5 Makanan yang Baik untuk Atasi Nyeri Sendi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-makanan-yang-baik-untuk-atasi-nyeri-sendi-halodoc

Halodoc, Jakarta – Mengidap penyakit radang sendi atau disebut juga artritis memang sangat tidak nyaman. Pasalnya saat kambuh, bagian tubuh yang terkena radang sendi bisa terasa nyeri, hangat, memerah, dan bengkak.

Selain itu, radang sendi juga membuat kamu tidak bisa bergerak dengan leluasa karena sendi yang mengalami peradangan menjadi kaku dan sulit digerakkan. Namun ternyata, ada beberapa jenis makanan yang bisa menyokong kesehatan sendi kamu, sehingga gejala radang sendi bisa membaik. Yuk, cari tahu di sini.

Baca juga: Nyeri Sendi Harusnya Lebih Akif Bergerak

Bagi kamu yang sering mengalami nyeri sendi, makanan yang kamu butuhkan adalah yang mengandung antioksidan. Komponen ini dikenal mampu melawan radikal bebas yang menjadi penyebab sendi bermasalah. Nah, kamu mendapatkan antioksidan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dan selenium.

Makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut merupakan obat yang ampuh untuk melawan radikal bebas yang mengganggu sendi kamu. Selain itu, makanan yang mengandung omega-3s juga bisa menurunkan risiko pembengkakan atau masalah lain pada sendi.

Vitamin D juga dikenal sebagai nutrisi yang baik untuk membantu menjaga kesehatan sendi sekaligus tulang kamu. Vitamin D membantu tubuh kamu menyerap kalsium dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi.

Berikut makanan yang baik untuk menjaga kesehatan sendi dan meredakan nyeri sendi kamu:

1. Buah Ceri

Selain memiliki rasa yang sangat manis, buah ceri juga sangat cantik karena berwarna merah terang. Itulah sebabnya buah yang berukuran kecil sering dijadikan hiasan di atas kue ulang tahun. Ternyata warna merah terang buah ceri didapatkan dari bahan kimia natural bernama anthocyanins.

Berdasarkan beberapa penelitian, buah ceri segar atau jus buah ceri sudah terbukti efektif dalam mengatasi radang sendi. Buah ceri juga disebut-sebut mampu meringankan encok. Selain buah ceri, beberapa buah berwarna terang lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk meringankan nyeri sendi, antara lain bluberi, blackberry, ataupun buah delima.

2. Cabe Merah

Ada kabar baik buat kamu pecinta makanan pedas. Mengonsumsi cabai merah ternyata bisa membantu menjaga kesehatan sendi kamu, lho. Ini berkat kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi yang bisa membantu tubuh kamu membentuk kolagen.

Kolagen adalah protein yang terdapat dalam tulang lunak, tendon, dan ligamen yang berfungsi sebagai bantalan untuk sendi sekaligus merekatkan sendi kamu. Selain cabai merah, makanan lainnya yang juga kaya akan vitamin C yang baik untuk nyeri sendi adalah jeruk, tomat, dan nanas.

3. Salmon

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa salmon juga adalah makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan sendi. Faktanya, salmon mengandung kalsium dan vitamin D yang bisa membuat tulang kamu tetap kuat.

Selain itu, salmon juga mengandung omega-3s yang bisa mengurangi masalah pada sendi kamu. Selain salmon, kamu juga bisa mengonsumsi yoghurt atau susu low-fat yang juga kaya akan kalsium dan vitamin D untuk sendi yang sehat.

Baca juga: Sudah Tahu Ini? 10 Makanan Sumber Kalsium Selain Susu

4. Oatmeal

Tahukah kamu, makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti oatmeal bisa meringankan radang sendi, sebaliknya makanan yang terbuat dari refined grains, seperti tepung putih, justru bisa mengakibatkan peradangan. Makanan yang terbuat dari tepung memang bisa memberimu energi sekaligus memperkuat otot dan tulang, sehingga kamu bisa melakukan aktivitas fisik dengan baik.

Namun secara bersamaan, makanan tersebut juga bisa membuat sendi kamu menjadi tegang. Jadi, daripada mengisi tenagamu dengan sepiring nasi goreng pakai sosis, lebih baik makan oatmeal dengan buah, kacang-kacangan, dan yoghurt.

5. Kunyit

Kunyit termasuk tanaman obat yang cukup populer di Indonesia. Kunyit dikenal juga dengan curcuma longa, karena tanaman ini mengandung komponen bernama kurkumin. Nah, kurkumin inilah yang bisa bekerja seperti ibuprofen yang bisa meringankan nyeri sendi pada lutut.

Baca juga: 3 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Pengidap Osteofit

Nah, itulah 5 makanan yang baik untuk mengatasi nyeri sendi. Selain dengan mengonsumsi makanan sehat tersebut, kamu juga bisa mengatasi nyeri sendi dengan obat-obatan. Beli obatnya lewat aplikasi Halodoc saja. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan ibu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.