Nyeri Perut Sebelah Kiri Saat Puasa, Pertanda Apa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Nyeri Perut Sebelah Kiri Saat Puasa, Pertanda Apa?

Halodoc, Jakarta - Menjalani ibadah puasa tanpa mengalami gejala atau keluhan apapun adalah hal yang diidamkan semua umat Muslim. Namun, bagi pengidap maag atau yang memiliki kebiasaan makan buruk ketika sahur dan berbuka, sakit perut menjadi hal yang umum terjadi. Lalu, bagaimana jika sakit atau nyeri perut yang dirasakan berpusat pada perut bagian kiri? Pertanda apakah nyeri perut sebelah kiri saat puasa?

Secara umum, nyeri di sisi kiri perut dapat disebabkan oleh masalah pada organ dan struktur di bagian kiri perut, maupun pengaruh dari masalah organ lain yang terletak jauh dari perut. Apakah nyeri perut sebelah kiri yang terjadi pada bagian atas? Atau bawah? Berikut beberapa penyebab umum dari nyeri perut sebelah kiri, berdasarkan lokasinya.

Nyeri Perut Kiri Sebelah Atas

1. Pankreatitis Akut

Pankreatitis akut adalah peradangan yang terjadi pada pankreas, yang terletak di sisi kiri atas perut. Keluhan biasa terjadi mendadak dan menyebabkan nyeri di daerah perut bagian atas (atau epigastrium). Nyeri sering menjalar ke punggung. Pankreatitis akut juga dapat melibatkan organ lain.

Baca juga: Ini Penyebab Sakit Perut Bawah Sebelah Kiri pada Wanita

2. Gastritis

Gastritis dapat terjadi ketika terdapat iritasi pada lapisan lambung. Gastritis dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri H. pylori yang selanjutnya dapat mengakibatkan luka. Obat penghilang rasa sakit tertentu dan minum terlalu banyak alkohol juga dapat mengakibatkan gastritis. Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar (yang mungkin membaik setelah makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh setelah makan.

3. Angina

Angina adalah istilah yang digunakan untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Angina adalah gejala dari penyakit arteri koroner. Angina biasanya digambarkan sebagai sensasi seperti dada diremas, atau tekanan, berat, sesak atau sakit di dada. Gejala angina yang dimiliki wanita dapat berbeda dari gejala angina klasik. Wanita akan lebih sering menunjukkan gejala seperti mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada.  

Nyeri Perut Kiri Sebelah Bawah

1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan sistem pencernaan yang menyerang usus besar, ditandai dengan kram perut, perasaan kembung, serta buang gas. IBS juga dapat menyebabkan masalah pergerakan usus, mulai dari sembelit hingga diare.

Baca juga: Awas, Jangan Abaikan Jika Alami Perut Kiri Sakit

2. Ulcerative Colitis

Ulcerative Colitis (UC) adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada dinding saluran pencernaan. Gejala dan keluhan yang paling sering dilaporkan adalah sakit perut dan diare, feses berdarah dan berlendir. Buang air besar dapat menghilangkan rasa sakit perut sebelah kiri. Gejala lain yang ditimbulkan termasuk kelelahan, turunnya berat badan, anoreksia, dan demam.

3. Batu Ginjal

Batu ginjal biasanya disebabkan oleh terlalu tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab batu ginjal. Gejala umum dari kondisi ini adalah sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual, nyeri di pangkal paha, dan muntah. Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh infeksi pada ginjal. Peradangan biasanya dimulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar ke ginjal.

4. Divertikulitis

Divertikula adalah kantung kecil membuncit yang dapat terbentuk di lapisan sistem pencernaan. Kantung ini paling sering ditemukan di bagian bawah usus besar. Divertikula adalah kondisi umum terutama setelah usia 40-an, dan jarang menimbulkan masalah.

Namun, terkadang divertikula bisa meradang dan terinfeksi, hingga bahkan pecah. Peradangan ini disebut divertikulitis. Divertikulitis dapat menyebabkan sakit perut parah yang konstan dan bertahan selama beberapa hari. Biasanya, keluhan sakit perut dirasakan di sebelah kiri, tapi dapat terjadi di sebelah kanan, terutama pada orang-orang berdarah Asia.

Baca juga: 6 Penyebab Sakit Perut Bagian Bawah

5. Hernia

Hernia adalah kondisi dimana jaringan lunak, biasanya usus, mencuat menembus bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha (hernia inguinalis) atau menusuk diafragma (hernia hiatal). Tonjolan yang dihasilkan dapat menyebabkan sakit perut sebelah kiri, terutama ketika batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat. Kadang, pada pria rasa sakit dan bengkaknya menyebar hingga ke sekitar testis ketika tonjolan usus makin turun ke dalam buah zakar.

Itulah sedikit penjelasan tentang beberapa kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kiri saat puasa. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!