Perlu Ketahui, Jenis-Jenis Kanker Testis

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Perlu Ketahui, Jenis-Jenis Kanker Testis

Halodoc, Jakarta – Bagi pria, menjaga kesehatan organ vital adalah hal yang menjadi perhatian. Banyak gangguan kesehatan yang menyerang organ vital para pria, salah satunya adalah kanker testis. 

Baca juga: Kanker Testis Sebabkan Kemandulan, Mitos atau Fakta?

Kanker testis adalah penyakit yang membahayakan sel-sel pada testis tumbuh secara tidak terkendali. Umumnya, penyakit kanker testis dialami oleh pria yang memasuki usia 15 hingga 49 tahun. Tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis kanker testis lebih banyak untuk pencegahan yang tepat.

Inilah Jenis Kanker Testis

Testis adalah salah satu organ yang cukup vital pada pria dan berada dalam skrotum. Testis memiliki peran yang cukup penting pada reproduksi pria yaitu menghasilkan hormon testosterone dan sperma.

Bagian testis dapat mengalami kanker karena disebabkan oleh beberapa hal, seperti adanya riwayat keluarga dengan kondisi yang serupa. Perkembangan testis yang tidak optimal dapat menyebabkan testis tidak turun atau yang dikenal juga dengan kondisi kriptorkismus.

Kondisi kriptorkismus yang tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker testis. Pengidap kanker testis rentan untuk mengalami kondisi yang serupa. Jangan lupa untuk rutin lakukan pemeriksaan setelah penyakit kanker testis dinyatakan sembuh. Pemeriksaan bisa kamu lakukan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kanker testis yang kamu alami.

Baca juga: Waspada, Kriptorkismus Bisa Sebabkan Kanker Testis

Meskipun berbahaya, kanker testis adalah penyakit yang jarang terjadi. Sel yang bertumbuh secara tidak terkendali nyatanya memiliki jenis yang berbeda. Kondisi ini yang membuat kanker testis terbagi menjadi beberapa jenis, seperti:

1. Kanker Testis Sel Nutfah

Jenis ini yang paling umum terjadi pada pria. Sel nutfah adalah salah satu sel yang digunakan oleh tubuh untuk membentuk sperma. Kanker testis sel nutfah terbagi menjadi dua jenis, seminoma dan nonseminoma.

2. Kanker Testis Limfoma

Kanker testis jenis ini menjadi salah satu jenis yang cukup jarang terjadi. Tidak ada salahnya untuk menjaga kesehatan testis agar terhindar dari penyakit kanker testis jenis ini. 

3. Tumor Sel Leydig

Tidak hanya jenis limfoma, jenis tumor sel leydig juga menjadi jenis kanker testis yang cukup jarang dialami oleh para pria.

4. Tumor Sel Sertoli

Jenis kanker testis tumor sel sertoli merupakan penyakit kanker testis yang sangat jarang terjadi.

Ketahui Gejala yang Dialami oleh Pengidap Kanker Testis

Biasanya, penyakit kanker testis diketahui dengan munculnya gejala seperti munculnya benjolan atau pembengkakan pada salah satu testis. Gejala ini adalah gejala yang umum terjadi dan sebaiknya kamu tidak menyepelekan setiap benjolan yang muncul pada bagian testis. Biasanya, benjolan atau pembengkakan karena kanker testis menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

Selain itu, pengidap kanker testis rentan mengalami rasa nyeri maupun pegal pada bagian testis maupun skrotum. Biasanya, pengidap kanker testis juga lebih mengalami perubahan rasa yang tidak nyaman pada bagian skrotum.

Baca juga: Pentingnya Periksa Testis Mandiri untuk Cegah Kanker

Gejala lain pada pengidap penyakit kanker testis adalah tubuh yang lebih mudah mengalami kondisi lelah. Hal ini disebabkan adanya timbunan cairan pada skrotum. Lakukan pemeriksaan pada gejala yang muncul, karena ada beberapa penyakit yang memiliki gejala mirip dengan kanker testis, seperti penyakit varikokel.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Testicular Cancer
Cancer. Diakses pada 2019. What Is Testicular Cancer?
Medscape. Diakses pada 2019. Testicular Cancer