02 November 2018

Waspadai 6 Penyakit yang Ditandai dengan Kaki Kesemutan

Waspadai 6 Penyakit yang Ditandai dengan Kaki Kesemutan

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasa kaku dan kebas di bagian kaki? Kondisi ini sering disebut dengan nama kesemutan. Kaki kesemutan sering terjadi karena terlalu lama duduk bersila, berlutut, ataupun menekan kaki pada satu posisi dalam jangka waktu yang panjang.

Kesemutan umumnya terjadi apabila satu bagian tubuh terbebani, sehingga mengalami hambatan suplai darah ke saraf yang mengarah pada bagian tubuh tersebut. Meski begitu, kesemutan di kaki ternyata juga bisa menjadi gejala penyakit, lho!

Kesemutan ditandai dengan rasa, seperti ditusuk-tusuk, terbakar, gali, bahkan mati rasa di salah satu atau kedua kaki. Namun biasanya, kondisi tersebut akan berlangsung sementara saja dan menghilang secara perlahan. Tapi terkadang, kesemutan bisa terjadi dalam jangka waktu yang lebih panjang yang merupakan tanda penyakit tertentu. Lantas, apa saja penyakit yang sering ditandai dengan gejala kesemutan di kaki?

1. Penyakit Sistemik

Kesemutan di kaki bisa menjadi tanda penyakit sistemik, yaitu sebuah penyakit yang memengaruhi kondisi tubuh secara umum. Biasanya, kesemutan yang terjadi karena penyakit ini berlangsung dalam waktu yang panjang dan bersifat kronis.

Beberapa penyakit sistemik yang memiliki gejala kaki kesemutan di antaranya, gangguan hormon, seperti hipotiroid atau tumor di saraf bisa menjadi faktor-faktor penyebab. Selain itu, gangguan ginjal, penyakit hati, dan berbagai penyakit darah juga bisa menjadi penyebab kesemutan di kaki.

2. Saraf Kejepit

Sindrom saraf kejepit juga masuk dalam daftar penyakit yang sering menyebabkan kaki kesemutan. Salah satu saraf kejepit yang memicu rasa kebas dan kesemutan di kaki adalah herniasi nukleus pulposus.

3. Kekurangan atau kelebihan vitamin

Asupan vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghindari virus penyebab penyakit menyerang. Nah, saat seseorang kurang mengonsumsi vitamin maka kaki kesemutan sering muncul sebagai salah satu gejala.

Misalnya, saat tubuh kekurangan vitamin B12, kesemutan adalah hal yang sering muncul terutama di kaki. Sebaliknya, kelebihan vitamin ternyata juga bisa menjadi penyebab munculnya kesemutan di kaki dan tangan. Salah satu yang sering mengakibatkan kesemutan adalah kelebihan vitamin B6.

4. Keracunan

Kesemutan di kaki juga bisa menjadi tanda bahwa ada tumpukan racun di dalam tubuh. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab keracunan dalam tubuh. Mulai dari keracunan yang disebabkan oleh berbagai bahan kimia atau paparan zat tertentu. Kesemutan di kaki juga bisa terjadi karena konsumsi jenis obat-obatan tertentu.

5. Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit penyebab kesemutan yang paling dikenal. Pasalnya, kaki kesemutan memang kerap kali diidentikkan sebagai gejala awal dari penyakit ini. Biasanya, pengidap diabetes akan mengalami mati rasa diikuti kesemutan yang seringkali terjadi di kedua kaki dan naik ke lengan.

6. Kecanduan Alkohol

Terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol bisa menjadi penyebab seseorang mengalami kaki kesemutan. Hal itu bisa terjadi karena dua hal, yaitu kerusakan saraf yang timbul akibat kecanduan dan defisiensi tiamin serta vitamin penting lainnya di dalam tubuh. Kondisi ini memang sering terjadi pada orang yang kecanduan alkohol.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Baca juga: