Saat Berolahraga, Sebaiknya Pakai Make up atau Tidak?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
make up saat olahraga, olahraga

Halodoc, Jakarta – Tampil cantik dengan penuh riasan wajah alias make up bisa menjadi “pemompa” kepercayaan diri wanita. Terutama saat akan keluar rumah dan bertemu dengan banyak orang, entah untuk alasan pekerjaan, pergaulan, bahkan untuk berolahraga.

Namun tahukah kamu, ternyata menggunakan make up saat berolahraga adalah hal yang tidak direkomendasikan. Ahli kulit mengatakan bahwa saat berolahraga, sebaiknya tidak menggunakan make up sama sekali. Pasalnya, penggunaan make up saat berolahraga bisa membuat pori-pori di kulit menjadi terhalang.

Padahal, pori-pori tersebut berfungsi sebagai jalur keluar keringat yang diproduksi tubuh saat berolahraga. Nah, jika bagian itu tertutup, kotoran dan keringat tidak bisa keluar dari wajah dan memicu timbulnya jerawat, komedo, hingga iritasi pada kulit.

Selain itu, menggunakan make up saat berolahraga juga bisa menyebabkan panas tubuh tidak bisa dilepaskan dengan baik. Alhasil, kondisi ini akan membuat kulit lebih sensitif dan menyebabkan kulit memerah. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya kamu tidak menggunakan riasan sama sekali saat akan berolahraga.

Beberapa orang mungkin tidak sengaja menggunakan make up saat berolahraga, misalnya lupa membersihkan wajah setelah beraktivitas harian. Jika hal ini yang terjadi, segera cuci wajah dengan pembersih wajah lembut atau dengan air bersih setelah berolahraga. Namun, jika kamu memang harus menggunakan riasan saat berolahraga atau beraktivitas, sebaiknya hindari melakukan gerakan yang terlalu berat sehingga keringat yang keluar tidak terlalu banyak.

Saat berolahraga, hindari menggunakan maskara dan make up yang terlalu tebal. Namun jika kamu merasa tidak nyaman, pastikan bahwa bedak dan lipstik yang digunakan tidak terlalu tebal. Selain itu, pilihlah jenis make up yang memiliki kandungan atau tekstur tertentu. Misalnya, pelembab yang berbahan dasar air. Hal itu bertujuan untuk mengurangi penyumbatan keringat pada pori-pori wajah.

Selain itu, pilihlah jenis bedak yang berbentuk bedak atau BB cream. Kandungan dalam kedua jenis make up tersebut diyakini tidak “terlalu berat” untuk kulit wajah. Sebaiknya hindari menggunakan riasan yang terlalu tebal dan berlebihan di bagian tubuh. Sebab, kebanyakan produk make up untuk mata berbahan dasar minyak dan kandungannya cukup berat. Kebiasaan menggunakan make up tebal di mata saat berolahraga bisa memicu timbulnya bintik putih kecil yang terjadi karena pori-pori tersumbat.

Cara Membersihkan Keringat saat Berolahraga

Mengeluarkan keringat saat sedang berolahraga adalah hal yang wajar. Fungsi keringat dalam hal ini untuk mengeluarkan sisa metabolisme dan mendinginkan tubuh. Sebab, suhu tubuh cenderung meningkat saat sedang berolahraga.

Nah saat keringat keluar, kamu mungkin pernah tanpa sadar langsung mengelapnya dengan telapak tangan. Hati-hati, kebiasaan ini juga bisa memicu munculnya jerawat di wajah. Sebab, ada kemungkinan banyak bakteri yang menempel di telapak tangan setelah seharian beraktivitas. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengelap keringat yang keluar menggunakan handuk atau pakaian olahraga yang sedang digunakan.

Perhatikan juga kebersihan dari handuk yang digunakan untuk mengelap wajah. Setelah berolahraga pun, pastikan untuk segera mencuci muka dengan air bersih untuk menjaga kebersihan kulit.

Kamu punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: