28 September 2018

Skincare Jepang Vs Korea, Pilih Mana?

skincare jepang vs korea pilih mana

Halodoc, Jakarta – Sekarang ini semakin banyak wanita Indonesia yang gemar merawat kulit wajahnya dengan menggunakan skincare yang bagus dan aman. Hal ini merupakan kebiasaan yang baik karena kulit wajah memang butuh asupan nutrisi yang terdapat dalam produk skincare agar tetap sehat, cantik, dan berseri. Di Indonesia sendiri, Asian skincare sedang populer dan banyak digemari, khususnya skincare Korea dan Jepang. Kedua negara tersebut memang menjadi seperti kiblat tren make up di kalangan orang Asia saat ini. Walaupun sama-sama merupakan produk perawatan kulit dari Asia, tetapi ternyata skincare asal Korea dan Jepang ini mempunyai sejumlah perbedaan, lho. Yuk, cari tahu apa saja perbedaannya dan tentukan mana yang paling cocok buat kamu.

1. Glowing Skin Vs Matte Skin

Perbedaan pertama dari skincare Korea dan Jepang yang perlu kamu tahu adalah hasil akhir atau skin goals yang akan kamu dapatkan. Kalau kamu perhatikan, wanita Korea lebih menyukai kulit wajah yang glowing, cerah, dan terlihat lebih muda. Itulah mengapa skincare Korea biasanya memiliki efek mencerahkan wajah dengan hasil akhir yang lembut dan dewy.

Sedangkan wanita Jepang, cenderung menyukai kulit wajah yang lembut, pipi merona natural, serta wajah yang matte, tetapi tetap kenyal dan sehat. Makanya, produk skincare Jepang memiliki formula yang bisa membuat kulit wajah tidak terlalu berminyak.

2. Bahan Alami Vs Inovasi

Selain itu, rahasia kecantikan wanita Korea lainnya adalah karena tradisi mereka yang menggunakan hanya bahan-bahan alami, seperti kacang hijau, beras, dan kamelia untuk menghidrasi dan menutrisi kulit wajah mereka. Itulah mengapa, banyak produk-produk skincare Korea yang menonjolkan bahan alami yang digunakan dan manfaatnya untuk kulit. Itulah mengapa ada banyak manfaat skincare dari Korea yang bisa kamu dapatkan.

Sebagian besar produk skincare Jepang juga menggunakan bahan-bahan alami, seperti nasi dan teh hijau. Namun, produk mereka juga menggunakan teknologi tinggi dan inovatif. Industri farmasi Jepang juga lebih ketat dibandingkan Korea. Produk kecantikan Jepang tidak boleh diproduksi tanpa penelitian atau bukti terlebih dahulu. Hal ini tentunya sesuai dengan standar tinggi yang dimiliki oleh negara itu sendiri. Hasilnya, produk skincare Jepang memiliki kualitas tinggi dan seringkali lebih efektif. Skincare Jepang mengandung bahan aktif yang mengandung konsentrasi lebih tinggi, tetapi tidak berbahaya bagi kulit wajah.

3. 10 Langkah Skincare Korea Vs Jepang

Hal selanjutnya yang membedakan skincare Korea dan Jepang adalah langkah-langkah perawatannya. Kamu pasti sudah tahu kalau wanita Korea terkenal akan tradisi menggunakan skincare-nya yang berlapis-lapis sampai 10 jenis skincare. Rutinitas perawatan kulit wajah Korea pagi hari terdiri dari oil cleanser, water-based cleanser, exfoliator, toner, essence, serum, sheet mask, eye cream, moisturizer, dan sunscreen. Wanita Korea menganggap masing-masing produk skincare tersebut memiliki manfaat masing-masing untuk kulit. Dengan menggunakan perawatan skincare berlapis ini, mereka bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Sedangkan perawatan kulit wajah ala Jepang, cenderung lebih sederhana. Daripada menggunakan perawatan yang berlapis, skincare Jepang lebih memfokuskan kebutuhan kulit yang lebih spesifik dengan satu lini produk. Misalnya, kamu bisa menemukan moisturizer pencerah wajah dengan formula yang sama, tetapi terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan jenis kulit.  

Baik produk skincare Korea dan Jepang sama-sama berkualitas tinggi dan terbukti bagus dan cocok dengan jenis kulit wajah wanita Asia. Kedua jenis ini merupakan skincare yang bagus dan aman. Namun, kamu bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit dan preferensi kamu. Kalau kamu ingin kulit wajah terlihat selalu awet muda dan glowing, produk skincare Korea lah yang paling cocok. Namun, bila kamu ingin kulit wajah yang halus, putih serta enggak pakai ribet, maka skincare Jepang jawabannya.

Bila kamu mengalami masalah seputar kecantikan kulit wajah, coba tanyakan saja ke dokter kulit lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: