Ketahui Penyebab Munculnya Alergi pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ketahui-penyebab-munculnya-alergi-pada-anak-halodoc

Halodoc, Jakarta – Walaupun masih kecil, nyatanya anak-anak juga bisa mengalami alergi lho. Enggak hanya bisa mengganggu kenyamanan Si Kecil, gejala yang ditimbulkan alergi juga bisa mengganggu kesehatan fisik dan mentalnya. Karena itu, alergi pada anak sebaiknya jangan disepelekan. Segera cari tahu apa saja penyebab munculnya alergi pada anak di sini, agar ibu bisa memberikan penanganan yang tepat serta mencegah alergi anak kambuh kembali.

Mengenal Alergi pada Anak

Alergi adalah kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mengeluarkan reaksi yang berlebihan terhadap suatu zat yang memicu alergi atau yang disebut juga alergen. Sistem kekebalan tubuh ini kemudian akan menyerang alergen yang menyebabkan munculnya gejala-gejala pada tubuh.

Alergi pada anak bisa memengaruhi berbagai organ tubuh, mulai dari paru, kulit, saluran kencing, jantung, bahkan sampai saraf pusat pada otak. Selain itu, reaksi alergi yang dialami anak juga bisa sangat serius, bahkan membahayakan nyawa.

Baca juga: Kenali Jenis Alergi pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Alergi pada Anak

Sampai saat ini, penyebab alergi masih belum diketahui secara pasti. Namun, faktor genetik dipercaya sangat berpengaruh terhadap terjadinya alergi pada anak. Bila kedua orangtua memiliki riwayat alergi, maka risiko anak mengalami alergi meningkat hingga 70 persen. Selain faktor genetik, penyebab lain alergi pada anak secara umum bisa dibagi menjadi dua kategori, yakni:

1. Makanan

Makanan adalah penyebab alergi anak yang utama, sedangkan pada orang dewasa, alergi makanan sudah semakin berkurang. Berikut ini beberapa makanan yang paling sering menyebabkan alergi:

  • Kacang

  • Telur

  • Susu dan produk olahannya

  • Ikan atau seafood.

2. Bukan Makanan

Sedangkan penyebab alergi pada anak yang bukan disebabkan oleh makanan, yakni:

  • Zat yang berada di udara, seperti debu, serbuk sari bunga atau tanaman, dan bulu hewan peliharaan.

  • Zat kimia, seperti sabun, bahan kimia, ataupun logam.

  • Kecoa.

  • Tungau yang sering ditemukan pada kasur dan kapuk.

Baca juga: Saat Anak Kena Alergi Susu, Atasi dengan Cara Ini

Waspadai Gejalanya

Selain mengetahui penyebab alergi pada anak, gejala yang ditimbulkan oleh reaksi alergi pun penting untuk diketahui. Dengan begitu, ibu bisa segera memberikan penanganan pada anak untuk meredakan gejala alergi. Secara umum, berikut ini gejala alergi pada anak yang sering terjadi:

  • Timbul ruam merah yang terasa gatal pada kulit.

  • Sesak napas atau kesulitan untuk bernapas.

  • Batuk atau bersin terus menerus, hidung berair, dan mata terasa gatal.

  • Perut terasa mual.

Baca juga: 4 Alergi Kulit yang Bisa Terjadi pada Bayi

Cara Mengatasinya

Nah, setelah mengetahui penyebab alergi pada anak, ibu bisa memberikan penanganan sesuai penyebabnya tersebut. Namun, cara terbaik untuk mengatasi alergi pada anak sebenarnya adalah dengan menghindarkan anak dari pemicunya (alergen).

Misalnya, bila alergi anak disebabkan oleh makanan, maka hindarkan anak dari makanan yang berpotensi menyebabkan alergi, terutama kacang-kacangan. Sedangkan untuk menghindarkan anak dari alergi debu, tungau, jamur, dan kecoak, ibu perlu menjaga kebersihan rumah, mulai dari tempat tidur, ruangan dan mainan Si Kecil.

Untuk meredakan gejala alergi pada anak, ibu juga bisa memberikan obat-obatan, seperti obat antihistamin dan kortikosteroid. Namun, bila gejala alergi semakin parah, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Itulah beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab munculnya alergi pada anak. Untuk mengetahui penyebab alergi pada anak secara pasti, ibu bisa membuat janji dengan dokter pilihan untuk melakukan pemeriksaan pada anak di rumah sakit sesuai domisili melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.