Manfaat Tidur Berkualitas bagi 5 Organ Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
manfaat tidur, tidur berkualitas, insomnia

Halodoc, Jakarta - Tidur merupakan bagian terpenting bagi kesehatan tubuh. Memiliki tidur yang berkualitas memang terdengar mudah, tetapi susah untuk dilakukan karena sibuknya aktivitas. Padahal, memiliki jam tidur yang berkualitas akan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama untuk beberapa bagian organ berikut ini.

Baca juga: Jarang Diketahui, Tidur Siang Punya Manfaat bagi Tubuh

  • Otak

Jangan pernah meremehkan kegiatan yang satu ini. Pasalnya, tidur memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan otak, antara lain memperbaiki daya ingat, meningkatkan fokus, mendorong kreativitas, serta mencegah terjadinya depresi, karena dapat membantu mengurangi kegelisahan. Saat tidur, otak akan membentuk ingatan baru dan menghilangkan hal-hal yang dianggap tidak penting. 

  • Mata

Ketika tidak cukup waktu tidur, otot di sekitar mata tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Ketika hal ini terjadi, maka kejang otot mata dan kedutan bisa saja terjadi. Orang yang memiliki kualitas tidur yang tidak baik akan memiliki kantung mata, mata merah, serta mata panda, yang merupakan sejumlah masalah pada mata.

  • Pencernaan

Beberapa manfaat tidur bagi pencernaan, yaitu tidur merupakan proses detoksifikasi organ pencernaan secara alami, meredakan perut kembung dengan membuang gas yang dalam tubuh, pencernaan menjadi lebih lancar karena metabolisme berjalan dengan baik, menurunkan risiko terkena asam lambung, serta optimalnya penyerapan nutrisi dalam tubuh.

  • Kulit

Saat tidur, kulit akan bekerja keras untuk memperbaiki sel-sel yang rusak pada siang hari, sehingga dengan cukup tidur, kulit akan terlihat lebih cantik. Kurang tidur akan menyebabkan peradangan dan hormon stres, sehingga timbul jerawat, kulit kering, serta lebih mudah berkeriput.

  • Tulang dan Otot

Saat tidur, hormon pertumbuhan akan membangun, memperbaiki, dan menjaga otot serta tulang. Jika seseorang kurang tidur, proses perbaikan otot dan regenerasi akan terganggu. Selain itu, kurang tidur akan mengurangi kepadatan tulang serta massa otot tulang.

Baca juga: Kenalan dengan Manfaat Tidur Tanpa Busana

Selain beberapa hal tersebut, kurang tidur akan membuat kamu lebih banyak mengonsumsi makanan manis di malam hari. Dengan begitu, berat badan bisa saja mengalami kenaikan berat badan. Ketika hal tersebut terjadi, tubuh akan kesulitan untuk mengatur gula darah dalam tubuh, sehingga seseorang bisa saja mengidap penyakit diabetes tipe 2.

Bagaimana Cara Membuat Tidur Lebih Berkualitas?

Bagi sebagian orang yang mengidap insomnia, memiliki tidur yang berkualitas akan sangat sulit didapatkan. Jika hal ini terjadi pada dirimu, silahkan lakukan cara berikut ini untuk membuat tidurmu lebih berkualitas.

  • Olahraga teratur. Olahraga akan memperlancar sistem metabolisme dan juga sistem peredaran darah dalam tubuh.

  • Jangan terlalu banyak makan ketika sudah waktunya tidur.

  • Jauhkan ponsel dari tempat tidur.

  • Matikan lampu, agar tidur menjadi lebih tenang.

  • Jangan konsumsi alkohol dan kafein.

  • Mandi air hangat sebelum tidur.

Baca juga: Bangun Tidur Sebaiknya Minum Air Hangat atau Dingin?

Jika langkah tersebut tidak bisa membuat tidurmu menjadi lebih baik karena insomnia yang kamu alami, silahkan diskusikan dengan dokter ahli pada aplikasi Halodoc untuk mendapatkan tips yang kamu butuhkan. Jika dirasa kamu membutuhkan obat, dokter akan meresepkan obat untuk membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2019. How Sleep Heals the Body.

WebMD. Diakses pada 2019. What Happens When You Sleep?