4 Olahraga untuk Pengidap Emfisema

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Olahraga untuk Pengidap Emfisema

Halodoc, Jakarta - Emfisema adalah penyakit yang menyerang paru-paru sehingga pengidap emfisema akan kesulitan bernapas karena napasnya terlalu pendek. Sebetulnya banyak penyakit yang menyebabkan pengidapnya sulit bernapas seperti asma, bronkitis kronis, atau mereka yang memiliki kelainan otot dada. Sementara pada pengidap emfisema, bagian kantung udara pada paru-paru semakin melemah, bahkan emfisema yang lebih parah bisa mengurangi ukuran permukaan paru-paru.

Dengan melakukan gaya hidup sehat, pengidap emfisema tidak akan mengalami masalah yang berarti. Salah satu yang bisa dilakukan pengidap agar tubuhnya selalu bugar adalah dengan berolahraga. Namun olahraga yang dilakukan tidak boleh sembarang, sebab kita semua tahu saat olahraga pernapasan yang baik sangat dibutuhkan. Ini jenis olahraga untuk pengidap emfisema yang disarankan untuk dilakukan rutin, di antaranya:

  • Berjalan Kaki

Olahraga tidak selalu jenis aktivitas yang berat, asal dilakukan pada saat yang tepat secara rutin maka manfaatnya dapat dirasakan. Salah satu olahraga ringan dan merupakan jenis olahraga yang cocok untuk pengidap emfisema adalah jalan kaki. Pengidap emfisema dapat melakukannya kapan saja dan di mana saja. Berjalan kaki dikenal sebagai olahraga yang baik untuk menyesuaikan dengan pola pernapasan.

Lama kelamaan pengidap emfisema dapat membangun kapasitas pernapasan yang lebih baik lagi. Pastikan olahraga ini dilakukan dengan santai dan tidak memaksakan diri. Jika sudah terbiasa, barulah tingkat latihan bisa ditambahkan mengikuti kemampuan tubuh.

  • Yoga

Jenis olahraga yang cocok untuk orang dengan emfisema selanjutnya adalah yoga. Olahraga ini terbilang santai dan tidak memerlukan banyak kapasitas jantung dan pembuluh darah. Kamu dapat menyesuaikan gerakannya dengan kemampuan tubuhmu. Pastikan lakukan banyak gerakan peregangan untuk menaikkan detak jantung. Melakukan yoga secara rutin tidak menimbulkan risiko yang berarti bagi mereka yang memiliki napas pendek.

  • Tai Chi

Olahraga jenis ini tidak berbeda jauh dari yoga yang dapat memberikan manfaat pada kualitas pernapasan. Dalam tai chi dikenal dua jenis pernapasan, yaitu pernapasan dada dan perut. Napas dada lebih bermanfaat untuk keseimbangan tubuh, dan napas perut lebih efektif untuk keseimbangan jiwa.

Jika kedua jenis pernapasan tersebut dilakukan dengan prinsip pernapasan tai chi, maka bisa memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan. Gerakan tai chi yang lambat dan anggun dapat membuat tubuh lebih rileks, menenangkan pikiran, memperbaiki postur, dan menjaga keseimbangan tubuh.

  • Berenang

Jenis olahraga untuk pengidap emfisema selanjutnya adalah renang. Setiap jenis gerakan ini dilakukan di dalam air, sehingga cocok untuk orang dengan napas pendek. Pengidap emfisema dapat melakukan renang dan juga gerakan senam di air yang dapat membuat tubuh semakin lentur dan sehat. Dengan begini, maka tingkat kebugaran semakin tinggi lagi sehingga kamu tidak mudah mengalami sesak napas.

Itulah jenis olahraga untuk pengidap emfisema yang sangat disarankan untuk melatih pernapasan. Jika kamu mengalami masalah pernapasan, kamu bisa langsung bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca Juga: