• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Idap Molluscum Contagiosum, Waspadai Komplikasinya

Idap Molluscum Contagiosum, Waspadai Komplikasinya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu sedang mengalami lesi pada kulit dan bersamaan dengan tersebut terasa gatal dan nyeri mungkin hingga membengkak? Bukan tidak mungkin kamu mengidap molluscum contagiosum. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi dari virus yang dapat menyebabkan kelainan kronis.

Hal ini dapat terjadi disebabkan kontak dengan seseorang yang mengalami gangguan pada kulit tersebut. Maka dari itu, selalu menjaga kebersihan tubuh dengan cara mencuci tangan harus terus dibiasakan agar tidak terkena komplikasinya. Berikut beberapa komplikasi yang dapat terjadi!

Baca juga: Ketahui Penularan Molluscum Contagiosum yang Wajib Diwaspadai

Komplikasi yang Disebabkan Molluscum Contagiosum

Molluscum contagiosum adalah infeksi yang terjadi pada kulit disebabkan oleh virus Pox. Gejala yang paling umum ketika seseorang mengidap gangguan tersebut adalah bintik-bintik kecil, bentol yang timbul di kulit, serta terjadinya dengan berkelompok kecil.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, walaupun beberapa orang merasakan gatal yang ringan hingga tahap sedang. Kondisi ini tidak menyebabkan ancaman yang berbahaya bagi kesehatan seseorang, tapi dapat memperburuk tampilan kulit.

Kondisi ini terbilang sangat menular, maka dari itu perlu rajin menjaga kebersihan. Selain itu, seseorang yang terbilang kebal terhadap virus dari penyakit ini tetap dapat mengidapnya jika tersentuh oleh pengidap molluscum contagiosum secara langsung, sehingga virus tersebut mudah untuk menyerang.

Seseorang yang mempunyai sistem kekebalan yang lemah terbilang mudah untuk terserang penyakit ini. Beberapa orang yang memiliki sistem imun yang lemah adalah pengidap HIV, menerima kemoterapi untuk kanker, mengonsumsi obat penekan sistem kekebalan tubuh, dan yang melakukan transplantasi organ.

Kamu juga dapat bertanya tentang gangguan molluscum contagiosum pada dokter dari Halodoc. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc ke smartphone yang kamu gunakan! Selain itu, kamu juga dapat membeli obat tanpa perlu ke luar rumah dengan aplikasi tersebut.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 3 Penyebab Molluscum Contagiosum yang Menyerang Organ Intim

Apa saja komplikasi dari molluscum contagiosum yang dapat terjadi? Berikut beberapa komplikasi yang mungkin saja berbahaya ketika menyerang:

  1. Infeksi

Salah satu komplikasi yang dapat terjadi disebabkan oleh virus Pox adalah infeksi. Lesi yang terbentuk pada kulit mungkin saja terserang bakteri sehingga menyebabkan eksim atopik. Jika hal ini terjadi, maka kamu perlu mengonsumsi antibiotik untuk mengatasi infeksi yang terjadi.

  1. Jaringan Parut

Komplikasi lainnya yang dapat terjadi adalah terbentuknya jaringan parut. Setelah gangguan tersebut sembuh dan telah dibersihkan, bercak kulit yang terbentuk mungkin terdapat bekas luka kecil yang tertinggal. Bekas luka tersebut akan berkembang dapat membentuk jaringan parut setelah mengalami infeksi.

  1. Masalah pada Mata

Pada kasus yang jarang terjadi, molluscum contagiosum yang terjadi mungkin saja menyebabkan masalah pada mata. Hal tersebut disebabkan virus tersebut terjadi di sekitar mata dan menyebabkan infeksi yang berakhir pada konjungtivitis. Gangguan itu menyebabkan mata menjadi merah, bengkak, dan berair. Jika hal tersebut terjadi di dekat mata kamu, segeralah untuk berobat.

Baca juga: Anak-Anak Lebih Rentan Terkena Molluscum Contagiosum Dibanding Orang Dewasa?

Cara Mencegah Terjadinya Molluscum Contagiosum

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah gangguan pada kulit disebabkan oleh virus ini adalah dengan menghindari kontak fisik dengan pengidap penyakit ini. Selain itu, kamu harus selalu disiplin untuk menjaga kebersihan, seperti selalu mencuci tangan setiap berkegiatan.

Kamu juga harus terus berhati-hati dalam menggunakan barang yang ditujukan untuk umum. Biasanya, alat olahraga yang digunakan orang banyak dapat menyebabkan virus tersebut menjangkiti orang lain. Kamu harus menghindari berbagi barang pribadi, seperti handuk, pakaian, hingga kasur.

Referensi:
Health Service Executive. Diakses pada 2019. Molluscum contagiosum
NHS.uk. Diakses pada 2019. Molluscum contagiosum