Ini Bahaya Puasa Tanpa Sahur yang Wajib Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
bahaya puasa tanpa sahur

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menganggap jika mereka mampu menjalani ibadah puasa tanpa makan sahur. Namun, tahukah kamu jika kebiasaan ini bisa berisiko berbagai gangguan kesehatan. Dengan makan sahur, akan melancarkan kegiatan ibadah kamu dari awal hingga berbuka nanti. Selain itu, makan sahur akan membuat tubuh tetap semangat kerja karena tubuh masih memiliki fokus yang tinggi. Nah, ketahui ini bahaya menjalani puasa tanpa sahur.

Baca juga: Alasan Makan Sahur Tak Boleh Ditinggalkan

  • Dehidrasi

Dengan makan sahur, kebutuhan air dalam tubuh akan lebih mudah terpenuhi. Apalagi jika kamu rutin menerapkan pola 8 gelas per hari, dan mengonsumsinya gelas saat sahur. Selain dari air, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan kandungan air. Dengan begitu, puasa kamu akan lancar dan terhindar dari dehidrasi.

  • Menurunnya Keseimbangan Tubuh

Tidak makan sahur otomatis akan membuat keseimbangan tubuh kamu menurun. Nah, keseimbangan yang menurun ini biasanya disebabkan oleh munculnya vertigo akibat sakit kepala yang amat parah. Jika keseimbangan tubuh menurun secara perlahan, kamu otomatis jadi susah untuk melakukan aktivitas kamu.

Baca juga: Sahur Tanpa Makan, Apa Bahayanya?

  • Pusing

Saat tubuh mengalami lapar, kerja organ akan menurun. Selain itu, tubuh juga berusaha untuk mencukupi kebutuhan energi dengan membakar lemak secara perlahan-lahan. Nah, kondisi ini akan menyebabkan rasa pusing dan pastinya mengganggu harimu. Dengan begitu, konsentrasi kamu akan menurun dan produktivitas kamu saat puasa akan menurun.

  • Sakit Perut

Saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan dari makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam setiap harinya. Nah, otomatis saat siang hari tubuh akan terasa lapar dan perih, karena produksi asam lambung yang tinggi. Jika kamu menjalani puasa tanpa makan sahur, otomatis akan membuat produksi akan lambung kamu berlebihan.

Kondisi ini yang dinamakan maag, bahkan parahnya kamu bisa saja mengalami penyakit GERD. Penyakit GERD sendiri merupakan asam lambung yang naik sampai ke kerongkongan. Kondisi ini disebabkan oleh otot di tenggorokan yang tidak berfungsi dengan baik, sehingga melukai kerongkongan.

Jika tidak makan sahur otomatis kamu akan susah berkonsentrasi. Hal ini tentu membuat pekerjaan kamu jadi terhambat. Nah, agar kamu mudah bangun saat sahur dan aktivitas harian kamu berjalan dengan lancar, ada baiknya lakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Jangan mengonsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur. Karena kandungan dalam kafein akan membuat tubuh kamu jadi terjaga dan susah bangun untuk sahur.
  • Usahakan untuk tidur lebih cepat.
  • Biasakan bangun pagi, karena tubuh akan secara otomatis membiasakan siklus tidur yang baru, sehingga kamu mudah untuk bangun sahur.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur agar kamu mudah tidur. Jika kamu mengonsumsi makanan yang berlemak, tubuh akan susah mencerna makanan, akhirnya waktu tidur terganggu.

Baca juga: 5 Tips Sahur Bagi Pengidap Mag

Jika kamu mengalami masalah kesehatan dalam menjalani ibadah puasa, Halodoc bisa jadi solusinya! Dengan aplikasi ini, kamu bisa ngobrol, bahkan tatap muka dengan dokter pilihan kamu melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!