07 December 2018

Penyakit Alzheimer Bisa Dicegah dengan Lakukan 6 Cara Ini

penyakit alzheimer bisa dicegah dengan lakukan 6 cara ini

Halodoc, Jakarta – Alzheimer atau yang dikenal juga sebagai penyakit lupa atau demensia, umumnya terjadi pada usia di atas 65 tahun. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mencegah penyakit ini terjadi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sejak dini agar dapat terhindar dari penyakit alzheimer di masa tua nanti.

Seiring bertambahnya usia, daya ingat seseorang biasanya akan semakin menurun. Bahkan, orang-orang yang berusia 40—65 tahun berisiko tinggi mengalami alzheimer. Penyakit yang terjadi karena adanya gangguan di dalam otak ini bisa menyebabkan pengidapnya mengalami penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku. Jadi, kamu diharapkan untuk waspada terhadap penyakit ini. Selain usia, faktor-faktor berikut juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit alzheimer:

  • Faktor genetik. Menurut penelitian, orang yang memiliki anggota keluarga yang mengidap penyakit alzheimer berisiko lebih tinggi mengalami penyakit yang sama. Hal ini semakin diperkuat setelah ditemukan bahwa kurang dari lima persen kasus penyakit alzheimer terjadi akibat adanya mutasi genetik yang diturunkan dari generasi sebelumnya.

  • Jenis kelamin. Penyakit alzheimer lebih banyak diidap oleh wanita dibandingkan pria.

  • Pernah mengalami cedera kepala yang parah.

  • Mengidap gangguan kognitif ringan. Orang-orang dengan kondisi ini biasanya memiliki masalah pada daya ingatnya yang mungkin saja bisa semakin memburuk seiring bertambahnya usia.

  • Mengidap sindrom down. Kelainan genetik yang menyebabkan terjadinya sindrom down diduga juga dapat memicu terjadinya penyakit alzheimer.

  • Mengidap penyakit kardiovaskular, seperti hipertensi, hiperkolesterolemia, dan peningkatan kadar homocysteine.

  • Gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, kebiasaan hidup yang tidak sehat, seperti kurang berolahraga, merokok, serta kurang makan buah dan sayur juga bisa meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

  • Kurang proses pembelajaran dan ikatan sosial. Misalnya, tingkat pendidikan yang rendah, pekerjaan yang membosankan, serta kurangnya aktivitas yang mengasah otak juga bisa mempercepat kepikunan.

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer

Cara paling efektif untuk mencegah penyakit alzheimer adalah dengan menghindari faktor-faktor pemicu alzheimer di atas. Mungkin ada beberapa faktor risiko alzheimer yang tidak bisa kamu hindari, seperti usia, jenis kelamin, dan penyakit bawaan tertentu. Namun, beberapa faktor lainnya sebenarnya bisa dihindari dengan cara-cara berikut:

1. Berolahraga Secara Rutin

Menjaga fisik tetap aktif juga berpengaruh terhadap kesehatan otak. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Enggak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi yang sulit, sebab olahraga ringan, seperti  jalan pagi, berenang, bermain tenis, ataupun bulutangkis saja sudah bisa menghindarkan kamu dari penyakit alzheimer. Berolahraga lah sedikitnya 2,5 jam tiap minggu.

2. Perbanyak Kegiatan yang Mengasah Otak

Selain bergerak aktif, kamu juga perlu menstimulasi pikiran dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan, tapi tetap dapat mengasah otak, seperti bermain musik, membaca, belajar bahasa asing, serta bermain permainan yang menuntut untuk berpikir, seperti catur, teka-teki silang, dan memecahkan kasus. Melakukan kegiatan sosial dan bersosialisasi dengan banyak orang juga bisa mencegah kamu terkena penyakit alzheimer , lho.

3. Menerapkan Pola Makan Sehat

Kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuh dan otak dengan cara mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang. Hindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Sebaliknya, perbanyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur yang kaya akan serat.

4. Kurangi Berat Badan

Bila kamu memiliki berat badan berlebih atau obesitas, berusahalah untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman.

5. Minum Obat dengan Teratur

Bila kamu mengidap penyakit, seperti stroke, diabetes, hipertensi, ataupun kolesterol tinggi, minumlah obat yang sudah diresepkan oleh dokter secara teratur.

6. Rutin Memeriksakan Kesehatan

Pastikan kamu rutin memeriksakan tekanan darah, kadar gula, dan kadar kolesterol secara teratur. Kamu bisa melakukan pemeriksaan tersebut dengan menggunakan aplikasi Halodoc lho. Caranya praktis banget, tinggal pilih fitur Lab Service, dan petugas lab akan datang ke rumah untuk memeriksa kesehatanmu.

Nah, itulah cara-cara untuk mencegah penyakit alzheimer yang bisa kamu lakukan mulai sekarang. Jangan lupa download Halodoc juga ya di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan kamu.

Baca juga: