12 December 2017

Terapkan Pola Makan Ini agar Tidur Lebih Nyenyak

Terapkan Pola Makan Ini agar Tidur Lebih Nyenyak

Halodoc, Jakarta - Aktivitas harian yang tinggi dan dipenuhi dengan kesibukan membuat tubuh membutuhkan banyak istirahat untuk dapat mengembalikan energi. Namun, tak jarang seseorang mengalami insomnia meski tubuh terasa sangat lelah. Sulit tidur di malam hari alias insomnia bisa menyerang siapa saja. Apakah kamu termasuk orang yang bermasalah dengan tidur malam?

Coba diingat, mungkin kamu punya kebiasaan makan yang salah. Sebab ternyata pola makan harian bisa mempengaruhi jadwal tidur seseorang, lho. Agar bisa tidur lebih nyenyak dan terhindar dari insomnia, coba terapkan lima pola makan berikut!

1. Waktu yang Tepat

Agar bebas dari insomnia pastikan kamu memilih waktu yang tepat untuk makan. Hindari makan terlalu malam, atau terlalu dekat dengan jam tidur. Sebab hal ini dapat mengacaukan proses metabolisme makanan. Alhasil, kamu mungkin akan mengalami gangguan pencernaan ketika tidur.

Makan terlalu berat di malam hari juga dapat mengganggu proses pengosongan lambung. Tidur dengan perut yang penuh malah dapat menyebabkan masalah yang lebih parah. Sebab kondisi ini dapat mendorong asam dan cairan lambung naik ke kerongkongan, hal ini dapat menyebabkan heartburn yang mengganggu tidur.

Selain itu, perhatikan juga porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak atau terlalu sedikit di siang hari. Terlalu banyak makan siang dapat membuat kamu tidak nafsu makan malam dan tidur dengan perut kosong. Sementara makan dengan porsi kecil di siang hari dapat meningkatkan nafsu makan di malam hari. Hal ini akan mendorong makan malam dalam porsi berlebihan. Kedua hal  ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mengganggu tidur malam.

2. Jangan Makan Berlemak

Jika kamu lapar di malam hari, hindarilah memakan makanan yang banyak mengandung lemak. Pasalnya menyantap makanan dengan kadar lemak tinggi sebelum tidur bisa membuat perut tidak nyaman. Makanan berlemak juga mungkin akan membuat perut terlalu penuh dan menyebabkan heartburn alias rasa panas seperti terbakar dan rasa sakit di balik tulang dada serta tenggorokan. Kalau ini yang terjadi, tidur malammu pasti akan terganggu.

3. Batasi Kafein

Beberapa orang mungkin tak akan bermasalah dengan tidur meski mengonsumsi banyak kafein. Namun ada pula orang yang memiliki  toleransi kafein rendah, hal ini bisa menyebabkan sensitivitas terhadap kafein berbeda-beda.

Sudah bukan lagi rahasia bahwa kafein bisa membuat seseorang lebih terjaga dan cenderung sulit tidur di malam hari. Hal ini menjadikan kafein adalah satu zat yang harus dibatasi atau dihindari jika ingin tidur lebih nyenyak di malam hari. Beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein adalah kopi, teh, dan cokelat. Sejumlah minuman bersoda dan minuman penambah energi juga sering kali mengandung kafein.

4. Hindari Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol bisa menjadi bumerang dan membuat seseorang terjaga sepanjang malam. Karena proses metabolisme tubuh terhadap alkohol biasanya berjalan cepat dan bisa membuat tidur tidak nyaman. Sebab kamu mungkin akan sering terbangun di malam hari.

Selain alkohol, sebaiknya hindari juga terlalu banyak mengonsumsi cairan sebelum tidur. Sebab terlalu banyak minum dapat menyebabkan kamu sering bangun di malam hari untuk pergi ke kamar kecil.

5. Perbanyak Karbohidrat

Salah satu cara untuk menghindari insomnia adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Hal itu sesuai dengan rekomendasi dari hasil studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Periset menemukan bahwa makan malam dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membuat seseorang tertidur lebih cepat.

Sebab makanan dengan karbohidrat kompleks bisa meningkatkan kadar serotonin yang membuat tubuh menjadi lebih relaks. Kamu bisa memilih roti gandum dan sereal dengan susu untuk memenuhi asupan karbohidrat di malam hari. Atau segelas susu hangat dengan campuran madu juga bisa kamu coba untuk tidur yang lebih nyanyak.

Jika insomnia berlanjut dan kamu butuh saran dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Membeli produk kesehatan pun sangat mudah dengan Halodoc, pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.