Disebut Jintan Hitam, Ini 9 Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 September 2023

“Habbatussauda mengandung mineral penting yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan tubuh. Manfaatnya mulai dari menurunkan gejala asma hingga mencegah infertilitas pria.”

Disebut Jintan Hitam, Ini 9 Manfaat Habbatussauda bagi KesehatanDisebut Jintan Hitam, Ini 9 Manfaat Habbatussauda bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Nigella sativa adalah tanaman yang tumbuh pada kawasan Asia Barat, Timur Tengah, Eropa Selatan, dan Afrika Utara. Tumbuhan semak ini memiliki buah dengan bentuk seperti biji hitam kecil yang bernama habbatussauda.

Di Indonesia, habbatussauda populer dengan nama jintan hitam. Masyarakat mengolah tanaman ini untuk mendapatkan ekstrak minyak yang dipakai dalam pengobatan tradisional. Jika mengoleskannya bisa memberikan manfaat bagi kulit dan rambut. Faktanya, manfaat tanaman herbal ini tentu lebih dari itu.

Kandungan Nutrisi dalam Habbatussauda

Kandungan nutrisi habbatussauda

Habbatussauda termasuk ke dalam jenis tanaman herbal yang populer sebagai obat herbal sejak dahulu. Khasiatnya berasal dari kandungan berikut:

  • Kalori.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Kalsium.
  • Zat besi.
  • Seng.
  • Tembaga.
  • Tiamin.
  • Niasin.
  • Fosfor.
  • Asam folat.

Selain itu, jintan hitam juga mengandung senyawa aktif utama, yaitu thymoquinone. Zat tersebut berperan sebagai antioksidan, antiinflamasi, dan sifat terapeutik. Fungsinya untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.

Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi tanaman jintan hitam menawarkan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Beberapa termasuk:

1. Membantu menurunkan gejala asma

Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan saluran pernapasan. Kondisi ini memicu penyempitan otot pada area tersebut sehingga mengakibatkan pengidapnya kesulitan bernapas.

Gejala tersebut bisa kamu atasi dengan menggunakan minyak jintan hitam. Nutrisi pada tanaman ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot saluran pernapasan. Dengan begitu, gejala asma bisa membaik.

2. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi menjadi pemicu penyakit kronis, salah satunya diabetes. Jika tidak terkendali, penyakit ini dapat memicu komplikasi, seperti penyakit ginjal, gangguan mata, hingga stroke.

Selain menggunakan pengobatan utama, kamu bisa mengonsumsi suplemen dengan bahan dasar jintan hitam untuk mengontrol kadar gula darah. Namun, pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter sebelum memakainya, ya.

Selain menggunakan habbatussauda, kamu juga bisa menurunkan gula darah dengan konsumsi daun kelor. Ketahui alasannya dengan klik artikel berikut → Alasan Daun Kelor Mampu Menurunkan Gula Darah.

3. Habbatussauda untuk mengatasi peradangan tubuh

Faktanya, sifat antiinflamasi pada jintan hitam efektif membantu mengatasi peradangan yang ada dalam tubuh. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan baik, masalah ini berpotensi memicu sakit kronis, seperti penyakit kencing manis, penyakit jantung, hingga kanker yang membahayakan nyawa.

4. Menjaga kesehatan rambut

Selain itu, kandungan antioksidan dalam habbatussauda mampu menjaga kesehatan rambut lebih optimal. Tanaman herbal ini juga membantu membuat rambut lebih kuat, bersinar, dan lebih lebat. 

Guna mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa menggunakan minyak habbatussauda sebagai masker rambut alami. Kamu juga bisa menambahkan minyak kelapa agar kesehatan rambut semakin optimal.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Kemudian, minyak habbatussauda memiliki kandungan senyawa thymoquinone. Senyawa ini mampu merangsang pertumbuhan jaringan dan mempercepat proses penyembuhan luka. Khasiatnya berasal dari sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan dalam tanaman. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatasi luka bakar, eksisi, hingga luka akibat penyakit kencing gula.

6. Habbatussauda mendukung kesehatan kulit

Selain penggunaan medis, minyak jintan hitam juga bisa kamu gunakan secara topikal untuk membantu mendukung kesehatan kulit. Sifat antimikroba dan antiinflamasinya dapat membantu mengatasi beberapa keluhan, seperti:

  • Jerawat. 
  • Eksim. 
  • Kulit kering. 
  • Psoriasis.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Neuroinflammation merupakan peradangan jaringan pada otak. Kondisi ini memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit pada masa depan, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Faktanya, senyawa thymoquinone dalam minyak jintan dapat mengurangi peradangan saraf. Hal ini berdampak pada penurunan risiko penyakit Alzheimer atau Parkinson. Meski bermanfaat, tetap perlu ada penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat ini.

8. Minyak habbatussauda bersifat antijamur

Selain itu, minyak habbatussauda terbukti memiliki aktivitas antijamur. Mengonsumsinya dapat membantu melindungi dari Candida albicans yang merupakan ragi pemicu kandidiasis. Jenis jamur ini menginfeksi mulut dan organ intim.

9. Mencegah infertilitas pria

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa minyak jintan hitam dapat meningkatkan kualitas air mani pada pria dengan kondisi infertilitas. Gangguan ini memicu masalah fungsi seksual, seperti kesulitan ejakulasi, penurunan hasrat seksual, atau sulit ereksi.

Itulah berbagai manfaat habbatussauda yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan. Selain habbatussauda, ketahui pula khasiat daun salam dengan klik artikel → Ketahui Berbagai Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Sudah pasti, masih perlu studi ilmiah lebih lanjut untuk membuktikan berbagai khasiat dari tanaman ini untuk mengatasi masalah kesehatan. Jika kamu atau anggota keluargamu mengalami gejala yang tidak biasa setelah mengonsumsi jintan hitam, jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Black Seed Oil: Health and Beauty Benefits.
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Black Seed Oil? All You Need to Know.
Web MD. Diakses pada 2023. Black Seed: Are There Health Benefits?
Complementary Therapies in Medicine. Diakses pada 2023. Effects of Black Seed (Nigella sativa) on Metabolic Parameters in Diabetes Mellitus: a Systematic Review.
Phytotherapy Research. Diakses pada 2023. Nigella sativa Supplementation Improves Asthma Control and Biomarkers: A Randomized, Double-Blind, Placebo-Controlled Trial.
Journal of Integrative Medicine. Diakses pada 2023. A case study report of acute renal failure associated with Nigella sativa in a diabetic patient.
Yusra Al Dhaheri a, Adil Farooq Wali b *, Imra Akbar c, Saiema Rasool d, Maryam Razmpoor b, Salma Jabnoun b, Summya Rashid e. Diakses pada 2023. Black Seeds (Nigella Sativa).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan