06 November 2018

Mengenal Penyakit Varikokel, Bisa Berakibat Kemandulan Bagi Pria

mengenal penyakit varikokel, bisa berakibat kemandulan bagi pria

Halodoc, Jakarta – Penyakit varises biasanya diketahui paling banyak menyerang bagian kaki para wanita. Namun ternyata, varises tidak hanya menyerang wanita. Penyakit ini bisa menyerang pria yang mengakibatkan kemandulan bagi para pria karena menyerang bagian testis, yang dikenal dengan varikokel.

Varises pada testis biasanya berbentuk tonjolan urat pada buah zakar pria. Penyakit ini muncul karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena dalam skrotum atau buah zakar yang melapisi testis. Pembuluh darah vena dalam testis memiliki fungsi untuk mengalirkan darah dari sel dan jaringan untuk kembali ke jantung.

Penyakit varikokel ini bisa menyerang salah satu testis atau keduanya. Biasanya penyakit varikokel menyerang testis bagian kiri pria karena pembuluh vena pada bagian kiri lebih sering mendapatkan tekanan besar. Bahayanya, adanya varises pada testis dapat berakibat kemandulan bagi pria.

Gejala Varikokel

Penyakit varikokel tidak akan menunjukan gejala yang umum pada pria. Sering kali pembengkakan pada urat vena tidak disadari. Hal ini karena pembengkakan yang terasa samar dan tidak ada gejala khusus bagi para pengidap penyakit varikokel. Meskipun, terkadang ada beberapa pria yang merasakan nyeri pada bagian testis ketika berdiri terlalu lama atau melakukan aktivitas yang cukup berat. Namun ketika beristirahat, biasanya rasa nyeri akan berlangsung menghilang. Inilah yang membuat para pria seringkali tidak menyadari adanya penyakit varikokel pada tubuh mereka.

Namun, biasanya, seiring berjalannya waktu, varises pada testis akan terasa mengganggu dan muncul perasaan tidak nyaman bagi para pria. Ini akibat dari pembengkakan varises yang semakin membesar. Benjolan pada testis akibat varikokel juga memiliki bentuk yang beragam. Ada yang bisa dilihat secara langsung, namun ada yang dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyakit varises pada testis. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit varikokel disebabkan karena faktor tinggi badan dan berat badan. Semakin tinggi tubuh seseorang maka akan semakin tinggi risiko penyakit varikokel.

Varikokel Memengaruhi Kesuburan Pria

Testis yang berada pada buah zakar pria menentukan kualitas sperma yang dimiliki oleh seorang pria. Varises pada testis menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah vena sehingga pembuluh darah vena tidak berfungsi secara normal. Penumpukan darah pada bagian intim menyebabkan kenaikan suhu pada sekitar testis. Padahal, untuk mendapatkan sperma yang sehat, suhu di sekitar testis tidak boleh lebih rendah 1- 8 derajat celcius dari suhu tubuh. Hal ini dapat memengaruhi kesuburan pada para pria.

Pengobatan Varikokel

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit varises pada testis, salah satunya adalah tindakan operasi. Tindakan operasi yang bisa dilakukan ada beberapa jenis, seperti embolisasi dan operasi terbuka. Biasanya, setelah tindakan operasi dilakukan, pengidap merasakan beberapa efek samping yaitu rasa nyeri ringan selama beberapa hari.

Cara lainnya adalah berolahraga. Kegiatan olahraga yang paling tepat untuk pengidap varikokel adalah renang. Rutin melakukan olahraga renang membantu mendinginkan suhu testis sehingga mampu meningkatkan kualitas sperma.

Sebaiknya, lakukan pengecekan rutin terhadap kesehatan tubuh. Kamu juga bisa meningkatkan kualitas sperma dengan menjalani gaya hidup sehat dan pola makan yang teratur. Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: