Wajib Dipakai, 5 Manfaat Sunscreen bagi Kesehatan Kulit

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Maret 2024

“Jangan sepelekan manfaat sunscreen untuk kulit. Pasalnya ia bisa memberikan perlindungan terhadap risiko kanker, mencegah penuaan dini, dan mengurangi peradangan.”

Wajib Dipakai, 5 Manfaat Sunscreen bagi Kesehatan KulitWajib Dipakai, 5 Manfaat Sunscreen bagi Kesehatan Kulit

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa sunscreen hanya memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Makanya, kamu menggunakan sunscreen setiap hari, baik sedang bepergian atau tidak. 

Padahal, sunscreen tidak hanya memberikan perlindungan akan terik matahari. Ada banyak manfaat mengoleskan sunscreen bagi kesehatan kulit. Simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Sunscreen untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Mengenakan sunscreen dapat memberikan perlindungan terhadap risiko kanker kulit. Kanker kulit adalah jenis kanker yang paling berbahaya dan kerap menjadi risiko seiring dengan pertambahan usia.

Lantas, apa lagi manfaat sunscreen bagi kesehatan kulit lainnya?

1. Mencegah Penuaan Dini

Semua orang pasti berharap memiliki kulit yang sehat, kenyal, dan senantiasa muda. Nah, manfaat ini bisa kamu dapatkan jika rajin menggunakan sunscreen.

Penggunaan sunscreen akan memberikan perlindungan dan mencegah penuaan dini. Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit cepat berkerut dan mengalami garis-garis halus.

Jika kamu ingin mencari tahu cara mencegah penuaan dini, sebaiknya baca artikel dalam berikut ini “3 Penyebab Penuaan Dini dan Cara Mencegahnya“.

2. Mengurangi Risiko Munculnya Noda Hitam pada Wajah

Mengoleskan sunscreen ke wajah dapat mencegah timbulnya noda hitam pada wajah yang biasanya muncul karena paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen juga membantu mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan skin barrier akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Mau tahu cara yang tepat untuk melakukan reapply sunscreen? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Cara yang Tepat Melakukan Reapply Sunscreen“.

3. Pelindung Kulit saat Berjemur

Berjemur di bawah sinar matahari buat sebagian orang adalah menyenangkan, karena bisa bermanfaat sebagai tanning. Kulit nantinya akan jadi lebih cokelat dan terlihat seksi. 

Namun, jangan hanya asal seksi saja, kamu tetap perlu memberi perhatian dari sisi kesehatan. Tanning yang sehat adalah tanning yang tidak berisiko terkena sinar UVB. Dan untuk memberikan perlindungan demikian, maka kamu wajib menggunakan sunscreen.

4. Mempertahankan Warna Kulit Tetap Rata

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit belang-belang. Nah, penggunaan sunscreen dapat membantu mempertahankan warna kulit tetap rata. Sunscreen membantu mencegah perubahan warna dan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. 

5. Mengurangi Peradangan

Paparan sinar matahari dan sinar UV dapat menyebabkan kemerahan parah pada kulit dan peradangan. Mengenakan sunscreen dapat mengurangi kemungkinan peradangan dan kemerahan pada kulit. Tapi, jangan lupa untuk memilih jenis sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulitmu, ya. 

Rekomendasi Dokter Kulit di Halodoc yang Bisa Bantu Kamu Pilih Sunscreen

Apabila kamu butuh bantuan untuk menemukan sunscreen yang cocok dengan jenis kulitmu, jangan ragu untuk menghubungi dokter kulit terpercaya di Halodoc.

Berikut adalah daftar dokter kulit di Halodoc yang berpengalaman dan telah memiliki ulasan baik dari pasien sebelumnya:

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E 

Dokter kulit pertama adalah dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia meraih gelarnya dari Universitas Yarsi Jakarta pada tahun 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada tahun 2023. 

Dokter Febriani adalah anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dan saat ini praktik di Pekanbaru, Riau. 

Dengan pengalaman 14 tahunnya, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. dapat memberikan konsultasi mengenai berbagai masalah kulit, termasuk memberi saran produk yang cocok untuk kulit, melalui layanan Halodoc.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Kamu dapat menghubungi dr. Frieda Sp.D.V.E sebagai rekomendasi dokter spesialis kulit berikutnya. Dokter Frieda lulus dari Universitas Atma Jaya pada tahun 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada tahun 2022. 

Saat ini, dr. Frieda Sp.D.V.E berpraktik di Bogor, Jawa Barat, dan merupakan anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman praktik selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E siap memberikan konsultasi melalui layanan Halodoc terkait masalah kulit. 

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Selanjutnya kamu bisa menghubungi dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E sebagai rekomendasi dokter spesialis kulit di Halodoc. Beliau merupakan alumnus Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 2010 dan Universitas Airlangga pada tahun 2016. 

Saat ini, dokter Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E praktik di Gresik, Jawa Timut, dan menjadi anggota dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI). 

Dengan pengalaman praktik selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E siap memberikan konsultasi melalui layanan Halodoc terkait masalah kulit. 

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah informasi mengapa sunscreen wajib kamu gunakan setiap hari karena memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Kamu juga bisa mendapatkan produk rekomendasi tabir surya di artikel ini: Rekomendasi Sunscreen Terbaik yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit.

Kalau kamu butuh informasi mengenai kesehatan kulit lainnya, tanyakan saja langsung ke dokter lewat aplikasi Halodoc ya!

Referensi:
Stylecraze. Diakses pada 2023. 11 Reasons Sunscreen Is Important For The Skin & How To Use It.
Ehe Health. Diakses pada 2023. Top 5 Important Reasons You Should Always Wear Sunscreen.
On My Health. Diakses pada 2023.  5 Reasons To Use A Sunscreen In Summers.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan