Malas Hapus Makeup? Waspada 6 Masalah Kulit Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Malas Hapus Makeup? Waspada 6 Masalah Kulit Ini

Halodoc, Jakarta - Bagi wanita, makeup adalah hal yang penting bagi mereka. Selain untuk memoles tampilan mereka, makeup berguna untuk menaikkan rasa percaya diri mereka. Industri kecantikan semakin mewadahi kebutuhan makeup para wanita, sayangnya para wanita sering mengabaikan kandungan kimia yang ada di dalamnya. Hasilnya, beberapa jenis makeup berbahaya jika dibiarkan terlalu lama di wajah.

Oleh karena itu, setelah aktivitas selesai, sebaiknya segera membersihkan makeup dengan pembersih wajah yang sesuai jenis kulit wajah. Efek negatif dari tidak membersihkan makeup sebelum tidur memang tidak segera dirasakan namun kebiasaan buruk ini harus dihentikan karena bisa terjadi masalah wajah yang serius ke depannya. Yuk, simak masalah kulit yang terjadi akibat kebiasaan malas menghapus makeup berikut ini.

Baca juga: 5 Kesalahan Membersihkan Makeup Wajah

  • Iritasi Kulit

Produk makeup umumnya memiliki kandungan kimia, mulai dari yang ringan hingga berat. Nah, kandungan bahan kimia ini bisa menyerap ke dalam kulit bila kamu tidak membersihkannya dengan benar. Saat terkena paparan udara, debu atau polusi, kulit yang terkontaminasi bahan kimia ini menjadi mudah mengalami iritasi dan menyebabkan peradangan. Jika kamu memiliki kondisi kulit yang tiba-tiba memerah atau gejala lain yang mengganggu, kamu bisa bertanya dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menanyakan kepada dokter solusi terkait kondisi kesehatan yang kamu alami melalui Chat, Voice atau Video Call.

Baca juga: 8 Jenis Make up yang Mesti Ada di Dalam Tas

  • Jerawat

Foundation atau alas bedak yang dibiarkan menempel pada wajah sepanjang malam kelak menimbulkan masalah kulit seperti jerawat. Hal ini bercampur dengan sel-sel kulit mati, kotoran, debu dan minyak wajah, sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Jika kamu sering malas membersihkan makeup dan membiarkan kondisi ini terus terjadi, maka jerawat tidak bisa dihindari. Enggak mau wajah menjadi banyak jerawat? Jadi, lebih baik membersihkan makeup pada wajah sebelum tidur dengan cara yang benar. Yakni dengan metode deep cleansing, yaitu menggunakan toner atau facial wash yang mengandung salicylic acid untuk membantu mengeksfoliasi kulit dan membasmi jerawat sekaligus.

  • Komedo

Tidak hanya jerawat, saat kamu malas membersihkan makeup, pori-pori kulit wajah akan tersumbat dan menimbulkan bintik-bintik hitam alias komedo. Jika kondisi sudah parah, maka semakin sulit untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan scrub sesekali untuk mencegah penyumbatan pori-pori. 

  • Merusak Sel Kulit Wajah

Rusaknya sel kulit wajah bisa terjadi akibat tidak membersihkan makeup dengan benar. Ini karena kandungan bahan kimia pada makeup bisa berdampak langsung ke jaringan dan sel kulit wajah. Efek paling ringan yang mungkin terjadi adalah penuaan dini, sementara efek jangka panjangnya adalah kanker kulit.

  • Merusak Kesehatan Bibir

Efek tidak membersihkan makeup sebelum tidur juga tidak akan terasa pada kulit, tetapi juga pada bibir kamu. Saat kamu membiarkan tertidur dengan lipstik yang masih menempel, kondisi ini menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan mengelupas. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam lipstik bisa mempercepat pigmentasi bibir alias menghitam. Jadi, setelah mengenakan lipstik yang highly pigmented seperti matte liquid lipstick, segera lakukan scrub bibir setelah menghapus lipstik tersebut. Kemudian, oleskan lip balm sebelum tidur agar bibir tetap sehat dan lembut.

Baca juga: Saat Berolahraga, Sebaiknya Pakai Make up atau Tidak?

  • Menghambat Proses Regenerasi Kulit

Saat malam hari adalah waktu terbaik bagi kulit untuk memperbarui sel-selnya. Makeup yang tidak dibersihkan yang masih menempel pada wajah ini juga bisa merusak proses alami ini. Hasilnya, kulit jadi rentan mengalami kerusakan, apalagi bila kamu sering melakukan kebiasaan buruk ini.

Referensi:
Good Housekeeping. Diakses pada 2019. 6 Risks of Sleeping in Makeup.
Cheat Sheet. Diakses pada 2019. This Is What Happens to Your Skin When You Sleep with Make Up.