Baekhyun EXO Jarang Minum Air Sebelum Konser, Ini Dampaknya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Baekhyun EXO Jarang Minum Air Sebelum Konser, Ini Dampaknya

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan boyband EXO asal Korea Selatan? Salah satu personil grup EXO, Baekhyun memiliki kebiasaan yang terbilang unik ketika akan melakukan konser bersama grup EXO. Demi menjaga penampilan, Baekhyun EXO pernah tidak mengonsumsi air selama beberapa hari sebelum konser.

Baca juga: Ikuti 8 Tips Ini Supaya Rajin Minum Air Putih

Menurutnya, ia tidak merasakan kesulitan yang berarti ketika harus menahan haus selama beberapa hari demi memberikan penampilan yang terbaik untuk para penggemarnya. Padahal, menahan haus atau tidak mengonsumsi air selama beberapa hari dapat berdampak buruk pada kesehatan. 

 

Ini yang Terjadi Ketika Tubuh Kekurangan Cairan

 

Air memiliki peran yang besar untuk menjaga kesehatan. Terpenuhinya kebutuhan air dalam tubuh dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat, membuang sisa racun, dan menjaga kesehatan kulit. Kekurangan cairan menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi yang dapat memengaruhi fungsi kerja organ tubuh. Jika sudah begitu, maka tubuh rentan alami gangguan kesehatan.

Kekurangan cairan dalam jangka waktu yang cukup panjang dapat menyebabkan seseorang mengalami kerusakan organ ginjal. Dehidrasi yang terjadi berulang juga mengakibatkan gagal ginjal dan infeksi saluran kemih.

Ketika kadar elektrolit dalam tubuh tidak seimbang, seseorang dapat mengalami gangguan kontraksi otot atau mengalami kejang-kejang. Terkadang seseorang yang mengalami dehidrasi cukup berat rentan kehilangan kesadaran. Hal ini disebabkan seseorang yang mengalami dehidrasi berat membutuhkan cadangan energi yang cukup untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang terbilang ringan.

Dehidrasi juga membuat seseorang menjadi pelupa, mudah bingung, atau mengalami perubahan suasana hati yang tidak menentu. Sehingga tidak ada salahnya untuk selalu penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai manfaat air bagi kesehatan. Caranya mudah, tinggal download di smartphone kamu saja, ya!

Baca juga: Kurang Minum, Kenali 5 Tanda Dehidrasi pada Kulit

 

Benarkah Mengurangi Konsumsi Air dapat Menjaga Bentuk Tubuh?

 

Nyatanya, bukan mengurangi jumlah cairan yang dikonsumsi untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai dengan keinginan. Mengonsumsi air putih secara rutin menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan asal dilakukan dengan tepat dan benar. Untuk menurunkan berat badan dengan rutin mengonsumsi air putih, ketahui beberapa cara di bawah ini:

 

1. Minum Dua Gelas Air Putih 30 Menit Sebelum Makan

 

Konsumsi air putih sebanyak 500 ml atau setara dengan 2 gelas sebelum makan dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Dalam 12 minggu, kamu bisa mengurangi 2-4 kilogram berat badan jika kamu rutin melakukan kebiasaan ini. Mengonsumsi air putih beberapa menit sebelum makan membuat perut kamu terisi terlebih dahulu sehingga dapat mencegah kamu untuk makan berlebih.

 

2. Minum Air Putih dan Perbanyak Sayur serta Buah

 

Banyak mengonsumsi air putih dapat menekan keinginan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung gula tinggi. Tidak hanya itu, kamu bisa dapatkan asupan air pada sayuran atau buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, seperti semangka atau tomat. Selain memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, mengonsumsi sayur dan buah secara rutin dapat membantu untuk melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan sehingga berat badan kamu akan stabil.

Baca juga: 5 Buah yang Ampuh Cegah Dehidrasi

 

3. Minum Air Putih Ketika Lapar

 

Terkadang, seseorang sulit membedakan rasa haus dan lapar. Jika kamu merasa lapar di luar jam makan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi beberapa gelas air. Jika kamu haus, maka rasa lapar yang kamu rasakan akan hilang. Jika rasa lapar tidak menghilang, pilih makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh

Yuk, mulai sekarang jangan lupa untuk rutin konsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan karena dehidrasi.

 

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. How Drinking More Water Can Help You Lose Weight.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Dehydration