Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

Halodoc, Jakarta – Usia kehamilan ibu kini sudah memasuki minggu kedelapan. Ini artinya, ibu telah memasuki usia 2 bulan dari periode 9 bulan kehamilan. Di minggu ini, janin sudah memiliki bentuk wajah yang lebih jelas dan semakin aktif bergerak. Sedangkan untuk ibu, indra penciuman akan semakin sensitif. Selain itu, ibu juga sering merasa mual dan cepat lelah.

Di usia kehamilan 8 minggu, bayi ibu sudah sebesar kacang merah dengan panjang sekitar 2,7 sentimeter. Bentuk wajahnya pun semakin jelas, mulai dari telinga, bibir atas, dan ujung hidungnya sudah mulai terlihat. Mata janin juga terlihat lebih jelas karena retina sudah mulai mengembangkan pigmen.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 9 Minggu

Jemari tangan dan kaki Si Kecil sudah muncul meskipun masih berselaput. Karena itu, janin baru bisa menekuk siku dan pergelangan tangannya saja. Meskipun ibu mungkin belum merasakan pergerakannya, namun bayi sebenarnya sudah mulai bergerak aktif lho. Ia sudah bisa melakukan banyak hal sekarang, termasuk melenturkan pergelangan tangannya.

Baca juga: Ini Pergerakan Bayi di Dalam Kandungan

Yang paling penting dalam periode ini adalah organ-organ dalam tubuhnya mulai terbentuk dan ekor berudu yang tadinya ada pada janin sudah mulai menghilang. Itulah mengapa janin sudah bisa menunjukkan pergerakan dan pergeseran yang cukup stabil. Sementara otot dan sarafnya yang sudah terbentuk lebih dulu dan perlahan-lahan sudah mulai berfungsi. Usus janin juga terus bertumbuh hingga perut ibu tidak memiliki cukup ruang untuk menyimpannya, sehingga usus bayi akan menonjol di luar tali pusat sampai minggu ke-12.

Selain itu, di usia 8 minggu ini, alat kelamin bayi juga sudah mulai terbentuk. Tapi, belum cukup untuk mengetahui apakah bayi ibu berjenis kelamin laki-laki atau perempuan.

Perubahan dalam Tubuh Ibu pada Usia 8 Minggu Kehamilan

Pada minggu kedelapan usia kehamilan ini, perubahan pada fisik ibu juga sudah mulai kelihatan. Kini payudara ibu sudah semakin besar, sehingga ibu mungkin membutuhkan ukuran bra yang lebih besar dibandingkan bra yang sekarang digunakan. Bagian pinggang ibu pun mungkin sudah lebih mengembang dan besar dibandingkan ukuran ibu sebelumnya. Karena itu, ibu perlu mengganti ukuran celana dengan yang lebih besar agar tetap nyaman. Hindari menggunakan celana yang ketat atau jeans demi keselamatan sang buah hati agar ia tidak tertekan di dalam rahim yang akan membuat perkembangannya menjadi terhambat.

Baca juga: Tips Memililh Underwear yang Nyaman Untuk Ibu Hamil

Gejala Kehamilan di Usia 8 Minggu

Perubahan hormon dan perkembangan janin di usia 8 minggu akan membuat ibu mengalami beberapa gejala kehamilan berikut:

  • Indra penciuman ibu akan semakin sensitif akibat perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh ibu. Ibu mungkin akan merasa sangat tidak suka pada aroma-aroma tertentu.

  • Payudara ibu tidak hanya akan membesar, namun juga terasa lebih berat karena lobulus yang memproduksi ASI sudah mulai membesar.

  • Mual dan cepat lelah mungkin masih sering dialami ibu di minggu ini.

  • Ibu bisa mengalami kram perut akibat ligamen pada perut yang meregang karena rahim membesar.

  • Masalah pencernaan, seperti konstipasi, perut kembung, atau mules adalah keluhan yang sering terjadi di usia 8 minggu kehamilan. Ibu enggak perlu khawatir, karena kondisi ini adalah wajar. Tapi, bila masalah pencernaan tersebut sangat mengganggu ibu, segeralah menemui dokter.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Susah BAB saat Hamil?

  • Peredaran darah dalam tubuh ibu juga akan meningkat secara bertahap. Pada akhir masa kehamilan, ibu mungkin akan memiliki satu setengah liter darah lebih banyak.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 9 Minggu

Perawatan Kehamilan di Usia 8 Minggu

Meskipun selera makan ibu mungkin hilang di minggu kedelapan ini, namun ibu tetap harus makan dengan teratur dan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Ini karena bayi sedang mengalami pertumbuhan yang pesat pada masa ini, sehingga penting sekali bagi ibu untuk memenuhi semua asupan nutrisi yang diperlukan bayi.

Hal penting lainnya yang perlu ibu lakukan di minggu kehamilan ini adalah memenuhi asupan kalsium yang cukup. Ingat juga mengonsumsi vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Selain itu, download juga Halodoc sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan. Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa menghubungi dokter untuk membicarakan masalah kehamilan yang ibu alami kapan saja dan di mana saja.

Lanjut ke Perkembangan Janin Usia 9 Minggu