01 October 2018

Waspada Potensi Psikopat Jika Pasangan Lakukan 5 Hal Ini

waspada potensi psikopat jika pasangan lakukan 5 hal ini

Halodoc, Jakarta – Psikopat adalah salah satu gangguan kepribadian yang ditandai dengan beberapa ciri, seperti perilaku antisosial, tidak memiliki perasaan empati, dan memiliki temperamen yang sangat sulit diprediksi. Banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi psikopat. Biasanya, gangguan ini disebabkan karena adanya gangguan genetik dan juga pengalaman trauma yang pernah dialami oleh orang tersebut.

Nyatanya kamu perlu waspada dengan gangguan ini karena dapat memberikan dampak buruk bagi orang disekelilingnya. Termasuk kamu jika memiliki pasangan yang memiliki gejala-gejala awal gangguan kepribadian psikopat ini. Banyak ciri yang bisa kamu kenali jika pasangan kamu memiliki gejala sebagai psikopat. Seperti kurangnya rasa empati yang ditunjukan oleh pasangan untukmu maupun lingkungannya, pernah melakukan perbuatan kriminal, serta tidak pernah terlihat menyesal dengan keburukan yang telah dilakukan dan ceroboh.

Tidak hanya itu, sebaiknya kamu perlu waspada potensi psikopat jika pasangan melakukan beberapa hal ini:

1. Berusaha Menjadi Penguasa dalam Hubungan

Menjaga pasangan satu sama lain adalah hal yang perlu dilakukan saat membina suatu hubungan. Namun, bagaimana jika pasangan terlalu berlebihan dalam satu hubungan? Hal ini bisa dikatakan posesif. Sebaiknya kamu perlu waspada saat pasangan terlihat ini berusaha menjadi penguasa atau dominan dalam hubungan kalian. Biasanya, saat pasangan ingin terlihat berkuasa atau dominan, maka pasangan akan berusaha mengekang, melarang, dan mengontrol kegiatan apapun yang akan kamu lakukan. Bahkan, tidak jarang pasangan memutuskan kegiatan apa saja yang boleh kamu lakukan. Pasangan akan bersikap dominan sehingga apapun yang dia inginkan harus diikuti.

2. Tidak Memberi Kesempatan Berpendapat

Sebuah ciri hubungan yang sehat adalah hubungan yang membuat kamu bisa berpendapat dengan bebas bersama pasangan. Sebaiknya hindari jika pasangan tidak memberikan kamu berpendapat dan melakukan apa yang menurutmu baik. Tidak hanya itu, setiap orang memiliki hak untuk mengeluarkan pendapatnya. Jika pasangan kamu tidak memberi kesempatan untuk berpendapat, artinya pasangan juga tidak menghargai dan juga mengambil hak kamu.

3. Sering Menjatuhkan Harga Diri Kamu

Dalam menjalani suatu hubungan, sebaiknya kamu dan pasangan harus bisa menerima kekurangan dan kelebihan satu sama lain. Jangan pernah menunjukkan kekurangan atau kesalahan kamu kepada orang lain. Jika kamu memiliki pasangan yang selalu menjatuhkan harga dirimu di depan banyak orang, maka kamu perlu mewaspadai perilaku pasangan. Hati-hati terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

4. Mencari Kesalahan Orang Lain

Semua orang pasti pernah mengalami kesalahan, termasuk pasangan kamu. Namun, jika saat pasangan melakukan kesalahan dan mencari kesalahan orang lain tentu kamu perlu waspadai gejala gangguan kepribadian pada pasanganmu. Seorang psikopat biasanya tidak pernah mau disalahkan. Psikopat akan selalu merasa dirinya bertindak dengan baik sehingga akan sangat marah jika ada orang yang menyalahkan dirinya. Tidak jarang, pasangan akan sering menyalahkan kamu pada kesalahan yang dia lakukan.

5. Sering Berbohong

Waspada jika pasangan kamu sering berbohong. Sifat pembohong memang paling lekat dan sulit dihilangkan dari sifat psikopat.

Psikopat biasanya akan tampil normal seperti orang biasa. Namun jika kamu memiliki pasangan dengan tanda-tanda yang mencurigakan, kamu bisa bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Evaluasi psikologi bisa saja dilakukan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: