• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kunyit Bisa Obati Sakit Gigi, Benarkah?

Kunyit Bisa Obati Sakit Gigi, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Bagi kamu yang sudah pernah mengalaminya, pasti tahu betapa menyiksanya sakit gigi. Kondisi kesehatan tersebut biasanya disebabkan oleh karies gigi, penyakit gusi, atau gigi sensitif. 

Meskipun kamu dianjurkan untuk menemui dokter gigi untuk mengatasi sakit gigi, tetapi ada beberapa bahan alami yang bisa membantu meredakan sakit gigi yang mengganggu. Salah satunya adalah kunyit. Benarkah kunyit bisa mengobati sakit gigi? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Selain Berlubang, Ini Penyebab Sakit Gigi dan Cara Mengatasinya

Mengenal Kunyit

Kunyit atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Curcuma Domestica adalah tanaman rempah yang sering digunakan, terutama dalam masakan India dan Asia. Selain sebagai bumbu pelezat makanan, kunyit juga sudah dikenal sebagai tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi, antikanker, dan antioksidan.

Kunyit mengandung curcumin, yaitu nutrisi yang bersifat anti-inflamasi. Berkat kandungan curcumin yang terdapat di dalamnya, kunyit bermanfaat untuk membantu melawan berbagai penyakit kronis. Manfaat kunyit, antara lain menghambat pertumbuhan tumor, mencegah radang usus besar, mengobati sakit perut, dan menurunkan kolesterol tinggi. Nutrisi anti-inflamasi dari kunyit juga dapat menjaga kesehatan serta membantu mengobati masalah, baik dalam saluran pencernaan, sendi, maupun mulut dan gigi kamu.

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Mulut dan Gigi

Benar bahwa kunyit dapat membantu mengobati sakit gigi. Berikut ini manfaat kunyit sebagai obat sakit gigi alami:

  • Meredakan Rasa Nyeri

Selain bersifat anti-inflamasi, kandungan curcumin dalam kunyit juga bersifat analgesik (penghilang rasa sakit) yang dapat membantu meredakan rasa sakit akibat sakit gigi, gigi berlubang, dan infeksi mulut untuk sementara waktu. Studi juga telah menemukan bahwa kandungan curcumin dalam kunyit mungkin sama efektifnya dengan obat antiinflamasi steroid. 

  • Melawan Infeksi

Kunyit juga sangat baik untuk ditambahkan ke dalam rutinitas menjaga kebersihan mulut kamu sehari-hari. Hal ini karena kunyit dapat mencegah dan melawan infeksi. Kunyit memiliki sifat antimikroba, antiseptik, astringen, dan antioksidan yang dapat mengusir bakteri berbahaya penyebab infeksi dan pembusukan gigi kamu. Dengan begitu, sakit gigi yang kamu alami pun bisa berkurang.

  • Mencegah Gingivitis

Bila kamu mengalami gusi bengkak, coba oleskan pasta kunyit dengan tambahan garam dan minyak maustard pada gigi yang terkena. Pasta kunyit dapat menyembuhkan dan memperbaiki jaringan gigi yang rusak. Sifat antibakteri dalam kunyit juga sangat baik dalam mencegah perkembangan plak dan menghilangkan gingivitis.

Baca juga: Ini Penyebab Gingivitis yang Kerap Diabaikan

Selain mengobati sakit gigi, kunyit juga dapat mencegah kanker mulut. Curcumin dalam kunyit juga bersifat antikanker yang dapat mencegah pembentukan tumor, bahkan kanker. Mengonsumsi kunyit secara rutin dapat membantu keseluruhan tubuhmu, termasuk mulut agar terhindar dari kanker.

Cara Menggunakan Kunyit untuk Obat Sakit Gigi

Berikut ini beberapa cara menggunakan kunyit untuk mengobati sakit gigi:

  • Minum Suplemen Kunyit

Cara praktis untuk mendapatkan manfaat kunyit adalah dengan meminum suplemen kunyit. Suplemen ini bisa kamu dapatkan di toko-toko obat atau dengan membelinya lewat fitur Buy Medicines di aplikasi Halodoc. Namun, ingat untuk mengonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan yang tertera pada kemasan.

  • Oleskan Pasta Kunyit ke Daerah Gigi yang Sakit

Cara membuat pasta kunyit juga cukup mudah, yaitu tambahkan satu sendok teh bubuk kunyit, setengah sendok teh garam, dan setengah sendok teh minyak mustard ke piring kecil, lalu tambahkan air secukupnya dan aduk sampai mengental. Kemudian, oleskan pasta kunyit tersebut ke gigi yang sakit dan biarkan menempel pada gigi kamu selama 5–10 menit, lalu bilas. 

  • Berkumur dengan Air Kunyit

Cara lain menggunakan kunyit untuk mengobati sakit gigi adalah berkumur dengan campuran air dan kunyit yang sudah diaduk menjadi satu.

  • Minum Teh Kunyit

Meminum teh yang sudah ditambahkan bubuk kunyit juga merupakan cara yang praktis untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk obati sakit gigi.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Ampuh dari Bahan Alami

Nah, itulah penjelasan mengenai kunyit yang bisa menjadi obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Jadi, bila kamu butuh obat atau suplemen kesehatan apapun, tinggal pesan saja lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

 

Referensi:
Cirocco Dental Center. Diakses pada 2020. Turmeric For Your Teeth.
Millenium Dental. Diakses pada 2020. Ten Home Remedies for Toothache.
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies for Sensitive Teeth.