• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bikin Wajah Cerah, Ini Manfaat Masker Tomat

Bikin Wajah Cerah, Ini Manfaat Masker Tomat

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Belakangan internet seringkali menjadi referensi orang untuk memilih produk perawatan wajah. Tidak hanya dengan produk-produk instan, bahan-bahan alami mulai dilirik karena biasanya tidak menimbulkan efek samping. Salah satu bahan alami tersebut adalah tomat. Tomat sering dijadikan masker wajah dan tersedia dalam kemasan instan.

Masker wajah yang terbuat dari tomat diklaim mampu mengatasi banyak masalah kulit. Tomat dikenal sehat karena mengandung antioksidan dan vitamin C, A, dan B. Kamu bisa mencampur tomat dengan bahan-bahan lain seperti gula mineral clay, mentimun, dan bahan lain untuk dijadikan masker wajah alami. Yuk, simak manfaat masker wajah berbahan tomat yang bisa didapatkan berikut! 

Baca juga: Usir Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Masker Wajah 

  • Mengurangi Risiko Sunburn

Tomat bukan pengganti tabir surya, tetapi kandungan likopen di dalam buah ini memiliki efek perlindungan dari matahari. Melansir Healthline, rutin menggunakan masker tomat memberikan perlindungan dari sunburn yang terjadi akibat sinar UV. Tomat juga menurunkan sensitivitas kulit terhadap radiasi sinar UV. Jika kamu tidak melihat ada perubahan pada kulit yang mengalami sunburn, segera konsultasikan dengan dokter di rumah sakit. Kamu bisa buat janji dengan dokter melalui Halodoc supaya lebih praktis. 

  • Merangsang Produksi Kolagen

Tomat adalah sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C membantu merangsang produksi kolagen. Jika diaplikasikan secara topikal, vitamin C dapat meningkatkan elastisitas kulit. Hasilnya, kulit menjadi lebih kencang. 

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Penggunaan masker wajah berbahan tomat juga memiliki manfaat eksfoliasi. Dengan tomat, maka terjadi pengelupasan sel kulit mati untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah alami. Hal ini meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit. Untuk membuat scrub tomat, campurkan gula dan tomat tumbuk. Selain wajah, kamu dapat menggosok scrub pada tubuh. 

Baca juga: Agar Lebih Optimal, Ini Cara Pakai Masker Wajah  yang Benar

  • Memiliki sifat Anti-Penuaan

Vitamin B dalam tomat juga penting untuk kesehatan kulit. Di dalam tomat terkandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan B9. Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan dan membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga mampu mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari.

  • Membantu Memerangi Kerusakan Sel

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di kulit. Hal ini dapat meningkatkan risiko keriput dan tanda-tanda penuaan. Nah, kandungan antioksidan seperti likopen dan vitamin C membantu memerangi radikal bebas. 

  • Melembapkan Kulit

Kulit kering yang tidak dirawat dengan baik dapat menyebabkan gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Dengan menggunakan masker wajah berbahan tomat dengan rutin, maka dapat mengatasi kekeringan. Hasilnya, kulit akan terhidrasi dengan baik sehingga membantu memberikan kelembapan.

Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Namun, Masker Tomat Bukan untuk Semua Orang

Masker tomat memang menawarkan banyak manfaat. Namun, bukan berarti masker tomat cocok digunakan untuk semua orang. Secara alami, tomat bersifat asam, dan beberapa orang bisa peka akan bahan alami ini. Efek samping dari yang terjadi, yaitu alergi seperti ruam, gatal, kemerahan, dan iritasi lainnya.

Sebelum menggunakan masker wajah berbahan tomat, coba oleskan sedikit jus tomat ke kulit dan lihat reaksi yang terjadi. Jika kulit tidak dapat mentolerir sifat asam dari masker wajah tomat, makan atau minum tomat bisa jadi alternatif. Intinya, kamu tetap dapat menggunakan tomat sebagai bahan alami yang baik untuk kulit.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Can You Use Tomatoes for Skin Care?
Hair Buddha. Diakses pada 2020. Tomato Face Mask: Get Flawless Skin Without Makeup.