5 Cara Alami agar Rambut Tidak Mudah Rontok

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 April 2022

“Rambut rontok menjadi momok menyeramkan bagi sebagian orang. Konsumsi makanan tinggi protein dan melakukan perawatan rambut yang tepat jadi langkah mencegah rambut rontok.”

5 Cara Alami agar Rambut Tidak Mudah Rontok5 Cara Alami agar Rambut Tidak Mudah Rontok

Halodoc, Jakarta – Rambut rontok adalah siklus normal yang dialami oleh seluruh manusia. Jika tidak juga membaik, kamu perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini untuk mencegahnya semakin bertambah parah: 

1. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Dari jurnal Prevalence of Nutritional Deficiencies in Hair Loss among Indian Participants: Results of a Cross-sectional Study, beberapa peserta yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah. 

Jadi, tips mencegah rambut rontok dapat dilakukan dengan mencukupi protein dari makanan yang dikonsumsi. Beberapa jenis makanan dengan kandungan tinggi protein, seperti daging tanpa lemak, ikan dan makanan laut, serta produk susu.

2. Melakukan Yoga secara Teratur

Tips mencegah rambut rontok selanjutnya dilakukan dengan yoga. Cara ini dapat mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh stres. Berkaitan dengan pose atau gerakan yoga, kamu bisa melihatnya lewat video di internet.

3. Mengoleskan Jus Bawang Sebagai Masker Rambut

Dalam sebuah penelitian Onion Juice (Allium cepa L.), A New Topical Treatment for Alopecia Areata, mengoleskan jus bawang ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan rambut yang signifikan pada pria dan wanita dengan alopecia.

4. Melakukan Perawatan Rambut dan Kulit Kepala

Merawat rambut dan kulit kepala dengan benar dapat membantu mencegah rambut rontok. Cara ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu juga perlu menghindari mencatok, mengeriting, dan mewarnai rambut.

5. Menggunakan Minyak Kelapa

Sebuah studi yang tertuang dalam jurnal Health Effects of Coconut Oil—A Narrative Review of Current Evidence, menemukan bahwa minyak kelapa dapat membantu mencegah kerontokan rambut akibat paparan UV. 

Tips mencegah rambut rontok yang terakhir ini dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala. Tujuannya untuk memperkuat rambut dan menghindari kerontokan akibat kerusakan.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah rambut rontok. Jika rambut rontok tidak kunjung membaik, kamu disarankan untuk memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mengetahui penyebabnya.

Dengan melakukan pemeriksaan, dokter akan mengatasi masalah rambut rontok berdasarkan penyebab yang mendasari. Jika kamu ingin mengetahui informasi kesehatan lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga, ya!

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Hair Loss Prevention: 22 Tips to Help Save Your Hair.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to treat hair loss.
Better Health. Diakses pada 2022. Protein.
International Journal of Trichology. Diakses pada 2022. Prevalence of Nutritional Deficiencies in Hair Loss among Indian Participants: Results of a Cross-sectional Study
Khalifa E. Sharquie, Hala K. Al-Obaidi. Diakses pada 2022. Onion Juice (Allium cepa L.), A New Topical Treatment for Alopecia Areata.
Journal of the American College of Nutrition. Diakses pada 2022. Health Effects of Coconut Oil—A Narrative Review of Current Evidence.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan