Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Desember 2023

“Ada beberapa rekomendasi obat gatal di apotek yang mampu mengatasi berbagai penyebab gatal-gatal pada kulit. Contohnya Caladine Lotion, Caladine Cream, Diprosalic Salep, Hydrocortisone Cream, Cetirizine, hingga Salicyl Menthol Ika.

Ini Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di ApotekIni Rekomendasi 7 Obat Gatal pada Kulit yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

  1. Caladine Lotion 60 ml
  2. Caladine Cream 15 gram
  3. Diprosalic Salep 5 gram
  4. Hydrocortisone Cream 1 % 5 gram
  5. Cetirizine 10 mg 10 Tablet
  6. Orphen 4 mg 10 Kaplet
  7. Herocyn Bedak Kulit 50 g

Halodoc, Jakarta – Gatal-gatal pada kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari alergi kulit kering, eksim, dermatitis kontak, hingga gigitan serangga. Bila tidak ditangani dengan tepat, gatal pada kulit bisa mengganggu aktivitas pengidapnya, bahkan menyebabkan infeksi bila mengalami luka akibat digaruk. 

Sebaiknya konsultasikan pada dokter jika rasa gatal tak kunjung membaik. Namun, jika rasa gatal terjadi dalam intensitas ringan sampai sedang, kamu bisa mencoba beberapa rekomendasi obat gatal pada kulit di bawah ini!

Rekomendasi Obat Gatal pada Kulit di Apotek

Gejala yang muncul saat mengalami gatal dapat bervariasi, tergantung dari penyebabnya. Umumnya, yaitu ruam kemerahan, bengkak, dan sensasi rasa terbakar di area yang terkena. 

Terkadang tanda-tandanya juga berupa benjolan atau lepuhan kulit yang berisi cairan. Selain itu, kulit di area tersebut juga tampak kering, pecah-pecah, dan tampak bersisik.

Nah, mau tahu obat gatal pada kulit apa saja yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah ini?

1. Caladine Lotion 60 ml

Caladine Lotion 60 ml

Caladine Lotion adalah obat gatal dalam bentuk losion yang mengandung  calamine, zinc oxide dan Diphenhydramine HCL. Khasiatnya efektif mengatasi gatal akibat udara panas, serangga, dan biang keringat.

Dalam satu botol berukuran 60 ml obat gatal ini mengandung 5 persen calamine, 10 persen zinc oxide, dan 2 persen Diphenhydramine HCL. Sebelum mengaplikasikan, bersihkan kulit terlebih dulu.

Dosis penggunaan:

  • 2-4 kali sehari, setelah mandi.

Rentang harga:Rp20.900 – Rp21.000 per  botol.

Dapatkan Caladine Lotion 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain itu, Ini Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Ruam Kulit.

2. Caladine Cream 15 gram

Caladine Cream 15 gram

Rekomendasi obat gatal pada kulit selanjutnya adalah Caladine Cream. Berbeda dengan produk sebelumnya, obat ini mengandung calamine dan champora yang membantu mengatasi gatal akibat gigitan serangga.

Selain itu, terdapat juga zinc oxide sebagai antiseptik dan menthol yang memberikan sensasi dingin pada kulit. Obat gatal kulit ini tak hanya meredakan gatal, tapi juga mampu melembapkan kulit.

Dosis penggunaan:

  • Sesering mungkin sesuai dengan kebutuhan.

Rentang harga: Rp7.000 – Rp8.800 per ube

Dapatkan Caladine Cream 15 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Diprosalic Salep 5 gram

obat gatal Diprosalic Salep 5 gram

Diprosalic Salep adalah obat untuk perawatan penyakit kulit, seperti inflamasi psoriasis dan seborrhoea. Obat ini mengandung 0.05 persen betamethasone dipropionate dan 3 persen salicylic acid.

Dosis penggunaan:

Rentang harga: Rp69.200 – Rp91.700 per tube

Dapatkan Diprosalic Salep 5 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

Ketahui juga beberapa rekomendasi obat lainnya dengan klik artikel ini: Obat dan Salep Gatal yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Dokter

4. Hydrocortisone Cream 1 % 5 gram

Hydrocortisone Cream 1 % 5 gram obat gatal

Hydrocortisone Cream adalah obat adrenokortikal steroid yang memiliki sifat antiinflamasi, anti alergi, dan anti pruritus. Obat gatal kulit ini mampu mengatasi gatal akibat dermatitis, pruritus anogenital, dan neurodermatitis.

