boleh berlebihan agar tak merugikan kesehatan.

2. Menurunkan Kematian Dini

Efek kopi memperpanjang usia juga bisa dikarenakan oleh alasan ini. Menurut penelitian yang diterbitkan The Journal of the American Medical  (JAMA) - Internal Medicine menunjukkan bahwa minum kopi dapat mengurangi risiko meninggal pada umur yang masih muda.

Tak cuma itu, menurut ahli dari National Cancer Institute seperti dilansir TIME, terdapat hubungan terbalik antara minum kopi dan kematian. Dalam hal ini, termasuk di antara subjek penelitian yang meminum kopi setidaknya satu cangkir per hari, mereka yang meminum kopi disaring, instan, dan tanpa kafein.

Data yang digunakan peneliti ini berasal dari UK Biobank yang berisi sampel biologis, pemeriksaan fisik, dan kuesioner kesehatan. Para peneliti menganalisis sekitar 500.000 orang yang menjawab berbagai pertanyaan. Mulai dari konsumsi kopi, kebiasaan minum alkohol, rokok, riwayat penyakit, dan lain-lain.

Nah, dari data yang diperoleh, para ahli menemukan adanya keuntungan berupa umur panjang yang diasosiasikan dengan hampir semua tingkat dan jenis kopi. Berkurangnya risiko kematian dini ini tergantung dari seberapa banyak konsumsi, kandungan kafein, dan instan atau tidaknya kopi yang dikonsumsi.

Namun, secara keseluruhan dibandingkan dengan mereka yang enggak mengonsumsi kopi, orang yang setidaknya minum satu cangkir kopi per hari memiliki risiko mati muda delapan persen lebih rendah.

3. Mencegah Risiko Stroke dan Penyakit Saraf

Menurut studi yang dipublikasikan oleh The American Heart Association, konsumsi kopi satu cangkir per hari dapat menurunkan 20 persen risiko terserang gejala stroke. Tak cuma itu saja, menurut beberapa penelitian, konsumsi kopi secara teratur juga mampu untuk mengurangi risiko terserang penyakit saraf di usia tua. Contohnya, penyakit demensia dan parkinson.

Nah, sudah tahu kan efek kopi memperpanjang usia. Meski begitu, menurut beberapa ahli seperti dilansir TIME, sebenarnya kopi tidaklah semata-mata memperpanjang usia seseorang. Hanya saja, minuman yang satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa meminimalkan risiko terserang berbagai penyakit.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat kopi bagi tubuh? Atau punya keluhan medis? Kamu bisa lo bertanya langsung kepada dokter melalui  aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat atau Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Baca juga: