Ampuh Sembuhkan Banyak Penyakit, Ini Fakta Kulit Manggis

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Ampuh Sembuhkan Banyak Penyakit, Ini Fakta Kulit Manggis

Halodoc, Jakarta - Hampir semua jenis buah memiliki manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Manggis, buah dengan tekstur kulit yang cukup kasar dan tebal serta memiliki daging buah berwarna putih bersih ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Ternyata, manfaat buah satu ini lebih terkenal di bagian kulitnya. Saking terkenalnya, kini hadir ekstrak kulit manggis dalam bentuk kapsul yang lebih mudah dikonsumsi. 

Salah satu manfaat dari manggis adalah antioksidan, yang memiliki tugas utama untuk memerangi radikal bebas yang masuk ke tubuh. Antioksidan dari manggis ini termasuk vitamin C dan folat. Ada pula xanthose, sejenis senyawa unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat dengan menghasilkan efek antiinflamasi, antikanker, antipenuaan, hingga antidiabetik. 

Beragam Manfaat Kulit Manggis

Khasiat kulit manggis untuk menyembuhkan berbagai penyakit sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru negeri. Kulit manggis hadir sebagai pengobatan herbal yang banyak dikonsumsi sebagai alternatif dari pengobatan medis. Namun, kamu tentu saja harus bertanya terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi obat ini. Kalau tidak sempat ke dokter, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter kapan pun dan di mana pun.

Baca juga: Ini 5 Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Lalu, apa saja fakta menarik dari kulit manggis ini? Berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Dalam industri kesehatan dan kebugaran tubuh, salah satu klaim khasiat manggis adalah potensinya untuk membantu penurunan berat badan. Studi berjudul Mangosteen Extract Attenuates the Metabolic Disorders Of High-Fat-Feed Mice by Activating AMPK  yang ditulis oleh Chae HS, dkk. dan dipublikasikan dalam Journal Med Food pada tahun 2016 terbukti mengalami penurunan berat badan yang cukup signifikan. Masih diperlukan penelitian tambahan, tetapi efek antiinflamasi pada buah manggis dipercaya berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan. 

Baca juga: 9 Keajaiban Manggis Madu untuk Kesehatan

  • Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Serat dan vitamin C adalah nutrisi penting yang ditemukan pada manggis dan berperan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Serat mendukung bakteri sehat pada usus, sementara vitamin C dibutuhkan untuk berbagai sel imun dan kaya antioksidan. Sistem kekebalan tubuh membutuhkan banyak nutrisi agar bisa berfungsi dengan optimal, dan manggis bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini dibuktikan dengan studi berjudul Effect of A Mangosteen Dietary Supplement on Human Immune Function: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial yang ditulis oleh Tang YP, dkk. dan dipubliskasikan dalam J Med Food pada tahun 2009. 

  • Menjaga Kulit Tetap Sehat

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari adalah masalah umum dan menjadi penyumbang terbesar pada kasus kanker kulit dan beragam tanda penuaan lainnya. Studi berjudul Magosteen Pericarp Extract Inhibits the Formation of Pentosidine and Ameliorates Skin Elasticity yang ditulis oleh Ohno R, dkk., dan dipublikasikan dalam Journal Clinical Biochemical Nutrition tahun 2015 mengatakan bahwa seseorang yang diobati dengan 100 miligram ekstrak manggis setiap hari mengalami lebih banyak elastisitas pada kulit. 

Baca juga: Ini yang Dilakukan Setiap Hari Oleh Wanita Berkulit Sehat

  • Mengontrol Gula Darah

Khasiat lainnya dari ekstrak manggis adalah mengontrol gula darah. Studi berjudul Mangosteen Extract Shows a Potent Insulin Sensitizing Effect in Obese Female Patients: A Prospective Randomized Controlled Pilot Study yang ditulis oleh Watanabe M, dkk., dan dipublikasikan dalam Journal Nutrients pada tahun 2018 menunjukkan bahwa wanita gemuk yang menerima 400 miligram ekstrak manggis setiap hari memiliki pengurangan signifikan dalam resistensi insulin. 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. 11 Health Benefits of Mangosteen (and How to Eat It).
Watanabe, M., et al. 2018. Diakses pada 2019. Mangosteen Extract Shows a Potent Insulin Sensitizing Effect in Obese Female Patients: A Prospective Randomized Controlled Pilot Study. Nutrients.
Ohno, R., et al. 2015. Diakses pada 2019. Magosteen Pericarp Extract Inhibits the Formation of Pentosidine and Ameliorates Skin Elasticity. Journal Clinical Biochemical Nutrition.