23 October 2018

6 Faktor ini Bisa Jadi Penyebab Spina Bifida

6 Faktor ini Bisa Jadi Penyebab Spina Bifida

Halodoc, Jakarta - Spina bifida adalah kelainan bawaan yang terjadi karena tulang belakang dan saraf tulang belakang tidak terbentuk secara sempurna pada bayi sejak lahir. Kelainan ini dapat berdampak serius, karena kelainan tabung saraf bayi yang tidak terbentuk dengan benar. Tulang belakang yang seharusnya melindungi saraf tulang belakang tidak terbentuk secara normal.

Spina bifida merupakan bagian dari kelompok penyakit yang dapat disebut defek tuba neural. Tuba neural yaitu struktur pada janin yang akan berkembang menjadi otak dan saraf tulang belakang pada bayi, serta jaringan di sekitarnya. Umumnya, tuba neural akan terbentuk pada awal kehamilan dan berhenti 28 hari setelah konsepsi. Selain itu, biasanya kelainan ini terjadi pada bayi dengan jenis kelamin perempuan.

Faktor Penyebab Spina Bifida

Spina bifida dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain yaitu:

  1. Keturunan

Faktor keturunan dapat menjadi salah satu faktor bayi mengidap spina bifida dan mungkin saja terjadi pada keturunan-keturunan selanjutnya. Faktor keturunan tidak dapat dipersalahkan, karena memang bukan suatu pilihan. Walau begitu, kamu tidak perlu khawatir kelak bayi kamu mengidap spinal bifida. Ketika hal tersebut terjadi, kamu harus segera bertemu dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menanganinya.

  1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan bayi mengidap spina bifida. Ketika seseorang mengalami obesitas, biasanya ia akan kesulitan bernapas dengan normal. Obesitas tidak baik untuk kesehatan, apalagi untuk ibu hamil. Maka dari itu, ibu hamil disarankan untuk berdiskusi dengan dokter kandungan selama masa kehamilan. Hal itu untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin tetap sehat.

  1. Mengonsumsi Obat-obatan Berlebihan

Hal yang wajar bila seseorang yang sedang sakit mengonsumsi obat-obatan, tetapi tetap tidak dapat dilakukan sembarangan. Mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan dapat berdampak buruk jika obat tersebut tidak cocok dengan tubuh kamu. Selain itu, kamu juga harus meminimalisir jumlah konsumsi obat yang mengandung asam valproat dan karbamazepin. Kedua kandungan tersebut untuk mengobati epilepsi dan juga gangguan mental.

  1. Mengidap Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang dapat membahayakan nyawa mengidapnya, apalagi jika dialami oleh ibu hamil. Ketika diabetes dialami oleh ibu hamil, maka harus dilakukan penanganan khusus untuk mendapatkan langkah yang tepat. Sebab, ibu hamil yang mengidap diabetes cenderung memiliki risiko yang lebih besar untuk bayinya mengalami spinal bifida. Karena itu, dibutuhkan langkah-langkah khusus untuk penyembuhan.

  1. Kondisi Ibu Hamil Tidak Sehat

Kondisi ibu hamil sangat berkaitan dengan kondisi bayi yang ada dalam kandungannya. Ketika ibu hamil tidak sehat, bayi akan merasakan hal yang sama. Ibu hamil harus terus menjaga kondisi kesehatannya, mengonsumsi vitamin, serta makan makanan sehat.

  1. Kekurangan Asupan Asam Folat

Ibu hamil harus terus memperhatikan asupan asam folat, karena sangat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi dalam kandungan maupun nanti ketika sudah dilahirkan. Asam folat dapat memengaruhi pembentukan tabung saraf bayi seperti otak dan sumsum tulang belakang.

Ketika asupan asam folat tidak tercukupi, pembentukan tabung saraf pada bayi yang masih dalam tahap pertumbuhan dapat terhambat dan juga mengalami spina bifida. Jadi, sangat dianjurkan pada ibu hamil untuk selalu memperhatikan konsumsi asam folatnya.

Itulah 6 faktor yang dapat menjadi penyebab spina bifida. Jika ibu mempunyai pertanyaan lebih tentang spina bifida, dokter dari Halodoc siap membantu. Hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu.

Baca juga: