12 October 2018

Benarkah Saat Berolahraga Pria Membakar Lebih Banyak Kalori Ketimbang Wanita?

benarkah saat berolahraga pria membakar lebih banyak kalori ketimbang wanita?

Halodoc, Jakarta – Berolahraga adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat massa otot. Tidak hanya itu, dengan rutin melakukan olahraga nyatanya bisa membakar kalori dalam tubuh kamu. Namun, benarkah saat berolahraga pria membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita?

Kalori adalah satuan pengukuran untuk menyatakan jumlah energi dalam makanan atau minuman yang kamu konsumsi perhari. Jika kalori yang masuk dalam tubuh kamu tercukupi dengan baik maka kesehatan akan baik. Namun, jika kalori berlebihan atau bahkan kurang maka bisa saja kamu berisiko untuk terkena penyakit.

Pembakaran Kalori Pria dan Wanita disesuaikan dengan Aktivitas

Nyatanya, jumlah kalori yang terbakar pada pria dan wanita berdasarkan aktivitas yang dilakukan olehnya. Jika seorang pria melakukan aktivitas lebih banyak dibandingkan wanita, maka kalori yang terbakar akan lebih banyak. Begitu juga sebaliknya, jika seorang wanita melakukan aktivitas lebih banyak dari seorang pria, maka pembakaran kalori akan lebih banyak dilakukan olehnya.

Tidak hanya pembakaran kalori yang berbeda, kebutuhan kalori oleh pria atau wanita juga berbeda. Kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh pria umumnya lebih banyak meskipun memiliki ukuran berat badan yang sama dengan wanita. Hal ini disebabkan massa otot pria lebih besar dibandingkan wanita. Dengan massa otot yang lebih besar, tentu energi dan kalori yang dibutuhkan juga akan lebih besar.

Cara Alami Membakar Kalori dalam Tubuh

Salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan dengan membakar kalori dalam tubuh adalah penurunan berat badan. Selain itu, ada hal lain yang harus kamu perhatikan untuk menurunkan kadar kalori, salah satunya dengan memerhatikan asupan nutrisi dan gizi yang masuk dalam tubuh kamu. Dengan mengonsumsi protein, kamu bisa mengurangi kalori dalam tubuh kamu. Hal ini dikarenakan protein membutuhkan energi untuk proses metabolisme tubuh kamu. Selain itu, kamu bisa lakukan beberapa cara alami ini untuk membakar kalori:

1. Mengonsumsi Air Putih Lebih Banyak

Dengan mencukupi asupan air putih dalam tubuh sebanyak dua liter perhari, kamu bisa membakar kalori sebanyak 96 kalori per hari. Mengonsumsi air yang cukup nyatanya dapat meningkatkan metabolisme tubuh kamu dan mengurangi rasa lapar. Tidak ada salahnya mengonsumsi air putih sebelum makan untuk mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Namun ingat, kamu tetap perlu memerhatikan asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, ya.

2. Kurangi Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat yang kamu konsumsi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah kalori dalam tubuh. Penelitian menunjukan mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat akan mampu membakar kalori dalam tubuh dua kali lebih banyak dibandingkan makanan yang rendah lemak.

3. Hindari Minuman yang Mengandung Gula Tinggi

Efek mengonsumsi gula berlebihan bukan hanya obesitas, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh. Sebaiknya, hindari makanan yang mengandung gula berlebih agar kesehatan tetap terjaga.

Tidak ada salahnya untuk bertanya kepada dokter ahli mengenai kebutuhan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mengetahui jumlah kalori dalam tubuh dan kondisi kesehatan kamu. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: