15 September 2017

Selingkuh Perasaan Tanpa Disadari, Salahkah?

Selingkuh Perasaan Tanpa Disadari, Salahkah

Halodoc, Jakarta – Saat ini selingkuh sudah sering kali terjadi di dalam suatu hubungan suami-istri, bahkan telah menjadi kebiasaan bagi orang yang pernah melakukannya. Selingkuh sendiri terbagi dalam berbagai kategori, termasuk diantarannya selingkuh dalam perasaan emosional atau biasa disebut dengan emotional affair. Ini tentulah salah karena merupakan bentuk kecurangan di dalam sebuah hubungan yang mungkin saja pernah kamu lakukan. Tanpa di sadari, kamu akan terhanyut dalam perasaan emosional yang salah dengan orang yang sebenarnya bukanlah pasanganmu dan tak dipungkiri hal tersebut sebenarnya akan dekat dengan “perceraian”.

Berdasarkan penelitian dari ahli psikiatri, New York – Presbyterian Hospital, Gail Saltz, “selingkuh dengan dilibati rasa emosional memungkinkan untuk terlibat pada hubungan seksual”.

Kedekatan emosional tersebut pun lebih banyak digandrungi oleh kaum pria dengan penyebab yaitu hilangnya rasa kedekatan emosional dengan pasangannya. Selingkuh hati pun melibatkan sisi secara emosional, seperti berkomunikasi secara rutin sehingga adanya kedekatan, dan berlanjut pada saling menyukai dengan diikuti rasa mencintai.

Karena terjadinya selingkuh perasaan sulit untuk ditebak, berikut tanda-tanda yang bisa kamu ketahui apakah kamu sedang terlibat dalam selingkuh secara emosional:

 

  • Menjadi lebih fashionable dan berdandan untuk orang ketiga

Penampilan menarik demi pasangan, tentulah sangat disarankan. Namun, apabila kamu ingin berpenampilan menarik untuk orang lain selain pasanganmu, tentulah merupakan tanda kamu sedang selingkuh secara emosional.
 

  • Lebih terbuka untuk menceritakan masalah dan harapanmu

Karena banyaknya energi emosional yang diluapkan pada orang ketiga,  sehingga kamu lebih memilih untuk menceritakan masalahmu padanya dengan diikuti rasa emosional dan bahkan sedih jika kamu diabaikan.
 

  • Adanya rasa ketergantungan

Terlalu sering berkomunikasi dengan si Dia, membuatmu menjadi “aku tak bisa hidup tanpamu”. Hal tersebutlah yang menimbulkan timbulnya rasa ketergantungan.
 

  • Sering meluangkan waktu berdua untuk bisa bersama

Menganggap orang ketiga begitu penting, membuat kamu ingin selalu bersama dengannya tanpa ingin kehilangan sedikit waktupun.
 

  • Sering berbagi untuk menceritakan problematika keluarga pada orang tersebut

Mengungkapkan isi hati atau curhat pada teman lawan jenis merupakan peluang utama terjadinya selingkuh perasaan. Seperti yang dilansir oleh psikologi Universitas Medan Area, “curhat mengenai masalah keluarga pada teman lawan jenis, membuat kamu membuka jalan bagi suami-istri melakukan perselingkuhan”.
 

  • Merahasiakan keberadaan saat melakukan pertemuan atau bahkan obrolan melalui media komunikasi

Pada saat melakukan hubungan perselingkuhan, orang cenderung untuk mengumpatkan hubungan yang sedang dijalaninya tersebut pada pasangannya. Hal tersebut  bertujuan agar orang lain tak ada yang mengetahuinya.

Lalu tahukah kamu bagaimana cara menghentikan selingkuh emosional? Berikut empat cara yang bisa dilakukan yaitu:

  1.  Berikan rasa kesadaran pada diri sendiri jika tindakan yang kamu lakukan pada orang lain merupakan kesalahan besar
  2.  Jangan memupuk perasaan berlebihan dari orang lain yang memang bukan pasanganmu
  3.  Hindari untuk berpergian atau bertemu berdua. Jikalau memang perlu, kamu bisa mengatasinya dengan mengajak teman atau saudara
  4.  Mintalah bantuan pada orang lain seperti psikolog, terapis dan teman dekat yang bisa mengeluarkan kamu dari hubungan tersebut.


Untuk itu kamu dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai cara untuk mengatasi selingkuh emosional pada ahli spesialis kesehatan jiwa, tanpa perlu pergi ke rumah sakit dengan aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubunginya melalui Voice/Video Call dan Chat di Halodoc hanya dengan menggunakan smartphone, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan dan akan diantar dalam waktu 1 Jam. Yuk! download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play.