Komposisi obatnya terdiri dari 1 persen hydrocortisone acetate. Penggunaan obat harus sesuai dengan petunjuk dokter dan oleskan tipis ke bagian yang mengalami gatal.

Dosis penggunaan:

  • 1-2 kali sehari.

Rentang harga: Rp4.500 – Rp8.900 per tube

Dapatkan Hydrocortisone Cream 1 % 5 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Cetirizine 10 mg 10 Tablet

obat gatal Cetirizine 10 mg 10 Tablet

Cetirizine adalah obat golongan antihistamin yang bekerja dengan menghambat reseptor H1 pada tubuh. Reseptor ini berhubungan langsung dengan peradangan dan alergi.

Obat gatal pada kulit ini  juga mampu mengobati rhinitis tahunan, rhinitis alergi musiman, konjungtivitis, pruritus, dan urtikaria idiopatik kronis. Dosis penggunaan sesuai berdasarkan masalah yang mendasari.

Dosis penggunaan:

  • Anak berusia 2-6 tahun: 2.5 mg, 2 kali sehari. 
  • Anak berusia 6-12 tahun: 5 mg, 2 kali sehari. 
  • Di atas 12 tahun dan orang dewasa: 10 mg, 1 kali sehari. 
  • Insufisiensi ginjal: ½ dosis dari yang tertera.

Rentang harga: Rp3.000 – Rp14.000 per strip

Dapatkan Cetirizine 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Orphen 4 mg 10 Kaplet

Orphen 4 mg 10 Kaplet obat gatal

Rekomendasi obat gatal selanjutnya datang dari merek Orphen. Di dalamnya mengandung Chlorpheniramine maleat yang merupakan antihistamin generasi pertama. 

Kemudian, dalam setiap kaplet obat ini juga mengandung 4 mg Chlorpheniramine maleate. Obat efektif membantu mengatasi gejala alergi, yaitu pilek, bersin-bersin, mata berair, gatal pada mata, hidung, tenggorokan, atau kulit.

Dosis penggunaan:

  • Anak berusia 2-6 tahun: ½ kaplet, 3-4 kali sehari. 
  • Anak berusia 6-12 tahun: ½ kaplet, 3-4 kali sehari.
  • Orang dewasa: 1 kaplet, 3-4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp2.000 – Rp4.000 per strip

Dapatkan Orphen 4 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Herocyn Bedak Kulit 50 g

Herocyn Bedak Kulit 50 g obat gatal

Obat gatal selanjutnya adalah merek Herocyn. Bedak ini berfungsi untuk mengobati gangguan kulit ringan, yaitu biang keringat dan gatal-gatal.

Dosis penggunaan:

  • Sesuai kebutuhan, setelah mandi.

Rentang harga: Rp8.900 – Rp10.400 per botol

Dapatkan Herocyn Bedak Kulit 50 gram di Toko Kesehatan Halodoc.

Berbagai Penyebab Gatal pada Kulit

Kulit akan tampak mengalami ruam dan peningkatan hasrat ingin menggaruk saat mengalami gatal-gatal. Nah, ada beberapa kondisi yang menjadi pemicunya, seperti:

  • Kulit kering. Kondisi ini menyebabkan kulit kehilangan kelembapan alaminya, yang pada gilirannya akan memicu rasa gatal.
  • Gigitan serangga. Serangga melepaskan sejumlah kecil zat kimia ke dalam kulit manusia saat menggigitnya. Zat inilah yang menyebabkan munculnya rasa gatal.
  • Penyakit kulit tertentu. Misalnya, dermatitis atopik, cacar air, eksim dyshidrotic, dan folikulitis yang bisa memicu rasa gatal pada kulit.
  • Reaksi alergi pada kulit. Terpapar alergen (zat pemicu alergi) dapat memicu gatal-gatal pada kulit. Contoh alergen seperti serbuk sari, susu, kacang, hingga zat kimia tertentu. 

Jika kamu lebih memilih menggunakan bahan alami untuk mengatasi rasa gatal, ini rekomendasi bahan yang bisa kamu coba: 9 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit

Kamu juga bisa tanyakan pada dokter kulit di Halodoc untuk mengetahui pengobatan yang tepat. Klik gambar berikut untuk konsultasi dengan biaya yang lebih hemat menggunakan kode kupon.✔️

chat dokter kulit halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What’s Causing Your Itchy Skin (pruritis)? (with Pictures).
WebMD. Diakses pada 2023. Your Skin, Pruritus, and Itching.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. 10 REASONS YOUR SKIN ITCHES UNCONTROLLABLY AND HOW TO GET RELIEF.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan