• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Pemilik Kulit Sensitif, Hati-Hati Memakai Masker Bahan Alami

Pemilik Kulit Sensitif, Hati-Hati Memakai Masker Bahan Alami

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersinar tentu menjadi dambaan siapa saja. Tidak jarang, banyak orang memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai salah satu bahan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Bahan alami tersebut umumnya mudah ditemukan dan digunakan, salah satunya untuk dijadikan sebagai masker wajah. Sebenarnya, tidak ada salahnya mencoba bahan alami sebagai masker, namun hati-hati untuk pemilik kulit sensitif.

Baca juga: 6 Tips Merawat Kulit Sensitif

Kulit sensitif menjadi kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi terhadap berbagai macam faktor. Penggunaan bahan-bahan alami yang tidak cocok dapat menyebabkan berbagai reaksi pada kulit yang sensitif, seperti kulit kemerahan, kulit terasa gatal, kulit menjadi kering. Tidak hanya itu, dilansir dari situs halaman Health Grades, kulit sensitif dapat ditandai dengan munculnya jerawat-jerawat kecil yang kemerahan.

Pemilik Kulit Sensitif, Perhatikan Bahan Alami Ini

Selain mudah untuk ditemui, penggunaan bahan alami untuk perawatan kulit bisa membuat kamu terhindar dari kandungan bahan-bahan kimia. Namun, ada beberapa bahan alami yang perlu diketahui kandungannya agar tidak merusak kulit kamu yang sensitif, yaitu:

1. Lemon

Buah lemon menjadi salah satu bahan alami yang cukup banyak digunakan untuk mengatasi jerawat pada wajah. Hal ini disebabkan kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah lemon. Namun, hati-hati untuk pemilik kulit sensitif. Menurut Medical News Today, terlalu banyak mengaplikasikan vitamin C pada kulit yang sensitif bisa menyebabkan efek samping, seperti kemerahan, kulit kering, iritasi pada kulit, dan rasa perih. Kamu bisa tanyakan langsung pada dokter lewat aplikasi Halodoc jika memiliki masalah pada kulit yang sensitif dan berjerawat, serta penanganan yang tepat.

Baca juga: 5 Tips Aman Eksfoliasi Kulit Wajah

2. Gula

Gula menjadi bahan alami yang sering digunakan sebagai masker wajah untuk menyingkirkan sel kulit yang mati atau eksfoliasi. Ya, eksfoliasi bisa menjadikan kulit lebih bersih, namun berbeda dengan kamu yang punya kulit sensitif. Menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi pada kulit sensitif bisa menyebabkan kulit terasa perih dan panas. Lalu, apakah pemilik kulit sensitif pantang melakukan eksfoliasi? Sebaiknya tanyakan langsung pada dokter kulit di rumah sakit terdekat ketika melakukan perawatan pada kulit kamu, ya!

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, namun penggunaan minyak kelapa tidak disarankan bagi beberapa orang dengan tipe jenis kulit tertentu. Dilansir dari Healthline, lakukan penggunaan minyak kelapa secara bertahap atau sedikit pada kulit. Hal ini bertujuan untuk melihat reaksi yang terjadi pada kulit. Pada kulit yang sensitif, minyak kelapa rentan menyumbat pori-pori pada kulit wajah yang meningkatkan risiko komedo atau jerawat.

Baca juga: Kulit Sensitif? Begini Cara Memilih Sabun yang Tepat

Tidak ada salahnya bagi pemilik kulit yang sensitif untuk lebih berhati-hati saat memilih produk perawatan untuk kulit, khususnya wajah. Pastikan kamu mengetahui kandungan pada bahan-bahan yang digunakan untuk merawat kulit yang sensitif. Juga, hindari paparan sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Is Coconut Oil Good for Your Skin?
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. How to Safely Exfoliate at Home?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Top 3 Benefits of Vitamin C Serum
Health Grades. Diakses pada 2020. 9 Signs of Sensitive Skin